Optimalisasi Pengembangan dan Pemasaran Produk UMKM Desa Ciantra Optimalisasi Pengembangan dan Pemasaran Produk UMKM Desa Ciantra

  • Aldiansyah Wida Universitas Pelita Bangsa
  • Aprilia Bagasari Universitas Pelita Bangsa
  • Asri Yanah Universitas Pelita Bangsa
  • Calvin Desemly Suhandi Universitas Pelita Bangsa
  • Army Cahya Putra Rustamaji Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Usaha Mikro Kecil Menengah, Packaging, Teknologi, Desain

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Ciantra memiliki peran penting dalam pengambangan ekonomi lokal. Namun banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah di desa ini mengalami kendala dalam segi packaging dan desain produk mereka yang kurang menarik. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dihadapi oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Ciantra terkait dengan packaging dan desain produk serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan daya tarik terhadap produk. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah wawancara langsung dengan pemilik usaha dan observasi dari produk yang ditawarkan. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa kendala utama yang dihadapi oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah di desa Ciantra adalah kurangnya pemahaman tentang pentingnya packaging dan desain yang menarik. Banyak usaha yang hanya fokus pada kualitas produk namun tidak memperhatikan tampilan luar yang mempengaruhi daya tarik konsumen. Pengabdian ini memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah di desa Ciantra yang memiliki dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Ciantra

Published
2024-06-01
Abstract viewed = 41 times
pdf downloaded = 27 times