Literasi Keuangan dan Pendapatan Usaha dalam Mempengaruhi Perilaku Menabung Pelaku UKM

Financial Literacy and Business Income in Influencing Saving Behavior of SMEs Actors

  • Baskoro Ashar Pamungkas Program Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Heru Mulyanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
  • Meli Andriyani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
Keywords: Literasi Keuangan, Pendapatan Usaha, Perilaku Menabung, Financial Literacy, Business Income, Saving Behavior

Abstract

Penelitian ini berusaha menganalisis pengaruh literasi keuangan dan pendapatan usaha terhadap perilaku menabung pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Data penelitian melalui kuesioner yang diberikan kepada 282 pelaku UKM di Depok dari berbagai bidang. Regresi ganda digunakan sebagai alat analisis diolah dengan SPSS 23. Temuan penelitian diperolehnya pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku menabung pelaku UKM di Depok. Literasi keuangan para pelaku UKM yang makin baik akan meningkatkan perilaku menabung. Temuan lainnya dalam penelitian ini adalah tidak adanya pengaruh pendapatan usaha terhadap perilaku menabung para pelaku UKM.

This study analyzed the influence of financial literacy, and business income on the saving behavior of small and medium enterprises (SMEs). The research data was obtained from questionnaires given to 282 SMEs in Depok from various fields. Multiple regression analysis is used where SPSS Version 23 is used as an analysis tool. The findings of the study obtained the influence of financial literacy on the saving behavior of SMEs in Depok. On the other hand, business income has no effect on the saving behavior of SMEs.

References

Adityandani, W., & Haryono, N. A. (2019). Pengaruh Demografi, Financial Attitude, Financial Knowledge, dan Suku Bunga Terhadap Perilaku Menabung Masyarakat Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(2), 316-326.

Bongomin, G. O., Ntayi, J. M., Munene, J. C., & Nabeta, I. N. (2016). Financial Inclusion in Rural Uganda: Testing Interaction Effect of Financial Literacy and Networks. Journal of African Business, 17(1), 106-128. doi:https://doi.org/10.1080/15228916.2016.1117382

Butarbutar, G. R., Widayatsari, A., & Aqualdo, N. (2017). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan USAha Industri Makanan Khas Di Kota Tebing Tinggi. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 619-633.

Dewi, I. M., & Purbawangsa, I. B. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan Serta Masa Bekerja Terhadap Perilaku Keputusan Investasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 1867-1894.

Fitriarianti, B. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan dan Pendapatan Terhadap Keputusan Berinvestasi. Seminar Nasional I Universitas Pamulang (pp. 1 - 14). Tangerang: Program Studi D3 Akuntansi Universitas Pamulang.

Irawan, D. (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Micro Kecil dan Menengah Melalui Jaringan Usaha. Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 103-116.

Khatun, M. (2018). Effect of Financial Literacy and Parental Socialization on Students Savings Behavior of Bangladesh Internasional. Journal of Scientific and Research Publications, 8(12), 296-305.

Marwati, R. D. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 476-487.

Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analsisi. Semarang: CV Agung.

Pengaruh Bantuan Dana Bergulir, M. K. (2015). , I. K. A. Wirawan; K. Sudibia; I.B.P. Purbadharmaja. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Pratama, R. (2018). Pengaruh Modal, Lokasi dan Jenis Dagangan Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar. Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 239-251.

Putri, N. M., & Rahyuda, H. (2017). Pengaruh Tingkat Financial Literacy dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Perilaku Keputusan Investasi Individu. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 3407-3067.

Rikayanti, V. R., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Pembelajaran Manajemen Keuangan, dan Uang Saku Terhadap Perilaku Menabung. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(3), 29-36. Retrieved 7 1, 2021, from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/40669

Risnawati, R., & Ghufron, M. N. (2016). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Rohman, A. A., & Widjaja, S. U. (2018). Analisis Perilaku Konsumtif dan Perilaku Menabung Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi di Jurusan Ekonoi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 107-117. doi:https://dx.doi.org/10.17977/UM014v11i22018p0107

Sirine, H., & Utami, D. S. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Menabung di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19(1), 27-52.

Soemarso, S. R. (2009). Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi Lima. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Accounthink : Journal of Accounting and Finance, 4(2). doi:https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2208

Susanti, A., Ismunawan, Pardi, & Ardyan, E. (2017). Tingkat Pendidikan, Literasi Keuangan, dan Perencananaan Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan UMKM di Surakarta. Telaah Bisnis, 18(1), 45-56.

Warneryd, K.-E. (1999). The psychology of saving: A study on economic psychology. Cheltenham: Edward Elgar Publishing.

Wirawan, I. K., Sudibia, K., & Purbadharmaja, I. B. (2015). Pengaruh Bantuan Dana Bergulir, Model Kerja, Lokasi Pemasaran dan Kualitas Produk Terhadap Pendapatan Pelaku UMKM Sektor Industri di Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 4(1), 1-21.

Published
2022-01-02
How to Cite
Pamungkas, B. A., Mulyanto, H., & Andriyani, M. (2022). Literasi Keuangan dan Pendapatan Usaha dalam Mempengaruhi Perilaku Menabung Pelaku UKM: Financial Literacy and Business Income in Influencing Saving Behavior of SMEs Actors. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(2), 205 - 212. https://doi.org/10.37366/master.v1i2.70
Abstract viewed = 733 times
PDF (Indonesia) downloaded = 777 times