Manifestasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Generasi Unggul Pada Lingkungan Sekolah Di Era Globalisasi
The Manifestation of Pancasila Values in Building the Character of a Superior Generation in the School Environment in the Globalization Era
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan bagaimana manifestasi nilai-nilai Pancasila dapat diimplementasikan dalam membangun karakter generasi unggul pada lingkungan sekolah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di era globalisasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka dari sumber- sumber yang dapat di percaya. Hasil penelitian menjabarkan bahwa mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan melalui pembelajaran dalam dunia pendidikan serta dalam dunia pendidikan dapat disisipkan pada setiap mata pelajaran, lingkungan sekolah yang mendukung, dan mencontohkan perilaku yang baik. Nilai-nilai pancasila dapat diajarkan mengenai nilai-nilai kehidupan yang harus dilaksanakan sesuai Pancasila seperti hidup gotong-royong, toleransi, rukun, dan musyawarah. Beragam permasalahan karakter seperti tawuran antar pelajar, kekerasan dan pembunuhan, minum-minuman keras, dan narkoba yang terjadi pada anak menjadi garis besar bahwa nilai karakter sangat penting. Diharapkan dengan adanya pengimplementasian nilai ini, generasi muda mampu memiliki karakter yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila sehingga tidak menghilangkan jati diri bangsa Indonesia.
This study aims to describe how the manifestation of Pancasila values can be implemented in building the character of the superior generation in the school environment in the life of the nation and state in the era of globalization. The research method uses a qualitative approach with a literature study method from sources that can be trusted. The results of the study describe that implementing Pancasila values can be applied through learning in the world of education and in the world of education it can be inserted in every subject, a supportive school environment, and an example of good behavior. Pancasila values can be taught about the values of life that must be carried out in accordance with Pancasila such as mutual cooperation, tolerance, harmony, and deliberation. Various character problems such as brawls between students, violence and murder, drinking, and drugs that occur in children are an outline that character values are very important. It is hoped that with the implementation of these values, the younger generation will be able to have good character and in accordance with the noble values of Pancasila so that it does not eliminate the identity of the Indonesian nation.
References
Budhiman, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Corey. Gerald. tanpa tahun. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Terjemahan oleh Koswara. (2013). Bandung: PT Refika Aditama
Eva Imania Eliasa. (2008). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Karakter Siswa. Universitas Negeri Yogyakarta, 1–12.
Fitriani, R., & Dewi, D. A. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Tengah Arus Globalisasi Abstrak. 3(2), 514–522.
Firdaus, F. (2016). Eksistensi Pendidikan Dalam Membangun Moralitas Bangsa. Ash- Shahabah, 2(1), 30-38.
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2).
Kaelan. (2001). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma Yogyakarta.
Kaelan. (2012). Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa Dan Bernegara. Paradigma.
Laksana, S. D. (2016). Urgensi pendidikan karakter bangsa di sekolah. MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman, 5(2), 167-184.
Lasiyo, Soeprapto, S., & Wikandaru, R. (2019). Ruang Lingkup Pendidikan Pancasila. Universitas Terbuka, 1–43.
Natasha, H. (2012). Revitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Upaya Membangun Karakter Bangsa. An Nida', 37(1), 89-94.
Nurika, R. R. 2017. Peran Globalisasi di Balik Munculnya Tantangan Baru Bagi Diplomasi di Era Kontemporer. Jurnal Sosial Politik, 3(1), hlm 127.
M., Fatimah, S., & Dewi, D. A. (2021). Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter. 1(5), 1–7.
Riswanto, D. (2019). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dan Kebangsaan Kepada Peserta Didik Pada Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 13. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.903
Sati, A. L., Marhamah, M., Nurhot, N., & Dewi, U. (2021). Representasi Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbudaya. Jurnal Syntax Fusion, 1(2), 1-11
Suharno, S. (2020). Urgensi Revitalisasi Pancasila dalam Membangun Karakter Kebangsaan. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(1), 23-33
Yalida, A. (2019). Pendiidikan Karakter Yang Berbasis Pada Nilai-Nilai Pancasiladi Kelas Iv Sdn No. 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 88, 23–32. http://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/ilmi/article/view/262