Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Perusahaan Grafika CV. Agung Semarang

Application of Pancasila Values in Graphics Company CV. Agung Semarang

  • Tukino Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • David Perdana Sinurat Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Ari Sarsono Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Chandra Eka Dharma Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Yoga Religia Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
Keywords: ekonomi pancasila, produktivitas perusahaan, kesejahteraan karyawan

Abstract

Konsep ekonomi Pancasila menyatakan bahwa bergulirnya roda perekonomian dan investasi dilaksanakan berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Dalam industri grafika, nilai-nilai Pancasila juga harus tertanam dalam menjalankan usaha penerbitan, percetakan, dan pengadaan alat tulis dan kantor (ATK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keseimbangan spiritual dan keseimbangan kehidupan kerja sebagai dimensi dari visi ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah mufakat dan keadilan terhadap produktivitas perusahaan dan kesejahteraan karyawan. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian penelitian ini adalah studi literatur yang diperoleh dari jurnal ilmiah, buku dokumentasi dan internet, dilanjutkan dengan pemaparan teori yang berhubungan dengan implementasi nilai-nilai Pancasila pada industri grafika di Semarang. Hasil penelitian kajian konsep ekonomi Pancasila di industri grafika menunjukkan bahwa para pelaku usaha di bidang grafika telah menerapkan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan nasional, musyawarah mufakat dan keadilan sosial di segala aspek pelaksanaan pekerjaan di bidang penerbitan, percetakan, dan pengadaan alat tulis dan kantor.

The economic concept of Pancasila states that the wheels of the economy and investment are carried out based on the values of Pancasila. In the graphics industry, Pancasila values must also be embedded in running a publishing, printing, and procurement of stationery and office (ATK) business. The purpose of this study was to determine the effect of spiritual balance and work-life balance as dimensions of divine vision, humanity, unity, deliberation and justice on company productivity and employee welfare. The research method used in this research study is a study of literature obtained from scientific journals, documentation books and the internet, followed by an explanation of theories related to the implementation of Pancasila values in the graphics industry in Semarang. The results of the study of the Pancasila economic concept study in the graphics industry show that business actors in the graphic sector have applied the values of divinity, humanity, national unity, deliberation and social justice in all aspects of the implementation of work in the fields of publishing, printing, and procurement of stationery and office.

References

BP – 7 PUSAT,1990, Undang – Undang Dasar-Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila- Garis- garis Besar Haluan Negara
Darji Darmodiharjo, 1991, Santiaaji Pancasila, Usaha Nasional, Surabaya.
Hernadi Affandi, 2020, Pancasila Eksistensi dan Aktualisasi, Andi offset, Yogyakarta.
https://www.kemhan.go.id/renhan/2014/11/20/45-butir-pedoman-penghayatan-dan- pengamalan-pancasila.html dengan judul 45 butir Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila.
Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2019). Penelitian : Metode dan Analisis (H. Mulyanto & A. Wulandari (eds.); 4th Editio). CV. Agung Semarang.
Published
2021-07-31
How to Cite
Tukino, T., Sinurat, D. P., Sarsono, A., Dharma, C. E., & Religia, Y. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Perusahaan Grafika CV. Agung Semarang: Application of Pancasila Values in Graphics Company CV. Agung Semarang. Prosiding EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 1(1), 275 - 282. Retrieved from http://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/emas/article/view/366
Abstract viewed = 49 times
PDF (Indonesia) downloaded = 51 times