Penerapan Nilai-Nilai Pancasila di SMAN 1 Cikarang Utara dalam Melaksanakan Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan di Era Pandemi Covid-19

Application of Pancasila Values at SMAN 1 Cikarang Utara in Implementing Government Policies in the Education Sector in the Era of the Covid-19 Pandemic

  • Alwabi Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Ismamudi Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Robert Yan Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Dudi Suryadi Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Yoga Religia Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Kebijakan Pemerintah, bidang pendidikan, Pandemi Covid-19, nilai-nilai Pancasila

Abstract

Penyebaran wabah Covid-19 di Indonesia mendorong pemerintah menerbitkan banyak kebijakan baru terkait berbagai bidang kehidupan masyarakat. Satu dari kebijakan tersebut adalah kebijakan dalam bidang pendidikan, melalui penetapan kebijakan LFH (Learning from Home) atau belajar di rumah, untuk semua jenjang pendidikan. Maslah baru yang muncul adalah adanya tuntutan perubahan perilaku peserta didik dari metode pembelajaran tatap muka kepada pola pembelajaran mandiri atau online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam melaksanakan pembelajaran di era Pandemi Covid-19 selaras dengan kebijakan pemerintah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, yang diawali dengan studi pustaka untuk mengetahui aspek-aspek terkait nilai-nilai Pancasila, metode pembelajaran LFH atau belajar di rumah dan kebijakan kesehatan di era Pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil studi pustaka, dikembangkan angket untuk mengumpulkan data dari siswa. Angket dibuat versi online sehingga mudah diisi oleh responden yaitu 114 siswa di SMAN 1 Cikarang Utara. Temuan penelitian menarik untuk disimak yaitu mayoritas responden (56,2%) berpendapat bahwa kebijakan-kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan di era Pandemi Covid-19 saat ini belum dilakukan dengan efektif. Bahkan (73,6%) siswa menyatakan adanya penurunan motivasi belajar di kalangan siswa. Temuan ini perlu segera diantisipasi oleh pembuat keputusan di SMAN 1 Cikarang Utara mengingat awal semester berikutnya akan segera dimulai. Nilai-nilai Pancasila yang diterapkan pada saat ini adalah Kemanusiaan yang Adil dan Beradab serta Persatuan Indonesia.

The spread of the Covid-19 outbreak in Indonesia has prompted the government to issue many new policies related to people's lives. One of these policies is a policy in the field of education, through the establishment of an LFH (Learning from Home) policy or learning at home, for all levels of education. The new problem that arises is the change in student behavior from the face-to-face method to independent or online learning patterns. The purpose of this study was to find out how students apply Pancasila values in carrying out learning in the Covid-19 Pandemic era in line with government policies. The research was conducted with a quantitative approach, starting with a literature study to find out aspects related to Pancasila values, LFH learning or studying at home and health policies in the Covid-19 pandemic era. Based on literature study, a questionnaire was developed to collect data from students. The online version of the questionnaire is made so that it is easy to fill out by respondents, namely 114 students at SMAN 1 Cikarang Utara. The research findings are interesting to note, namely the majority of respondents (56.2%) think that government policies in the field of education in the current Covid-19 Pandemic era have not been carried out effectively. In fact (73.6%) students stated that there was a decrease in learning motivation among students. This finding needs to be immediately carried out by decision makers at SMAN 1 Cikarang Utara considering the beginning of the next semester will begin. The values of Pancasila that are applied at this time are just and civilized humanity and the unity of Indonesia.

References

A. Kusnayat, M. H. Muiz, N. Sumarni and A. S. Mansyur, "Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampaknya terhadap Mental Siswa," p. 156, 2020.
A. Purwanto, R. Pramono, M. Ashari, P. B. Santoso, L. M. Wijayanti and et.al., "Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar," p. 3, 2020.
A. R. Setiawan and A. Z. Mufassaroh, "Lembar Kegiatan Siswa untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi SAintifik pada Topik Penyakit Coronavirus 2019 (Covid-19)," 2020.
D. S. Purnama and Prasetyo, "Modul Guru Pembelajar," 2016. "Wordpress," 30 April 2020. [Online]. Available: https://nannerl43.wordpress.com/tag/sehat-secara-intelektual/.
I. Wahyono, "Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kegiatan Pembelajaran di SDN 1 SEKARSULI," Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , vol. VII, p. 133, 2018.
M. Ismelina, "KOMPAS," 6 Juni 2020. [Online]. Available: https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/06/111241265/merenungkan-nilai nilai-pancasila-dalam-pandemi-corona. [Accessed 7 Juli 2020].
Muawanah, "Menumbuhkan Nilai-nilai Kepahlawanan di Lingkungan Siswa," Sati Sampajanna, p. 71, 2018.
N. K. S. Astini, "Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19," Jayapangus Press, vol. III, pp. 242-243, 2020.
R. Ramadhan, "Kompasiana," 25 Agustus 2015. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/rezaramadhanunj/55d adb8a54977303099134c5/peran-dan-fungsi-siswa. [Accessed 13 Agustus 2020].
Wahyono, Poncojari and Husamah, "Kebijakan Pemerintah terhadap Pendidikan di Era Pandemi,"2020. [Online]. Available: https://scholar.google.co.id/scholar?q=artikel+kebija kan+pemerintah+terhadap+pendidikan+di+era+pandmi&hl=en&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart#d=gs_qabs&u=%23p%3Drkc1m83_9U4J.
"Kumparan," 25 Maret 2020. [Online]. Available: https://kumparan.com/kumparansains/imbas-pandemi-virus-corona-bagi-dunia pendidikan-indonesia-dan-global-1t5YVXRYAbo/full. [Accessed 20 Juni 2020].
"Seributujuan," 2020. [Online]. Available: https://www.seributujuan.id/id/apa-itu- kesehatan-mental.
"VIVA," 17 Maret 2020. [Online]. Available: https://www.viva.co.id/arsip/1267604 tutup-sekolah-saat-wabah-corona-dinilai-bisa-lebih-berbahaya-mengapa. [Accessed 27 Juli 2020].
Published
2021-07-31
How to Cite
Alwabi, A., Ismamudi, I., Yan, R., Suryadi, D., & Religia, Y. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila di SMAN 1 Cikarang Utara dalam Melaksanakan Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan di Era Pandemi Covid-19: Application of Pancasila Values at SMAN 1 Cikarang Utara in Implementing Government Policies in the Education Sector in the Era of the Covid-19 Pandemic. Prosiding EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 1(1), 303 - 314. Retrieved from http://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/emas/article/view/369
Abstract viewed = 33 times
PDF (Indonesia) downloaded = 26 times