https://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/issue/feedJurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa2024-11-03T03:37:16+00:00Hamdanjurnaleksyarupb@pelitabangsa.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa adalah salah satu jurnal yang diterbitkan oleh DPPM Universitas Pelita Bangsa bersama dengan Fakultas Agama Islam Universitas Pelita Bangsa. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa mengkaji berbagai hal yang berkaitan dengan Ilmu Ekonomi Syariah, terbit enam bulanan (dua kali setahun) yaitu setiap bulan April dan Oktober.</p>https://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1618The Effectiveness of The Implementation of Sharia Principles in the Digital Banking Industry 2024-10-30T04:00:25+00:00Hasanudinalfasiry.hasan@gmail.comArif Rijal Anshoriarif.rijal@unisba.ac.idIwan Setiawansetiawanbsy@gmail.comMisella Alputrimisellaalputri@gmail.com<p><em>Education on the importance of Sharia principles and the benefits of Islamic banking must be increased so that people better understand and choose Islamic banking services. Increasing financial literacy and awareness of Islamic banking products helps drive wider adoption in society. This study aims to elaborate on the effectiveness of the application of sharia principles in the digital banking industry. The research method used is library research with a qualitative approach. The results of the study show that adhering to Sharia principles, the Sharia digital banking industry not only offers an ethical alternative to Islamic law but also provides modern and efficient services to customers. Sharia-based digital banking is expected to increase financial inclusion and provide wider access to the public to use financial services by Sharia principles. The effectiveness of the implementation of sharia principles in the digital banking industry is generally positive, with many benefits that can be felt by customers and the financial industry as a whole. However, challenges in terms of technology, regulation, and digital literacy need to continue to be addressed to ensure sustainable and inclusive growth.</em></p>2024-10-30T03:40:20+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1793Analisis Peran Pegadaian Syariah Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Jepara2024-11-02T13:25:35+00:00Reza Anida Faristania211420000581@unisnu.ac.idMiswan Ansorimiswan@unisnu.ac.idCahyaning Budi Utamiutamicahyaning@unisnu.ac.id<p>Produk pembiayaan Ar-Rum pada Pegadaian Syariah dirancang untuk membantu pemilik usaha kecil dan mikro mengembangkan usahanya dengan sistem angsuran yang menggunakan jaminan BPKB motor atau mobil. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pembiayaan Ar-Rum terhadap pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah di Pegadaian Syariah cabang Ngabul Jepara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan Ar-Rum memberikan kemudahan dan kecepatan dalam proses pengajuan dan pencairan dana, serta pendampingan dan edukasi kepada nasabah. Jumlah nasabah Ar-Rum yang terus meningkat setiap tahun menunjukkan minat yang tinggi dari UMKM terhadap produk ini. Pegadaian Syariah membantu UMKM mengatasi keterbatasan modal, memungkinkan mereka untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan pendapatan, serta memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi lokal.</p> <p><em>Keyword : Pegadaian Syariah, UMKM, Pembiayaan modal usaha</em></p>2024-10-30T03:41:57+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1374Jual Beli Thrift Online Pada Pada Kalangan Anak Muda Dalam Perspektif Islam2024-10-30T04:00:26+00:00Sudarmisudarmi@stimlasharanjaya.ac.idZulfahmi Alwizulfahmi.alwi@uin-alauddin.ac.idAbd Rahman Sakkaabdulrahmansakka@uin-alauddin.ac.id<p>Semakin populernya belanja dan penjualan online baik barang baru maupun bekas, seperti pakaian bekas (thrifts) yang banyak diminati oleh masyarakat umum baik tua maupun muda, kelas menengah dan atas menjadi pendorong penelitian ini. Tujuan temuan ini ialah untuk mengetahui apakah pertumbuhan jual beli barang bekas online di kalangan generasi muda sejalan dengan prinsip jual beli Islami. Metodologi penelitian kualitatif deskriptif digunakan, dan melibatkan pencarian referensi dalam tinjauan literatur (buku, temuan penelitian yang diterbitkan). Temuan penelitian ini memperjelas bahwa, dari sudut pandang Islam, jual beli barang bekas secara online dapat diterima selama tidak mencakup barang-barang yang bertentangan dengan hukum Islam terkait jual beli, serta meningkatnya permintaan barang bekas online di kalangan generasi muda. terhadap tren sosial dan ekonomi.</p>2024-10-30T03:43:48+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1419Penentuan Strategi Pemasaran Produk Griya Hasanah BSI KCP Tangerang Villa Melati Mas: Pendekatan Analisis SWOT2024-10-30T04:00:26+00:00Nur Jamaludinjamaludin@uca.ac.idShofiah Tidjanioppitidjani@gmail.comYovika Permatasaripermatasariyovika7@gmail.comAisyah Defy R.Simatupangdef_asa@yahoo.co.id<p><em>A strong marketing strategy is crucial for firms since it immediately affects sales growth, brand promotion, and the identification of new market opportunities, leading to a sustained competitive advantage. Using SWOT analysis, which includes assessing strengths, weaknesses, opportunities, and threats, is a crucial tool for developing a focused marketing strategy for items. This study seeks to explore the utilization of SWOT analysis in formulating the marketing strategy for the Griya Hasanah Home Financing Product (PPR) at BSI KCP Tangerang Villa Melati Mas. It involves a thorough analysis of both internal (strengths and weaknesses) and external (opportunities and threats) variables. This research aims to use a descriptive qualitative technique to thoroughly examine and analyse the strengths, flaws, opportunities, and dangers associated with the Griya Hasanah PPR product at Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang Villa Melati Mas. Data collecting involves gathering primary sources, such as interviews, as well as secondary data obtained from other sources such websites, journals, books, and pertinent literature. The study's findings indicate that when using the SWOT analysis framework, internal factors (strengths and weaknesses), referred to as S - W, have a favourable value of 1.08 on the X-axis. On the other hand, external factors (opportunities and threats), represented as O - T, have a positive value of 1 on the Y-axis. Therefore, placing the Griya Hasanah PPR product at BSI KCP Tangerang Villa Melati Mas in quadrant 1 indicates the necessity for the company to implement a proactive marketing plan. By utilizing the company's strengths and capitalising on opportunities, this strategy is positioned to strengthen its competitive position and continuously extend its market presence.</em></p>2024-10-30T03:45:25+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1658Analisis Strategi Bank Syariah Dalam Meningkatkan Market Share Ditengah Eksistensi Bank Konvensional Pada Era Digital2024-10-30T04:00:26+00:00Ita Rukmanasari, Kurniadi, Muh. Dian Nur Alim Mu'min, Lince Bulutoding, Syaiful Muhlis80500222050@uin-alauddin.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh bank syariah dalam meningkatkan <em>market share</em> ditengah eksistensi bank konvensional pada era digital saat ini. Penelitian dilakukan dengan mengkaji literatur terdahulu yang berisi tentang teori-teori yang relevan terhadap masalah–masalah penelitian. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa strategi-strategi yang digunakan oleh Bank syariah yakni penerepan pelayanan prima dalam hal ini bank harus terus meningkatkan kepatuahn operasional bank terhadap prinsip syariah. Selanjutnya strategi penetrasi pasar (market penetration), yaitu sebuah strategi yang mengupayakan peningkatan penjualan dengan cara memperbaiki dan memodifikasi produk atau jasa yang ada saat ini, dan strategi pemasaran dan layanan digital karena dengan digital marketing, nasabah mampu menjangkau dan memperoleh seluruh informasi mengenai produk yang di tawarkan di mana pun dan kapan pun. Sehingga digital marketing mampu meningkatkan jumlah konsumen dan loyalitas nasabah begitupun dengan layanan digital dapat memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan Dimana saja da kapan saja. Hal ini yang digunakan oleh bank syariah dalam menarik nasabah agar lebih eksis di era digital saat ini yang akan berdampak pada <em>market share</em> bank syariah itu sendiri.</p>2024-10-30T03:46:59+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1699Konsep Integrasi Manajemen Bisnis Syariah Pondok Pesantren Melalui Bank Wakaf Mikro2024-10-30T04:00:26+00:00Mahmudinemoed79@gmail.com<p><em>In the literature, micro waqf banks are predominantly associated with productive waqf literacy, women's economic empowerment, poverty alleviation, and providing business capital. However, the lack of literature on pesantren (Islamic boarding schools) managing sharia business with the presence of micro waqf banks motivated this research. This study highlights the importance of explaining the role of Sharia business management in pesantren that operate micro waqf banks. The research aims to understand sharia business management in pesantren integrated with micro waqf banks. A qualitative method with a literature study approach was used. The data, which is secondary, was sourced from books, journals, bulletins, proceedings, and reports from the last 12 years. The data analysis technique employed content analysis. The study found that the sharia business management of pesantren operating micro waqf banks involves planning, organizing, leading, and controlling to create and inventory sharia business potential sustainably according to the Qur'an and As-Sunnah. The integration of sharia business between pesantren and micro waqf banks involves the joint involvement of pesantren managers, micro waqf bank managers, and customers. The sharia business management of pesantren operating micro waqf banks can be conducted collaboratively among pesantren managers, micro waqf bank managers, and micro waqf bank customers. This research implies that the better the sharia business management of pesantren operating micro waqf banks, the more positive the socio-economic development will be for the pesantren and the surrounding community. Future research should analyze the impact of Sharia business management on strengthening the economy of pesantren operating micro waqf banks. The limitation of this study is the use of a literature study due to the limited literature on Sharia business management in pesantren based on micro waqf banks.</em></p>2024-10-30T03:48:44+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1788Analisis Simpanan Produk Berhadiah Menurut Perspektif Hukum DSN MUI Pada USPPS BMT Mafal Sejahtera662024-10-30T04:00:27+00:00Khozinatul Asrorkhoziasror6@gmail.comMiswan Ansorimiswan@unisnu.ac.id<p><em>Simpanan produk berhadiah menjadi salah satu strategi yang sering diimplementasikan oleh berbagai BMT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan simpanan produk berhadiah serta menganalisis bagaimana simpanan produk berhadiah yang dilaksanakan oleh BMT Mafal Sejahtera jika ditinjau dari perspektif hukum DSN MUI. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program SIMAJA Behadiah dilakukan dengan membayar biaya yang disepakati untuk keperluan undian yang kemudian undian akan dilaksanakan setiap satu tahun sekali pada hari ulang tahun BMT Mafal Sejahtera, sebagai bentuk pertemuan loyalitas anggota, promosi serta syukuran atas bertambahnya usia BMT Mafal Sejahtera. Pelaksanaan program SIMAJA Berhadiah dapat dinyatakan sebagai hal yang tidak bertentangan dengan perspektif DSN MUI. Dasar keputusannya ditinjau dari pemberian hadiah berupa barang yang bermanfaat, barang hadiah berhukum halal, hadiah diberikan sebagai bentuk promosi, hadiah diberikan dengan undian serta bentuk hadiah berupa barang berwujud. Hasil penelitian ini memberikan sumbangsih pemikiran terhadap perspektif hukum simpanan produk berhadiah yang kerap menjadi perdebatan.</em></p>2024-10-30T03:50:45+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1801Pengaruh Automatic Teller Machine (ATM), Mobile Banking, Keamanan, dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia2024-10-30T04:00:27+00:00Anisa Santaliaanisa1900032104@webmail.uad.ac.idMufti Alam Adhamufti.alam@pbs.uad.ac.idSunu Prasetya Adisunu.adi@pbs.uad.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Automatic Teller Machine, Mobile Banking, Keamanan, kepercayaan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia. Objek penelitian dari penelitian ini adalah seluruh masyarakat pengguna bank syariah indonesia di kota Yogyakarta. Lokasi penelitian ini tepatnya berada di kota Yogyakarta. Sampel 100 responden nasabah Bank Syariah Indonesia dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi 22. Hasil menunjukkan bahwa hasil uji variabel Automatic Teller Machine, Mobile Banking, Keamanan, kepercayaan terhadap loyalitas nasabah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F (80,861) > nilai distribusi tabel F (2,47). Hal ini dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan dapat ditarik kesimpulan bahwa Automatic Teller Machine, Mobile Banking, Keamanan, kepercayaan berpengaruh signifikan dan positif secara simultan terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan layanan Bank Syariah Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Mobile Banking, Keamanan, kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitas nasabah bank syariah indonesia, sedangkan Automatic Teller Machine menunjukan tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitas nasabah bank syariah indonesia. Secara simultan variabel Automatic Teller Machine, Mobile Banking, Keamanan, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan bank syariah indonesia di kota Yogyakarta.</p>2024-10-30T03:52:05+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1811Pengaruh Religiusitas, Literasi Halal, dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Halal Pada Masyarakat di Jawa Tengah 2024-10-30T04:00:27+00:00Ivadhatul Aulaaulavaa02@gmail.comAan Zainul Anwaraanza@unisnu.ac.id<p>Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim di Jawa Tengah dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 100, dengan teknik pengumpulan sampel dengan menggunakan rumus Rao Purba. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui pengisian kuesioner. Regresi dengan menggunakan data panel digunakan untuk menganalisis data dan pengaruh dari religiusitas, literasi halal dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian makanan halal di Jawa Tengah. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan siginifikan positif terhadap keputusan pembelian. Kemudian, hasil secara parsial menunjukkan bahwa Religiusitas signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian Makanan Halal di Jawa Tengah, Literasi Halal signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian Makanan Halal di Jawa Tengah, dan Perilaku Konsumen signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian Makanan Halal di Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh religiusitas, literasi halal dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk makanan halal.</p>2024-10-30T03:54:05+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1813Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), Pertumbuhan Premi, dan Beban Klaim Terhadap Profitabilitas Pada Asuransi Syariah2024-10-30T04:00:27+00:00Hikhmah Cahya Ningrumhikmahcahya31@gmail.comZubaidah Nasutionzubaidah@perbanas.ac.idSurya Setiawansurya@asmisurabaya.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance, Pertumbuhan Premi dan Beban Klaim terhadap Profitabilitas pada Asuransi Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan pada tahun 2016-2022. </em><em>Penelitian ini memiliki 14 sampel dengan periode penelitian selama 7 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Dewan Komisaris, Pertumbuhan Premi dan Beban Klaim berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas. Selain itu, Dewan Komisaris dan Pertumbuhan Premi berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan Beban Klaim tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas.</em></p>2024-10-30T03:55:31+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1844Transformasi Perilaku Konsumen Muslim Berbelanja Di Pasar Modern Dan Pasar Online2024-10-30T04:00:27+00:00Helda Nusridahelda.nusrida@uinib.ac.idMuchlis Baharmuchlisbahar@uinib.ac.idDuhriahduhriah@uinib.ac.idM. Niko Andeskanikoandeska01@gmail.com<p><em>Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana transformasi perilaku konsumen berbelanja di pasar modern dan pasar online. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian menggunakan field research (penelitian lapangan). Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang sebanyak 30 orang. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dam penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Transformasi perilaku konsumen muslim berbelanja di pasar online dan pasar modern. 1)Konsumen muslim berbelanja di pasar modern dan pasar online pada tahap pengenalan masalah tidak mengalami perubahan yang signifikan. 2)Transformasi perilaku konsumen muslim saat mencari informasi diperoleh secara lebih detail melalui internet seperti; media sosial, web browser, konten digital, youtube, maupun platform belanja online. 3)Transformasi perilaku konsumen muslim saat melakukan evaluasi alternatif terdapat pada kesadaran atas aturanaturan syari’ah dengan mempertimbangkan kehalalan produk, rasional dengan mempertimbangkan mashlahah dan nilai guna, dan tidak bolehnya perilaku idzraf dan tabzir. 4)Transformasi perilaku konsumen muslim saat melakukan keputusan pembelian terdapat pada saat melakukan pembayaran pada pasar modern dengan menggunkan dompet digital. 5)Transformasi perilaku konsumen muslim pada tahap pasca pembelian terdapat pada kemudahan konsumen melakukan review.</em></p>2024-10-30T03:57:06+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1888Islam, Solidaritas Sosial, Praktik Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat Fitrah di Desa Pesantren2024-10-30T04:00:28+00:00Syafiqul Humamsyafiqhuman@gmail.comMuh. Hanifmuh.hanif@uinsaizu.ac.id<p><em>Tulisan ini menelaah hubungan antara Islam, solidaritas sosial, dan praktik pengumpulan serta pembagian zakat fitrah di Desa Pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana Zakat Fitrah dalam pandangan Islam. Kemudian bagaimana praktik zakat fitrah di Desa Pesantren mendukung solidaritas sosial dan bagaimana praktik pengumpulan dan pembagian zakat fitrah di Desa Pesantren. Metode yang digunakan ialah kualitatif dengan melakukan observasi di tiga tempat pengelolaan zakat di Desa Pesantren yaitu Musala Jundullah, Masjid Baitul Hamid dan Masjid Abdul Karim. Juga melakukan wawancara dengan panitia zakat dari tiap tempat pengelola zakat. Hasil dari penelitian menunjukkan pandangan Islam terhadap zakat fitrah bahwa zakat fitrah ini merupakan salah satu rukun Islam yang mewajibkan setiap Muslim untuk memberikan sebagian dari hartanya kepada para mustahik. Selanjutnya, proses pengumpulan dan pembagian zakat fitrah yang di atur oleh amil atau muzakki memberikan langsung kepada mustahik di sekitarnya. Pengumpulan zakat di setiap amil berbeda, mulai dari jauh hari dan pada sehari sebelum hari raya Idul Fitri. Pembagian zakatnya sehari sebelum hari raya Idul Fitri, namun waktunya berbeda. Metode pengumpulan zakat dengan menjemput zakat dari rumah muzakki atau muzakki menyerahkan langsung kepada amil di masjid. Sosialisasi tentang zakat dilakukan dengan cara melalui pengajian dan saat amil mendatangi ke rumah muzakki. Praktik zakat fitrah di Desa Pesantren memiliki peran penting dalam memperkuat solidaritas sosial yaitu partisipasi masyarakat yang positif dalam pengumpulan dan pembagian zakat yang didorong oleh nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama yang mencerminkan prinsip-prinsip keadilan sosial. </em></p>2024-10-30T03:58:37+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1908Peranan Zakat Dalam Perhitungan Pajak Penghasilan Orang Pribadi2024-10-31T11:16:35+00:00Faisal Amridsn.faisalamri@gmail.comAhlu Dzikriahlu37@gmail.com<p style="text-align: justify;"><em>Qualitas zakat dan pajak merupakan permasalahan yang sudah berlangsung lama bagi umat Islam, selain membayar pajak juga harus membayar zakat (muzaki). Meskipun pajak bukan merupakan kewajiban syariah, namun keberadaan umat Islam sebagai kehidupan bermasyarakat mengharuskan adanya pembayaran pajak. Pemerintah sedang membuat undang-undang yang dapat menentukan tanggung jawab ganda zakat dan pajak terhadap umat Islam. Permasalahan tersebut tertuang dalam Bab 22 Undang-undang Nomor 23 Tahun 1390 hingga perubahan ayat 3 Bab 14 Undang-undang Nomor 38 Tahun 1378 tentang Pengelolaan Zakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang akurat mengenai perhitungan pajak penghasilan masyarakat setelah menunaikan kewajiban membayar zakat. Ketentuan mengenai pemotongan pajak atas zakat, yaitu zakat yang dibayarkan melalui Baznas atau LAZ, ditetapkan oleh pihak yang berwenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dan zakat berpengaruh terhadap perhitungan pajak penghasilan orang pribadi karena zakat merupakan pengurang penghasilan kena pajak</em></p>2024-10-31T11:16:35+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1914Konsep Kepemilikan Dalam Fiqh Muamalat: Analisis Pengelolaan PT. SMGP Di Mandailing Natal2024-10-31T14:19:50+00:00Ika Merdeka Wati Siregarikamerdekawati@gmail.comEdi Marjan Nasutionedimarjan84nasution@gmail.com<p><em>Hak milik adalah suatu kekhususan untuk menguasai sesuatu yang mengesampingkan orang lain dapat memanfaatkan sesuatu tersebut. Dalam berbagai literature mu’amalat hal ini disebut dengan al-mabahat. Ada beberapa sebab agar al-mabahat ini dapat dimiliki diantaranya: sebab pertama; (Ihrozul mabahat) yaitu benda atau harta yang masuk kepada kepemilikan tertentu dan tidak ada penghalang untuk memilikinya. Sebab kedua; al uqudun naqilatu lilmilkiyyah yaitu mengusahakan kepemilikan secara sempurna dengan cara akad. Sebab ketiga; at-Tulidu minal mamluk yaitu memiliki sesuatu karena asalnya telah menjadi haknya. Sebab keempat; al-Khulfiyyah yaitu pengalihan harta. Penelitian ini adalah (Library research) di mana koleksi pustaka yang relevan sebagai kekuatan utama dalam penelitian ini dan dengan mengadakan studi secara teliti terhadap leteratur-literatur yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Harapan penelitian ini adalah mengetahui sebab-sebab kepemilikian yang diakui dalam Islam. Temuan penelitian ini adalah terjadi gap antara konsep fiqh mu’amalat dalam pengelolaan SMGP di Kabupaten Mandailing Natal.</em></p>2024-10-31T14:19:50+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1918Pengaruh Gerakan Boikot Produk Pro Israel Di Media Sosial Terhadap Minat Beli Masyarakat Bandar Lampung2024-10-31T15:00:58+00:00Mutiara Nur Afifahmutiarnafifah@gmail.comAbizarsentraaqiqahlampung@gmail.comHeri Sutopoherisutopo04@gmail.comUlil Albabulilalbab1987@gmail.com<p><em>The boycott movement is a form of protest carried out collectively by the community to oppose certain actions, products or policies that are considered detrimental. In the context of the productive age community in Bandar Lampung, the boycott movement has become a significant tool in voicing aspirations and concerns about various social and economic issues. The motivations behind people's participation in this movement are diverse, including the desire to improve local economic conditions, uphold social justice, and show solidarity with others. the majority of people support the form of the movement not to use or buy products originating from Israel or related to it.</em></p> <p><em>This research method uses quantitative methods using descriptive statistical analysis, using simple regression analysis techniques where the dependent variable is the buying interest of the people of Bandar Lampung, and the independent variable is the pro-Israel product boycott movement on social media. The result of this study is that there is a significant influence of the product boycott movement on social media on people's buying interest, which can be calculated at 56.9% while 43.1% is influenced by other variables that are not examined.</em></p>2024-10-31T15:00:58+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1922Company Size and Price-Earnings Ratio as A Signal in Influencing Firm Value Moderated by Investment Decisions2024-10-31T16:13:27+00:00Rina Nurjanahrinanurjanah16@pelitabangsa.ac.idAdibah Yahyaadibah.yahya@pelitabangsa.ac.idAnna Wulandarianna.wulandari@pelitabangsa.ac.id<p><em>This study aims to examine the impact of firm size and price-earnings ratio on firm value, with investment decisions as a moderating variable, focusing on property and real estate companies listed on the Indonesia Stock Exchange from 2020 to 2023. The research employs a quantitative approach using panel data regression analysis. Financial data were collected from annual reports and financial statements of listed property and real estate companies. The study utilises E-Views software for data analysis, including descriptive statistics, correlation analysis, and moderated regression analysis. </em><em>The findings reveal that firm size and price-earnings ratio positively and significantly influence firm value. However, investment decisions do not moderate the relationship between firm size or price-earnings ratio and firm value in the context of Indonesian property and real estate companies during the studied period. The study is limited to a specific sector and time frame, which may affect the generalizability of results. Additionally, secondary data may not capture all nuances of managerial decision-making processes. This research contributes to the body of corporate finance and strategic management knowledge by providing insights into the determinants of firm value in the Indonesian property and real estate sector. </em></p>2024-10-31T16:13:27+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1912Optimalisasi Bazar Masjid sebagai Katalisator Pemberdayaan UMKM: Studi Kasus di Perumahan Sukaraya Indah Bekasi2024-10-31T16:54:06+00:00Wira Syuhadawira.syuhada@pelitabangsa.ac.idSukron Mamunsukron@pelitabangsa.ac.idKisanda Midisenkisandamidisen@pelitabangsa.ac.idAli Nur Ahmadali.ahmad@pelitabangsa.ac.id<p><em>Penelitian ini mengkaji optimalisasi bazar masjid sebagai katalisator pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Perumahan Sukaraya Indah, Bekasi. Fokus utama adalah evaluasi dampak bazar yang diselenggarakan pada 28 Juli 2024 di Masjid Attaqwa terhadap perkembangan ekonomi UMKM lokal. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, penelitian ini menggabungkan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Sampel meliputi 30 pelaku UMKM, 5 pengurus masjid, dan 3 pejabat setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bazar masjid berperan signifikan dalam meningkatkan omzet UMKM hingga 40%, memperluas jaringan pemasaran, dan meningkatkan kapasitas usaha. Faktor kunci keberhasilan meliputi sinergi antara pengurus masjid dan komunitas UMKM, strategi pemasaran terintegrasi, dan dukungan pemerintah setempat. Tantangan utama mencakup keterbatasan ruang dan manajemen waktu. Penelitian ini menghasilkan model optimalisasi bazar masjid yang dapat diaplikasikan untuk pemberdayaan UMKM di daerah lain. Implikasi praktis meliputi rekomendasi kebijakan bagi pemerintah daerah untuk mengintegrasikan program pemberdayaan UMKM dengan kegiatan sosial-keagamaan.</em></p>2024-10-31T16:54:05+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1923Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Layanan Mobile Banking: Studi Kasus BSI Kota Bandar Lampung2024-10-31T17:29:04+00:00Ulfa Lutfianiulfalutfiani234@gmail.comNina Ramadhani Wulandarininaramadhani.wulandari@gmail.comRuslainirosimuhammadiyahlampung@gmail.comUlil Albabulilalbab1987@gmail.com<p>This research aims to examine the influence of mobile banking service variables (Y) on customer satisfaction variables (X). The results of this study indicate that mobile banking services have an impact on customer satisfaction and can enhance customer satisfaction. Proven by the results of the correlation coefficient test or the r test through the model summary table, the r value obtained is 0.853, with a correlation value of 72.8% indicating the influence of the mobile banking service variable (Y) on customer satisfaction (X), and 27.2% influenced by other variables not explained in this study. It can be concluded that mobile banking services have a significant impact on customer satisfaction and enhance the satisfaction of customers of BSI</p> <p> </p> <p> </p> <p> </p> <p> </p> <p> </p>2024-10-31T17:29:04+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1915 Influencer Media Sosial Dan Halal Fashion Perspektif Kontruksi Motivasi Islam Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Di El-Zatta Pamekasan2024-11-03T01:27:39+00:00Matninfatih.matnin@gmail.comSiti Komariyehkomariyehsitti123@gmail.comAbdul Bariabdulbari8236139145@gmail.comLasanlasanmasduqi@gmail.com<p>Studi ini bertujuan untuk mengetahui influencer media sosial dan halal fashion dalam meningkatkan keputusan pembelian di Elzatta Pamekasan, serta mengetahui influencer media sosial dan halal fashion perspektif kontruksi motivasi islam dalam meningkatkan keputusan pembelian di Elzatta Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif, prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, tentang influencer media sosial dan halal fashion dalam meningkatkan keputusan pembelian di Elzatta Pamekasan menunjukan bahwa adanya sikap kredibilitas dan kepercayaan, keterlibatan dengan konsumen, menginspirasi perubahan sikap. Adapaun keputusan pembelian melalui influencer media sosial dan halal fashion di Elzatta Pamekasan, dalam perspektif kontruksi motivasi Islam, menunjukan adanya mutivasi kehalalan, kepatuhan terhadap ajaran agama, modest fashion, kualitas dan keberlanjutan, serta etika dan transparansi.</p>2024-11-03T01:27:39+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsahttps://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/1921Pengaruh Pengendalian Internal, Budaya Organisasi, Religiusitas, Dan Love of Money Terhadap Kecenderungan Kecurangan2024-11-03T03:37:16+00:00Yeni Riski Romadhonyeniriskiromadhon25@gmail.comErfan Muhammaderfan94@yahoo.comEnur Hotimahenurhotimah839@gmail.com<p>The purpose of this research is to obtain practical confirmation of the effect of internal control, organizational culture, religiosity, and love of money on the desire to commit fraud. This study was conducted at Pawnshops in the Madura area. The sample selection method used is purposive sampling.</p> <p>The main source of information in this study was obtained through the use of a questionnaire-based survey using a Likert scale, which was administered to the staff of the pawnshop, with 52 respondents participating. The study considered four independent variables: internal control, organizational culture, religiosity, and love of money, as well as one dependent variable: propensity to commit fraud. Data analysis was conducted using IBM SPSS 25 software.</p> <p>The research findings show that internal control, organizational culture, and religiosity each have a significant influence on fraud. However, love of money has no impact on cheating behavior. This is inferred from respondents' views which indicate that the urge to act unethically is not related to the love of money because money is not considered a symbol of personal success or a symbol of achievement that makes a person respected in society.</p>2024-11-03T03:37:16+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa