ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP KONDISI FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Taufik Hidayat Universitas Pelita Bangsa
  • Maulina Diyah Permatasari Universitas Pelita Bangsa
  • Tatang Suhamdeni Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Financial Distress, Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Leverage, dan Arus Kas Operasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh rasio likuiditas terhadap kondisi financial distress perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI; (2) untuk menganalisis pengaruh rasio profitabilitas terhadap kondisi financial distress perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI; (3) untuk menganalisis pengaruh rasio leverage terhadap kondisi financial distress perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI; (4) untuk menganalisis pengaruh arus kas operasi terhadap kondisi financial distress perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Populasi yang digunakan di dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel dalam penelitian. Populasi penelitian sebanyak 26 perusahaan dengan jumlah sampel sebanyak 9 perusahaan dengan jumlah observasi data sebanyak 45 data. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa Rasio Likuiditas  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kondisi financial distress, sedangkan untuk Rasio Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kondisi financial distress, dan rasio leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap kondisi financial distress, sedangkan arus kas operasi tidak berpengaruh terhadap kondisi financial distress.

 

Kata Kunci: Financial Distress, Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Leverage, dan Arus Kas Operasi

References

Amir Saleh & Bambang Sudiyatno (2013). Pengaruh Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Probabilitas Kebangkrutan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi, Keuangan, dan Perbankan, Vol. 2, No. 1.
Chalendra Prasetya Agusti (2013). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemungkinan Terjadinya Financial Distress. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Daftar Perusahaan Delisting. (https://www.belajarcuan.com/2019/01/daftar-saham-delisting-tahun-2018.html, diakses 01 Agustus 2020).
Deny Liana (2014). Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Manufaktur. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, Vol. 1, No. 2.
Emrinaldi Nur DP (2007). Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan (corporate governance) Terhadap Kesulitan Keuangan Perusahaan (financial distress): Suatu Kajian Empiris. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 9, No. 1, Hal: 99 – 108.
Evanny Indri Hapsari (2012). Kekuatan Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Manufaktur Di BEI. Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 3, No. 2, Hal: 101 - 109.
Fahmi Irham (2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Gamayuni Rindu Rika (2006). Rasio Keuangan Sebagai Prediktor Kegagalan Perusahaan di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 3, No. 1.
Imam Mas’ud & Reva Maymi Srengga (2012). Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2010. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, Vol. 10, No. 2.
Imam Ghozali (2009). Teori Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Universitas Diponegoro.
Juyneo Pratama (2016). Prediksi Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Kapitalisasi Pasar. (https://www.sahamok.com/emiten/kapitalisasi -pasar/, diakses 05 Mei 2020).
Ketut Sudharma Nurcahyono (2014). Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress. Jurnal Analisis Manajemen, Vol. 3, No. 1.
Laporan Keuangan dan Tahunan. (https://www.idx.co.id/perusahaantercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan/, diakses 05 Mei 2020).
Luciana Spica Almilia (2003). Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, Vol. 7, No. 2.
Mayang Murni (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2014. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol. 4, No. 1, Hal: 73 - 83.
Ni Luh Made Ayu Widhiari (2015). Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Operating Capacity, Dan Sales Growth Terhadap Financial Distress.Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 11, No. 2, Hal: 456 - 469.
Orina Andre & Salma Taqwa (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Dalam Memprediksi Financial Distress. Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang, Vol. 2, No. 1.
Riza Milatul Khoiriyah (2018). Analisis Variabel Penjelas Terhadap Kondisi Financial Distress Pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Yogyakarta.
Rudianto (2013). Akuntansi Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Rr Iramani (2007). Analisis Struktur Kepemilikan dan Rasio Relatif Industri Sebagai Prediktor dalam Model Kesulitan Keuangan. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 1, No. 1.
Sejarah dan Profil Singkat Perusahaan Makanan dan Minuman. (https://www.britama.com/, diakses 02 Juni 2020).
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Eidos.
Syafrida Hani (2015). Engineering Analysis Of The Financial Distress Statements. Terrain: UMSU PRESS.
Wardhani, R. (2006). Mekanisme corporate governance dalam perusahaan yang mengalami permasalahan keuangan (financially distressed firms). Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang, 1-26.
Published
2021-01-29
How to Cite
Hidayat, T., Permatasari, M., & Suhamdeni , T. (2021). ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP KONDISI FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, 5(02), 93 - 108. https://doi.org/10.37366/akubis.v5i02.156
Abstract viewed = 1883 times
PDF Indonesia downloaded = 1263 times

Most read articles by the same author(s)