Strategi Keluarga dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila untuk Membentuk Kepribadian Anak Melalui Keteladanan

Family Strategy in Applying Pancasila Values to Shape Children's Personality through Example

  • Erlin Fanggidae Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Faisal Haris Pratama Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Raden Roro Wulan Ayu Wardhani Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Taufiq Rachman Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Strategi keluarga, Nilai-Nilai Pancasila, Kepribadian anak, Keteladananan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran & strategi atau pola yang dilakukan oleh keluarga dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila untuk pembentukan kepribadian anak, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi keluarga dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila untuk pembentukan kepribadian anak. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif, dan dilaksanakan di Kelurahan Sukadami, Kec. Cikarang Selatan, Kab.Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga sangat penting menerapkan nilai- nilai Pancasila kepada anak seperti keimanan,disiplin,kejujuran,tanggungjawab,kesabaran dll. Strategi/pola            keluarga dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila diatas untuk pembentukan kepribadian anak, dilakukan dengan cara sosialisasi represif (otoriter), pola permisif (membebaskan), dan pemberian pola sosialisasi partisipatoris (demokratis). Kendala-kendala atau tantangan yang dihadapi keluarga dalam menerapkan proses sosialisasi terdiri dari sosialisasi dalam lingkungan keluarga, sosialisasi dalam lingkungan sekolah, dan sosialisasi dalam lingkungan masyarakat. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian anak yaitu keturunan (warisan biologis), lingkungan alam dan lingkungan sosial. Keseluruhan strategi yang dilakukan oleh keluarga dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila ini tentu dengan alasan masing-masing keluarga,namun untuk mencapai hasil yang baik maka pola demokratislah yang paling efektif untuk ditepkan pada anak-anak masa sekarang.

This study aims to describe the roles & strategies or patterns carried out by families in applying Pancasila values ​​to the formation of children's personalities, as well as identifying the obstacles faced by families in applying Pancasila values ​​to the formation of children's personalities. The research method is a qualitative research, and was carried out in Sukadami Village, Kec. South Cikarang, Bekasi Regency. The results of the study show that it is very important for families to apply Pancasila values ​​to children such as faith, discipline, honesty, responsibility, patience, etc. The family strategy/pattern in applying the Pancasila values ​​above for the formation of the child's personality is carried out by means of repressive (authoritarian) socialization, permissive (liberating) patterns, and participatory (democratic) socialization patterns. Constraints or challenges faced by families in implementing the socialization process consist of socialization in the family environment, socialization in the school environment, and socialization in the community. The factors that influence the child's personality are heredity (biological inheritance), the natural environment and the social environment. The whole strategy taken by the family in implementing the values ​​of Pancasila is of course for the reasons of each family, but to achieve good results, the democratic pattern is the most effective to be applied to today's children.

References

Anwar dan Arsyad Ahmad, 2007, Pendidikan Anak Dini Usia (Panduan Praktis Bagi Ibu dan Calon Ibu). Bandung, Alfabeta, CV.
Abdurrahman, Dudung, 2000, Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta : GalangPress
Arifuddin, 2009, Hubungan Antara Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada MataPelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Singaraja, Program Pascasarjana IKIP Negeri Singaraja.
Baharuddin, 2007, Psikologi Pendidikan, Refleksi teoritis Terhadap Fenomena, Jogyakarta. Penerbit Ar-Ruzz Media Group.
Barmawi, Bakir Yusuf, 1993, Pembinaan Kehidupan Beragama Islam Pada Anak, Semarang: Dina Utama.
Durkheim, Emile, 2005, The Elementary Forms of The Religious Life. terj. Inyiak Ridwan Muzir,Yogyakarta: IRCiSod.
Freire, Paulo, 2002, Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan judul asli The Politic of Education: Culture, Power and Liberation terj. Agung Prihantoro, Fuad Arif Fudiyartanto, (Yogyakarta: ReaD bekerjasama dengan Pustaka Pelajar), Cet. IV.
Miles, M.B. dan Huberman, A.M., 1984. Analisis Data Kualitatif. Buku tentang Sumber-sumber Baru. Terjemahan dari Qualitative Data Analysis : A Sourcebook of New Methods. Jakarta : UI Press
Scharf, Betty R, 1995, Kajian Sosiologi Agama, Yogyakarta, PT Tiara Wacana.
Published
2021-07-31
How to Cite
Fanggidae, E., Pratama, F. H., Wardhani, R. R. W. A., & Rachman, T. (2021). Strategi Keluarga dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila untuk Membentuk Kepribadian Anak Melalui Keteladanan: Family Strategy in Applying Pancasila Values to Shape Children’s Personality through Example. Prosiding EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 1(1), 199 - 208. Retrieved from http://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/emas/article/view/355
Abstract viewed = 41 times
PDF (Indonesia) downloaded = 25 times