Pengaruh Modal Usaha, Kualitas Produk, Jaringan Wirausaha Terhadap Kelangsungan Usaha UMKM Madu Sari Lanceng

Business Capital, Product Quality, Entrepreneur Networks and Their Effect on Business Continuity of SMEs Madu Sari Lanceng

  • Junedi Universitas Pelita Bangsa
  • Mustika Dwi Arumsari Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Entrepreneurial Network, Business Coninuity, Product Quality, Business Capital

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi atas Pendapatan Domestik Bruto (PDB) rata-rata sebesar 60% sehingga kelangsungan usahanya perlu dipertahankan dengan mengenali faktor-faktornya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal usaha, kualitas produk, dan jaringan wirausaha terhadap kelangsungan usaha UMKM Madu Sari Lanceng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dan menggunakan analisis statistik. Pengumpulan data berupa kuesioner kepada 22 pelaku UMKM Madu Sari Lanceng di Nglipar, Gunungkidul. Hasil analisis memberikan gambaran:  a) Modal Usaha dan Jaringan Wirausaha tidak berpengaruh terhadap Kelangsungan Usaha; b). Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap kelangsungan usaha.

Micro Small and Medium Enterprises (MSMEs) have a contribution to the average Gross Domestic Income (GDP) of 60% so that their business continuity needs to be maintained by recognizing the factors. This research aims to analyze the influence of business capital, product quality, and entrepreneurial networks on the business continuity of Madu Sari Lanceng MSMEs. The approach used in this research is a quantitative approach, and uses statistical analysis. Data collection in the form of questionnaires to 22 MSME madu sari lanceng actors in Nglipar, Gunungkidul. The results of the analysis provide an overview: a) Business Capital and Entrepreneurial Network have no effect on Business Continuity; b). Product Quality has a positive effect on business continuity

References

Almaidah, S., & Endarwati, T. (2019). Analisis pengaruh karakteristik wirausaha, modal, motivasi, pengalaman, dan kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha pada UKM penghasil METE di Kabupatenn Wonogiri. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMMUS, 111–124.

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Azzahra, C. I., & Darmayanti, E. F. (2021). Pengaruh Kreativitas, Modal Usaha, Diversifikasi Produk Dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM (Studi Pada UMKM Bidang Perdagangan Di Kelurahan Iringmulyo Kota Metro). Jurnal Akutansi AKTIVA, 2(1), 1–8.

Binus.ac.id. (2020). Peran UMKM Dalam Perekonomian Indonesia. Retrieved July 5, 2021, from binus.ac.id website: https://binus.ac.id/bandung/2020/11/peran-umkm-dalam-perekonomian-indonesia/

Choirunnisa, C., Ferdinand, A. T., & Indriani, F. (2019). Analisis Pengaruh Penginderaan Pasar, Pemasaran Kewirausahaan, Kemampuan Jaringan dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada UKM Makanan dan Minuman di Kota Semarang). Jurnal Bisnis Strategi, 27(2), 79. https://doi.org/10.14710/jbs.27.2.79-94

Darus, N. M., Yunus, A. R., & Rahman, N. W. (2017). Factors enhancing the performance of SMEs’ services sectors: A conceptual framework. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 4(3), 160–166. https://doi.org/10.21833/ijaas.2017.03.025

Hendrawan, A., & Wijaya, A. (2020). Pengaruh dimensi orientasi kewirausahaan dan jaringan usaha terhadap kinerja usaha UKM di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(3), 577–586.

Hendrawati, D., Rahadhini, M. D., & Triastity, R. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Harga Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 17(4), 621–628.

Irawan, D. (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Micro Kecil dan Menengah Melalui Jaringan Usaha. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, XI(2), 103–116.

Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. (2020). Kontribusi UMKM Terhadap PDB 2010 - 2020. Retrieved July 5, 2021, from lokadata.beritagar.id website: https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/kontribusi-umkm-terhadap-pdb-2010-2020-1586251312#

Mulyanto, H. and Wulandari A. (2010), Penelitian: Metode & Analisis, Semarang: CV Agung.

Pratama, R. (2018). Pengaruh Modal, Lokasi Dan Jenis Dagangan Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar. Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 239–251. Retrieved from http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/125/69

Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(9), 13–28.

Rita, R. and Ahimsa, F. (2021). Analisis Pengaruh Social Media Terhadap Brand Attitude yang Memiliki Dampak Terhadap Purchase Intention. MASTER: Jurnal Manajemen Strategi Kewirausahaan. 1(1), 19 - 28, https://doi.org/10.37366/master.v1i1.24.

Rosmadi, M. L. (2019). Analisis Faktor-faktor Penunjang Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Seminar Nasional Ekonomi Dan Dewantara, 41–48. Retrieved from http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/article/view/410

Rosyad, A. A., & Wiguna, A. B. (2017). Analisis Keberlangsungan Usaha Mikro Malang Raya (Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam ). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 6(2).

Saputra, S., Hidayat, K., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 50(6), 85–95.

Skarpova, L., & Grosova, S. (2015). The Application of Business Network Approach for Small and Medium Enterprises (SME) with regard to their Buying Behavior. Journal of Competitiveness, 7(3), 62–74. https://doi.org/10.7441/joc.2015.03.05

Sugiyono, P. D. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarifah, I., Mawardi, M. K., & Iqbal, M. (2020). Pengaruh modal manusia terhadap orientasi pasar dan kinerja UMKM. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(1), 69–96. https://doi.org/10.24914/jeb.v23i1.2521

Wirawan, I. K. A., Sudibia, K., & Purbadharmaja, I. B. P. (2015). Pengaruh Bantuan Dana Bergulir, Modal Kerja, Lokasi Pemasaran dan Kualitas Produk Terhadap Pendapatan Pelaku UMKM Sektor Industri di Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana., 4(1), 1–21. Retrieved from UMKM, bantuan dana bergulir, modal kerja, lokasi pemasaran, kualitas produk, pendapatan.%0AABSTRACT

Yahya, A., Affandy, A., & Narimawati, U. (2020). Pengembangan UMKM Melalui Pemanfaatan Model Layanan Fintech Syariah Ammana.id. Is The Best Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise This Is Link for OJS Us, 5(2), 106–120. https://doi.org/10.34010/aisthebest.v5i2.3049

Yanti, V. A., Amanah, S., Muldjono, P., & Asngari, P. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Keberlanjutan Usaha Mikro Kecil Menengah di Bandung dan Bogor. Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 20(18), 137–148.

Published
2021-08-24
How to Cite
Junedi, & Dwi Arumsari, M. (2021). Pengaruh Modal Usaha, Kualitas Produk, Jaringan Wirausaha Terhadap Kelangsungan Usaha UMKM Madu Sari Lanceng: Business Capital, Product Quality, Entrepreneur Networks and Their Effect on Business Continuity of SMEs Madu Sari Lanceng. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(2), 175 - 184. https://doi.org/10.37366/master.v1i2.223
Abstract viewed = 898 times
PDF (Indonesia) downloaded = 621 times