Analisis Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dan Strategi Kepuasan Pelanggan di Dalam Visi, Misi, dan Nilai-Nilai Perusahaan Manufacturing di PT. AW Faber Castell, Bekasi

Analysis of the Implementation of Pancasila Values and Customer Satisfaction Strategies in the Vision, Mission, and Values of Manufacturing Companies at PT. AW Faber Castell, Bekasi

  • Mohammad Fauzan Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Suminar Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Ricy Armiansyah Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Ratnasari
  • Anna Wulandari Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Pancasila, Visi-Misi, Nilai-Nilai Perusahaan, Strategi Kepuasan Pelanggan

Abstract

Pancasila merupakan idelogi bangsa Indonesia yang menjadi dasar negara dan falsafah hidup bangsanya. Fenomena yang terjadi yaitu implementasi nilai-nilai Pancasila belum terealisasi dengan baik.. Di sisi lain untuk memenangkan dan bertahan di kompetisi bisnis, perusahaan perlu melakukan manajemen strategi salah satunya strategi kepuasan pelanggan. Analisis ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat penerapan nilai-nilai pancasila di dalam visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan sekaligus strategi kepuasan pelanggan di PT AW Faber Castell, Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam pembuatan artikel ini, yaitu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam metode ini penulis mengumpulkan data yang diperoleh melalui pengkajian buku, artikel, dan karya ilmah lainnya serta dokumen resmi dari perusahaan mengenai visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan nilai-nilai pancasila di dalam visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan diterapkan dengan baik oleh perusahaan PT AW Faber Castell meskipun penerapan sila ke-1 tidak tersurat di dalam dokumen resmi perusahaan tetapi pada pelaksanaannya dilakukan dengan baik oleh perusahaan Hasil analisis juga menggambarkan bahwa strategi kepuasan pelanggan dilaksanakan secara baik oleh perusahaan yang tergambar di dalam visi, misi, dan nilai- nilai perusahaan, selain itu juga ternyata strategi kepuasan pelanggan ini terkolaborasi dan sangat berkaitan erat dengan nilai-nilai pancasila walaupun tidak semua sila tergambar adanya strategi kepuasan pelanggan Hasil dari analisis ini menjawab fenomena di awal bahwa nilai-nilai dasar Pancasila masih diterapkan dengan baik oleh perusahaan di Indonesia dan mampu berkolaborasi dengan strategi kepuasan pelanggan.Sehingga dengan adanya artikel ini bisa menjadi contoh penerapan nilai pancasila yang berkolaborasi baik dengan manajemen strategi yang pada akhirnya dapat membuat sebuah perusahaan selain bisa mempertahankan jati diri bangsa juga dapat bersaing di dunia bisnis.

Pancasila is the ideology of the Indonesian nation which is the basis of the state and the philosophy of life of the nation. The phenomenon that occurs is that the implementation of Pancasila values has not been realized properly. On the other hand, to win and survive in business competition, companies need to carry out strategic management, one of which is customer satisfaction strategy. This analysis was conducted with the aim of looking at the implementation of Pancasila values in the company's vision, mission, and values as well as customer satisfaction strategies at PT AW Faber Castell, Bekasi. The research method used in making this article, namely by using qualitative research methods. In this method the author collects data obtained through the study of books, articles, and other scientific works as well as official documents from the company regarding the company's vision, mission, and values. The result of this research is that the implementation of Pancasila values in the company's vision, mission, and values is well implemented by the company PT AW Faber Castell although the implementation of the 1st principle is not stated in the company's official documents but in its implementation it is carried out well by The results of the analysis also illustrate that the customer satisfaction strategy is well implemented by the company which is reflected in the company's vision, mission, and values, besides that it also turns out that this customer satisfaction strategy is collaborative and very closely related to Pancasila values, although not all of the principles are illustrated the existence of a customer satisfaction strategy. The results of this analysis answer the phenomenon at the beginning that the basic values of Pancasila are still well applied by companies in Indonesia and are able to collaborate with customer satisfaction strategies. So that this article can be an example of the application of Pancasila values that collaborate well with strategic management which in the end can make a company, apart from being able to maintain national identity, can also compete in the business world.

References

Band, William A, 1991, Creating value for customer: Designing and Implementation a Total
Calam, Ahmad dan Sobirin. 2008. Pancasila Sebagai Paradigma Kehidupan Dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegar. Jurnal Saintikom, Vol. 4/ No. 1/ Januari 2008.
Fandy Tjiptono,1997, Strategi Pemasaran,Penerbit Andi,Yogyakarta. pada Novall Computer Yogyakarta
Fandy Tjiptono.1994. Analisis Kepuasan Pelanggan Sebagai Dasar Penyusunan Strategi Pemasaran Defensif dipubikasikan
Fasochah et al. (2014). Strategi Kepuasan Pelanggan dalam Mempertahankan dan Meningkatkan Loyalitas. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi No. 36 Th. XXI / April 2014
Fathoni, Abdurrahmat. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi.Jakarta: PT Rineka Cipta,2011.
Hanan, Mack and Peter Karp, 1991, Customer Satisfaction: How to Maximaze, Measure and Market your company’s Ultimate Product. New York: American Management Association.
Kotler, Philip and Gary Armstrong, 1996, Principles Of Marketing, Seventh Edition, International Editrion, Prentice Hall, Inc., Englewood Cliffs, New Jersey.
Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan pengendalian (Edisi kedelapan, terjemahan Arcella Ariwati Hermawan), Jakarta: Salemba Empat.
Kothler et al. 2002.Manajemen Pemasaran : Edisi Ketiga Belas. Erlangga. Jakarta Levit T,1987. Imaginasi Pemasaran ( Terjemahan ),Jakarta,Penerbit Erlangga.
Maftuh, Bunyamin. 2008. Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Educationist, Vol. II No. 2, hal 134-144
Mairi, Vitrail Gloria Nancy (2018). Makalah Pendidikan Kewarganegaraan “Penerapan Sila Keadilan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat”. Program Studi Sistem Informasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sam Ratulangi. Manado
Mowen, John C, 1995, Consumer behavior, Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New Jersey, International Edition
Nilai-Nilai Pancasila Sila Ke-1 Sampai Sila Ke-5, Implementasi (dosenpendidikan.co.id)
Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110–121.
Nurfatimah et al. 2021. Implementasi Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkembangkan Wawasan Kebangsaan Di Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan Vol. 5 No.1 Juni 2021 P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328
Musanto, Trisno. 2004. Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya. Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Surabaya
Our Vision and Value (www. faber-castell.com)
Robert Bramson,2005,Customer Loyality, PT Prestasi Pustakaraya,Jakarta.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,kualitatf dan R&D (Bandung: Alfabeta,2015)
Supriyanto, Eko Eddya. Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kebijakan Ekonomi Di Kabupaten Tegal 2009-2014. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/politika/article/download/6072/5180: 17 April 2016
Yusdita, elana era. 2014. Pendebetan etika dalam jiwa akuntan indonesia: pemupukan nilai pancasila oleh pendidik. Media mahardika. Vol. 12 No. 3, Hal 28-40.
Published
2021-07-31
How to Cite
Fauzan, M., Suminar, S., Armiansyah, R., Ratnasari, R., & Wulandari, A. (2021). Analisis Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dan Strategi Kepuasan Pelanggan di Dalam Visi, Misi, dan Nilai-Nilai Perusahaan Manufacturing di PT. AW Faber Castell, Bekasi: Analysis of the Implementation of Pancasila Values and Customer Satisfaction Strategies in the Vision, Mission, and Values of Manufacturing Companies at PT. AW Faber Castell, Bekasi. Prosiding EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 1(1), 33 - 50. Retrieved from http://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/emas/article/view/338
Abstract viewed = 208 times
PDF (Indonesia) downloaded = 133 times