PENGARUH TARIF PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PAJAK DAN TEKNOLOGI INFORMASI PERPAJAKAN TERHADAP PERSEPSI WAJIB PAJAK MENGENAI PENGGELAPAN PAJAK

  • Jamian Purba Akuntansi Bisnis
  • Rian Hidayat Universitas Pelita Bangsa
  • Tirin Wulandari Universitas Pelita Bangsa
Keywords: tax evasion, tax rate, quality of service, tax sanctions, taxpayer awareness of tax information technology.

Abstract

ABSTRAK

     Negara Berkembang sangat membutuhkan dana untuk membiayai pembangunannya. Sumber dana terbesar salah satunya adalah dari sektor pajak. Peran pajak yang besar dalam memberikan kontribusi bagi penerimaan negara membutuhkan  adanya upaya agar penerimaan negara tersebut dapat tercapai. Banyaknya kasus penggelepan pajak di Indonesia menyebabkan tindakan penggelapan seakan etis atau wajar dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tarif pajak, kualitas pelayanan, sanksi pajak dan teknologi informasi perpajakan terhadap persepsi wajib pajak mengenai penggelapan pajak.

     Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Cikarang Selatan. Sampel penelitian ini adalah 100 wajib pajak orang pribadi dengan sampel acak sederhana. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah convinance sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan progam SPSS 22.

     Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tarif pajak dan sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi wajib pajak mengenai penggelapan pajak. Kualitas pelayanan dan teknologi informasi perpajakan tidak berpengaruh terhadap persepsi wajib pajak mengenai penggelapan pajak.

 

Kata Kunci : Persepsi Wajib Pajak Mengenai Penggelapan Pajak, Tarif Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Teknologi Informasi Perpajakan.

 

ABSTRACT

Developing countries are in urgent need of resources to raise development funding. One of the largest sources of funding is the tax sector. The major role of taxes as a contribution to government revenue requires efforts to generate this government revenue. The number of tax evasion cases in Indonesia cause tax evasion as if it is  ethical or natural to do so. The purpose of this study is to investigate the impact of tax rates, quality of service, tax sanctions, and tax information technology on taxpayers' perceptions of tax evasion.

This study is a descriptive study with a quantitative approach. The population used is a single taxpayer registered with KPP Pratama Cikarang Selatan. The sample for this survey was 100 individual taxpayers using simple random sampling. The sampling method used was convex sampling. The data analysis method uses multiple regression analysis using the SPSS22 program.

The results of this study show that tax rates and fines have a positive and significant impact on taxpayers' perceptions of tax evasion. Quality of service and tax information technology do not affect taxpayers' perceptions of tax evasion.

Keywords: tax evasion, tax rate, quality of service, tax sanctions, taxpayer awareness of tax    

                 information technology.

 

References

Ardyaksa, T. K., & Kiswanto. (2014). Pengaruh Keadilan, Tarif Pajak, Ketepatan Pengalokasian, Kecurangan, Teknologi dan Informasi Perpajakan Terhadap Tax Evasion. Accounting Analysis, 475-484.
detiknews. (2013, Februari 04). Herly Isdiharsono Dituntut 8 Tahun & Denda Rp 1 M. Dipetik Juni 9, 2020, dari Detiknews: https://news.detik.com/berita/d-2160869/herly-isdiharsono-dituntut-8-tahun--denda-rp-1-m
Dewi, T. J., & Merkusiwati, N. L. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Wajib Pajak Mengenai Etika Penggelapan Pajak. E-jurnal Akuntansi, 2534-2564.
Dhanayanti, K. M., & Suardana, K. A. (2017). Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Mengenai Penggelapan Pajak dan Keadilan Sistem Perpajakan Pada Kepatuhan Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1504-1533.
Direktorat Jenderal Pajak. (2015-2019). Laporan Kinerja Direktorat Jenderal Pajak. Jakarta: Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
Fatimah , S., & Wardani, D. K. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggelapan Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Temanggung. Akuntansi Dewantara, 1-14.
Felicia, I., & Erawati, T. (2017). Pengaruh Sistem Perpajakan, Sanksi Perpajakan dan Tarif Pajak Terhadap Persepsi Wajib Pajak Mengenai Etika Penggelapan Pajak. Journal Kajian Bisnis, 226-234.
Friana, H. (2019, Januari 4). Penerimaan Negara 2018 Tembus Target, Tapi Pajak Masih Shortfall. Dipetik Juni 9, 2020, dari tirto.id: https://tirto.id/penerimaan-negara-2018-tembus-target-tapi-pajak-masih-shortfall-ddeX
Friskianti, Y., & Handayani, B. D. (2014). Pengaruh Self Assesment System, Keadilan, Teknologo Perpajakan dan Ketidakpercayaan Kepada Pihak Fiskus Terhadap Tindakan Tax Evasion. Accounting Analysis Journal, 543-552.
Hestanto. (2018, Maret 15). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhdap Kepatuhan Wajib Pajak. Dipetik Juni 20, 2020, dari Hestanto: https://www.hestanto.web.id/kualitas-pelayanan-terhadap-kepatuhan-wajib-pajak/
Idris. (2019). Pengaruh Kemungkinan Terdeteksinya Kecurangan, Teknologi Informasi, Kepercayaan Kepada Pemerintah Terhadap Perilaku Tax Evasion. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 22-30.
Indriyani, M., Nurlaela, S., & Wahyuningsih, E. M. (2016). Pengaruh Keadilan, Sistem Perpajakan, Diskriminasi, dan Kemungkinan Terdeteksinya Kecurangan Terhadap Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Mengenai Perilaku Tax Evasion. Seminar Nasional IENACO, 818-825.
Maghfiroh, D., & Fajarwati, D. (2016). Persepsi Wajib Pajak Mengenai Pengaruh Keadilan, Sistem Perpajakan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Penggelapan Pajak. JRAK, 39-55.
Mardiasmo. (2013). Perpajakan Edisi Revisi 2013. Yogyakarta: Andi.
Maulida, R. (2018, September 28). Sistem Pemungutan Pajak. Dipetik Juni 9, 2020, dari Online Pajak: https://www.online-pajak.com/sistem-pemungutan-pajak
Nursalim. (2013, Desember 17). Berbagi Ilmu. Diambil kembali dari nursalim26.blogspot.com: http://nursalim26.blogspot.com/2013/12/pengertian-umum-perpajakan.html
Pangabean, E. (2014, April 23). Asian Agri Group Akhirnya Lunasi Cicilan Denda Rp 2,5 Triliun. Dipetik Juni 10, 2020, dari Liputan6: https://www.liputan6.com/news/read/2109403/asian-agri-group-akhirnya-lunasi-cicilan-denda-rp-25-triliun
Pohan, C. A. (2013). Manajemen Perpajakan Strategi Perencanaan dan Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Pranata, P. A., & Setiawan, P. E. (2015). Pengaruh Sanksi Perpajakan, Kualitas Pelayanan dan Kewajiban Moral Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 456-473.
Rachmadi, W. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Atas Perilaku Penggelapan Pajak. Semarang: Universitas Diponegoro.
Rachmawati, V. R. (2015). Pengaruh Keadilan, Sistem Perpajakan, Diskriminasi dan Kemungkinan Terdeteksimya Kecurangan Terhadap Persepsi Wajib Pajak Mengenai Penggelapan Pajak. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Rahayu, S. K. (2017). Perpajakan: Konsep dan Aspek Formal. Bandung: Rekayasa Sains.
Ramadhani, N. (2019, September 16). 3 Macam Sistem Pemungutan Pajak di Indonesia. Dipetik Juni 16, 2020, dari Akseleran: https://www.akseleran.co.id/blog/sistem-pemungutan-pajak/
Rustam, A., & Said, S. (2018). Persepsi Atas Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. JURNAL RISET PERPAJAKAN, 37-45.
Sapriadi, D. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar PBB. Jurnal Akuntansi, 1-25.
Sasmito, G. G. (2017). Pengaruh Tarif Pajak, Keadilan Sistem Perpajakan, Teknologi dan Informasi Terhadap Penggelapan Pajak. Jurnal STIE Perbanas Surabaya, 1-17.
Taniko, H. (2017, Oktober 10). Pengertian Umum, Jenis-Jenis, Manfaat Dan Fungsi Pajak Di Indonesia. Dipetik Juni 16 2020, dari atur duit: https://www.aturduit.com/articles/pengertian-jenis-manfaat-fungsi-pajak-indonesia/
Ulfa, A. (2015). Pengaruh Kemungkinan Terdeteksinya Kecurangan, Teknologi dan Informasi Perpajakan, dan Kepercayaan Pada Otoritas Pemerintah Terhadap Penggelapan Pajak. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 1-15.
Universitas Ciputra. (2016, Februari 22). Kualitas Pelayanan: Dimensi dan Cara Mengukurnya. Diambil kembali dari Universitas Ciputra Online: http://ciputrauceo.net/blog/2016/2/18/kualitas-pelayanan-dimensi-dan-cara-mengukurnya
Wahyuningsih, D. T. (2017). Minimalisasi Tax Evasion Melalui Tarif Pajak, Teknologi dan Informasi Perpajakan, KeadilanSistem Perpajakan dan Ketepatan Pengalokasian Pengeluaran Pemerintah. Jurnal Akuntansi Universitas, 1-17.
Widawati. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan, Pengetahuan Peraturan Perpajakan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Yetmi, Y. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Terhadap Penggelapan Pajak Dengan Teknologi Informasi Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomi Bisnis, 80-93.
Yuliyanti, T., Titisari, K. H., & Nurlela, S. (2017). Pengaruh Keadilan Pajak, Tarif Pajak, Sistem Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Teknologi Perpajakan Terhadap Persepsi Wajib Pajak Badan Mengenai Penggelapan Pajak. Seminar Nasional IENACO, 847-855.

Zakky. (2019, Oktober 21). Pengertian Pajak Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Dipetik juni 17, 2020, dari ZonaReferensi.com: https://www.zonareferensi.com/pengertian-pajak/
Zikri, M. (2018). Pengaruh Teknologi dan Informasi Perpajakan, Sanksi Pajak dan Pelayanan Fiskus Terhadap Terjadinya Tax Evasion. Riau: Universitas Isalam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Published
2022-02-02
How to Cite
Purba, J., Hidayat, R., & Wulandari, T. (2022). PENGARUH TARIF PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PAJAK DAN TEKNOLOGI INFORMASI PERPAJAKAN TERHADAP PERSEPSI WAJIB PAJAK MENGENAI PENGGELAPAN PAJAK. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, 6(02), 132-152. https://doi.org/10.37366/akubis.v6i02.272
Abstract viewed = 319 times
pdf downloaded = 246 times