Manajemen Strategi Pancasila: Konsep Keseimbangan Hak dan Kewajiban Karyawan di Perusahaan untuk Menurunkan Tingkat Klaim Pelanggan

Pancasila Strategic Management: The Concept of Balancing the Rights and Responsibilities of Employees in the Company to Reduce Customer Claims

  • Jurlis Marsemes Here Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Deska Lafairi Rera Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Bagas Prayogo Haryaji Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Sunita Dasman Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Pancasila, Strategi, Hak, Kewajiba, KPI, Klaim

Abstract

Di era globalisasi saat setiap perusahaan bersaing untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin dan tidak cukup berpuas diri sampai disitu tapi juga membuat pelanggan tersenyum atau puas dengan produk dari perusahaan. Jika tingkat kepuasan pelanggan tinggi maka produk dari perusahaan akan dibeli kembali pada masa yang akan datang. Klaim akan produk akan membuat pelanggan berpindah kepada kompetitor. Menurunkan tingkat klaim harus dilakukan dengan management strategi Pancasila sila ke 5 butir ke 3 yakni menjaga keseimbangan hak dan kewajiban karyawan dengan melalukan visualisasi KPI di masing masing area kerja, dikontrol dan dievaluasi secara periodik. Hasilnya sangat signifikan, tingkat klaim yang terus turun selama 3 tahun terakhir di perusahaan.

In the era of globalization when every company competes to get as many customers as possible and it is not enough to be satisfied there but also to make customers smile or be satisfied with the company's products. If the level of customer satisfaction is high, the company's products will be repurchased in the future. Claims for products will make customers switch to competitors. Reducing the level of claims must be done with the 5th point 3 Pancasila strategy management strategy, namely maintaining a balance of employee rights and obligations by visualizing KPIs in each work area, controlled and evaluated periodically. The result is very significant, the claim rate continues to fall for the last 3 years at the company.

References

Latif, Y. (2015). Negara Paripurna Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sukadi. (2013). Pengembangan dan Pelaksanaan Strategi Pemasyarakatan Nilai-Nilai Pancasila dan Pilar-Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. In Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan oleh MPR RI kerjasama Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.
Wardana, I. (2013). Strategi Pemasyarakatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Bangsa. Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan oleh MPR RI kerjasama Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja
Published
2021-07-31
How to Cite
Here, J. M., Rera, D. L., Haryaji, B. P., & Dasman, S. (2021). Manajemen Strategi Pancasila: Konsep Keseimbangan Hak dan Kewajiban Karyawan di Perusahaan untuk Menurunkan Tingkat Klaim Pelanggan: Pancasila Strategic Management: The Concept of Balancing the Rights and Responsibilities of Employees in the Company to Reduce Customer Claims. Prosiding EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 1(1), 235 - 244. Retrieved from http://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/emas/article/view/362
Abstract viewed = 58 times
PDF (Indonesia) downloaded = 52 times