Sosialisasi Pemanfaatan Digital Marketing di Era 4.0 Untuk Pengembangan UMKM Di Desa Ciantra
Abstract
Penggunaan konsep pemasaran berdasarkan teknologi digital menjadi harapan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Ciantra untuk berkembang dan menjadi pusat kekuatan ekonomi. Namun kurangnya pengetahuan dalam memasarkan produk secara digital merupakan masalah yang perlu dihadapi. Tujuan dilaksanakannya pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui sosialisasi digital marketing agar dalam pemasaran produk lebih meluas dan meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan berupa penyuluhan berupa seminar dan pendaftaran akun sosial media bagi pelaku UMKM. Hasil pengabdian telah berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pertumbuhan bisnis mereka.UMKM, Pemasaran Digital, Sosialisasi, Desa Ciantra