Pengaruh Tipe Post, Waktu Post, Testimoni Dan Follower Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen

The Influence of Post Type, Post Time, Testimonials and Instagram Followers on Consumer Purchase Interest

  • Chandra Eka Prodi MM FEBIS Pelita Bangsa
  • Reza Fatahillah Prodi MM Pelita Bangsa
  • Ari Sarsono
  • Alif Hanavi Prodi MM Pelita Bangsa
  • Pandi Sitorus
Keywords: Media Sosial (Social Media), Instagram, Tipe Post (Post Type), Waktu Post (Post Time), Testimoni (Testimony), Follower, Minat Beli (Purchase Interest)

Abstract

Perkembangan tehnologi saat ini telah diiringi dengan cepatnya jaringan internet, sehingga membuat para pelaku usaha lebih dipermudah dalam melakukan pemasaran di sosial media melalui smartphone secara langsung. Hal ini yang mendorong penelitian untuk mengkaji dan mengukur seberapa efektifitas minat beli konsumen di sebuah sosial media. Penelitian ini menggunakan sosial media Instagram untuk mengidentifikasikan minat beli yang dialami konsumen pada akun Instagram @minyakzaitunasli. Untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat beli pada suatu postingan produk maka pada penelitian ini akan mengungkapkan hasil atas pengujian antara tipe post, waktu post, followers dan testimoni pada suatu postingan produk dan jumlah pengikut di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaf dengan analisis regresi linear ganda. dengan mengambil sampling 51 responden dalam pengisian kuisioner yang dibagikan kepada follower account@minyakzaitunasli. Penelitian menunjukkan bahwa tipe post dan followers tidak mempengaruhi minat beli konsumen. Waktu post dan testimoni berpengaruh terhadap minat beli konsumen.

The current development of technology has been accompanied by a fast internet network, thus making it easier for business actors to do marketing on social media via smartphones directly. This has prompted research to study and measure the effectiveness of consumer buying interest in social media. This study uses Instagram social media to identify the buying interest experienced by consumers on the Instagram account @minyakzaitunasli. To find out what factors can affect buying interest in a product post, this study will reveal the results of testing between post types, post time and testimonials on product posts and the number of followers on Instagram. Research shows that the type of post and followers do not influence consumer purchase interest. Post time and testimonials affect consumer purchase interest

References

Almana, M., & Mirza., A. (2013). The Impact of Electronic Word of Mouth on Consumers Purchasing Decisions. International Journal of Coumputer Applications, 23-31.

Durianto, S. (2003). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Jati, W., & Yuliansyah., H. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Toko Onlen Shop Azzam Store). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 127-148.

Kaplan, A., & Haenlein, M. (2010). Users of the Word, Unite The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 59-68.

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed Vol 2). Erlangga.

Laksmi, A. A., & Oktaviani, F. (2016). Pengaruh Electronic Word Of mounth terhadap minat beli followers instragram pada warunk upnormal. Jurnal Computech & Bisnis, 78-88.

Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV Agung.

Muslim, Wardani, R., & Wijoyo, S. (2019). Analisis Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Loyalitas merek pada Instagram tomoo Steak. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.

Poetra, R. R., & Christantyawati, N. (2017). Model AIDA: Pola Penggunaan Media Social dalam Meningkatkan kepuasan Penjualan di TOko Online Goldies Hijab. Jurnal Komunikasi Profesional, 22-36.

Qurtuby, M., Alhifni, A., & Muhlisin, S. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran dengan Konsep AIDA terhadap respon Nasabah mengambang pada bank Syariah. Equilibium: Jurnal Ekonomi Syariah, 17-19.

Santoso, A. P., Baihaqi, I., & Persada, S. F. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram terhadap Online Engagement: studi kasus pada lima merek pakaian wanita. Jurnal Terknik ITS VOl 6.

Siswhara, G., Masharyono, & Anggraeny, D. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Instragram dan Event terhadap Repurchase Intention di Cenghar Kopi Kota. Jurnal Gastronomi Wisata, 19-26.

Social, W. A. (2020). We Are Social. Retrieved from We Are Social: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/

Solis, B. (2010). Engage : The complete guide for brands and businesses to build. New Jersey: John Wiley & Sons.

Syahbani, M. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Food Blogger Pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Mahasiswa di Kota Bandung. Bandung: Universitas Telkom.

Tungka, D., Lionardo, & Michaela, M. (2020). Pengaruh Social Media Marketing pada Instagram terhadap Minat Beli CHatime Indonesia. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 77 - 87. .

Wikipedia. (2019). Instragram. Retrieved from Instragram: https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram

Published
2021-02-12
How to Cite
Eka, C., Fatahillah, R., Sarsono, A., Hanavi, A., & Sitorus, P. (2021). Pengaruh Tipe Post, Waktu Post, Testimoni Dan Follower Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen: The Influence of Post Type, Post Time, Testimonials and Instagram Followers on Consumer Purchase Interest. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(1), 91 - 100. https://doi.org/10.37366/master.v1i1.158
Abstract viewed = 928 times
PDF (Indonesia) downloaded = 582 times