Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kualifikasi Akademik Guru terhadap Etos Kerja yang Berdampak pada Kinerja Guru

The Effect of Principal Transformational Leadership and Teacher Academic Qualifications on Work Ethics that Impact Teacher Performance

  • Novtri Mariatie Universitas Pelita Bangsa
  • Sarwo Edy Universitas Pelita Bangsa
  • Fitri Rezeki Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kualifikasi Akademik Guru, Etos Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah memberikan perubahan dan pembaharuan yang produktif dalam rangka meningkatkan kinerja guru. Kualifikasi akademik guru merupakan standar pendidikan yang harus dimiliki oleh seorang guru sebagai tenaga pendidik sehingga proses pembelajaran dapat bekerja dengan optimal. Dengan etos kerja yang dimiliki maka seorang guru akan terus memberdayakan kemampuannya dan mengembangkan dirinya secara maksimal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pendidik. Populasi dalam penelitian adalah guru PAUD di Kecamatan Cikarang Pusat dengan responden 53 guru. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kualifikasi akademik guru memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Etos kerja memediasi hubungan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kualifikasi akademik guru terhadap kinerja guru.

The principal's transformational leadership style provides productive changes and updates in order to improve teacher performance. Teacher academic qualifications are educational standards that must be possessed by a teacher as an educator so that the learning process can work optimally. With a work ethic that is owned, a teacher will continue to empower his abilities and develop himself optimally in carrying out his duties and responsibilities as an educator. The population in the study were PAUD teachers in Central Cikarang District with 53 teachers as respondents. The data analysis method uses Partial Least Square (PLS) with Smart PLS 3.0 software. The results of the study stated that the principal's transformational leadership style and teacher's academic qualifications had a positive and significant relationship to teacher performance. Work ethic mediates the relationship between the principal's transformational leadership style and teacher's academic qualifications on teacher performance.

References

Akbar, L., & Imaniyati, N. (2019). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18012
Aprinita, Aswandi, & Miranda, D. (2021). Pengaruh Kualifikasi Akademik terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Pontianak Selatan. Scientific Journals, 10(9).
Azam, J., Suryapermana, N., & Rodani. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Etos Kerja Guru. Junal Online UIN SMH Banten, 46–53.
Aziizah, D. R., Wirawan, W., & Thalib, S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru dengan Kepuasan Kerja sebagai variabel intervening (Studi Pada SMA Negeri Ter-Akreditasi A Di Kota Depok). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Endang, M., & Qomariah, N. (2020). The Effect of Education, Training and Competency on Teacher Performance. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 9(10), 14–20. https://doi.org/10.35629/8028-0910031420
Fadhilah, M. L. Z., Suryadi, & Abubakar. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Etos Kerja Guru dan Staf. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 206–224.
Fairy, S. N. P. O., Yudana, I. M., & Divayana, D. G. H. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPK 1 Harapan Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 125–131. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2799
Giantoro, H. M., Haryadi, H., & Purnomo, R. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(2). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1290
Hastuti, P., Soegito, S., & Roshayanti, F. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Etos Kerja Guru SMP Negeri di Sub Rayon 02 Kota Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 6(1), 31–46. https://doi.org/10.26877/jmp.v6i1.1987
Herry, Lian, B., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komitmen Guru terhadap Kinerja Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 2614–3097. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.630
Isnaneni, D. P. (2020). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru PNS SD Negeri. KREATIF : Jurnal Ilmiah, 8(2), 15–28.
Kartini, K., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 290–294.
Lukman, Lian, B., & Puspitasari, A. (2020). The Influence of Principal’s Leadership and Work Motivation toward Teacher’s Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 22(1), 376–379.
Mahyuddin, N., & Yanti, S. (2018). Kinerja Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Latar Belakang Pendidikan. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(2).
Mariatie, N., & Hasanah, S. (2021). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Etos Kerja serta Implikasinya terhadap Kinerja. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 2(02), 191–202. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v2i02.220.
Mulyanto, H. & Wulandari, A. 2019. Penelitian: Metode dan Analisis. Semarang: CV. Agung.
Nusa, P. R., & Irawan, E. (2020). Dampak Sertifikasi dan Pendidikan Terakhir terhadap Kinerja Guru di Kabupaten Ponorogo. WISDOM: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 01(01), 27–40.
Rifa’i, A. A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Indonesian Journal of Education Management & …, 4(1). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/4379
Royani, I., Fitria, H., & Rohana. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala PAUD dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 36–45.
Segantara, I. G. M., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. K. A. (2018). Studi Korelasi antara Motivasi Kerja, Kompetensi Profesional Guru, dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927
Suhada, M. M. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Mi Islamiyah Wareng, Butuh, Purworejo, Jawa Tengah. IBTIDA- Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(1), 67–89. https://doi.org/10.33507/ibtida.v1i1.194
Suyitno. (2021). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah, Penerapan Disiplin dan Pengawasan Terhadap Etos Kerja. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 728–737.
Verawati Wote, A. Y., & Patalatu, J. S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 465. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21782
Wang, L., Dang, R., Bai, Y., Zhang, S., Liu, B., Zheng, L., & Yang, N. (2020). Teacher qualifications and development outcomes of preschool children in rural China. Early Childhood Research Quarterly, 53, 355–369. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.05.015
Windasari, W., Roesminingsih, E., & Trhantoyo, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. 1, 99–110.
Published
2022-06-30
How to Cite
Mariatie, N., Edy, S., & Rezeki, F. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kualifikasi Akademik Guru terhadap Etos Kerja yang Berdampak pada Kinerja Guru: The Effect of Principal Transformational Leadership and Teacher Academic Qualifications on Work Ethics that Impact Teacher Performance. JURNAL EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 2(2), 17-27. Retrieved from https://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/emas/article/view/629
Abstract viewed = 319 times
pdf indonesia downloaded = 268 times