Pengembangan UMKM Berbasis Digital Di Desa Cipayung
Abstract
Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berbasis platform digital telah muncul sebagai kekuatan penting dalam mendorong pertumbuhan dan keberlanjutan ekonomi, terutama di daerah pedesaan seperti Desa Cipayung. Mengingat pesatnya kemajuan teknologi, pengabdian ini berfokus pada implementasi pelatihan, pendampingan dan pemasaran digital di kalangan UMKM di Desa Cipayung. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pemanfaatan teknologi digital di kalangan UMKM Desa Cipayung. Melalui serangkaian sesi pelatihan, pendampingan, dan penerapan praktis, pengabdian ini mengevaluasi keefektifan penerapan teknik pemasaran digital untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan visibilitas produk, dan mendorong pertumbuhan bisnis di masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu observasi, wawancara dan pendekatan praktis. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman para pelaku usaha terhadap konsep pemasaran digital dan upaya yang patut dipuji dalam mengintegrasikan strategi digital ke dalam bisnis mereka, hal ini yang mengarah pada perluasan basis pelanggan dan peningkatan keterlibatan pasar