Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian “Myroti”

The Influence of Product Quality, Promotion, and Price on "Myroti" Purchasing Decisions

  • Linda Puspita Sari Universitas Pelita Bangsa
  • Wira Kuswara Universitas Pelita Bangsa
  • Melati Desi Universitas Pelita Bangsa
  • Selvy Trisya Hardianti Universitas Pelita Bangsa
  • Muhammad Sapruwan Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Kualitas Produk, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Perkembangan industri makanan sedang berkembang pesat. Pada dasarnya perusahaan didirikan tujuannya untuk mencari laba dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Dalam memasarkan produknya setiap perusahaan memerlukan strategi  pemasaran yang  tepat  untuk  mencapai tujuan  tersebut.  Faktor-faktor  penting  yang  harus  diperhatikan adalah : produk, harga, promosi dan distribusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi, harga terhadap keputusan pembelian. Responden penelitian adalah 100 orang konsumen “Myroti” di Kabupaten Bekasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, yang diolah menggunakan software SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Roti merupakan salah satu bahan makanan tidak tahan lama yang lebih sensitif terhadap harga dan kualitas daripada promosi, sehingga promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.

The development of the food industry is growing rapidly. Basically the company was founded with the aim of making a profit and maintaining the company's survival. In marketing its products, every company requires the right marketing strategy to achieve these goals. Important factors that must be considered are: product, price, promotion and distribution. The purpose of this study was to determine the effect of product quality, promotion, price on purchasing decisions. The research respondents were 100 "Myroti" consumers in Bekasi Regency. The data analysis method used is multiple linear regression analysis, which is processed using SPSS 25.0 software. The results showed that product quality and price had an effect on purchasing decisions, while promotions had no effect on purchasing decisions. Bread is one of the non-durable food ingredients that is more sensitive to price and quality than promotion, so that promotion has no effect on consumer purchasing decisions.

 

References

Garib, W. Bin, Joyce, S. L. H. V. L., & Mananeke, L. (2019). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Pt. Hasjrat Abadi Sentral Yamaha Malalayang. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 901–910.
Hafid Usman, K. R. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian pada toko online Lazada di Cikarang Selatan. Ilmiah Manajemen Pemasaran, 53(9), 3. https://ecampus.pelitabangsa.ac.id/pb/AmbilLampiran?ref=25031&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain
Harahap, D. A., Hurriyati, R., Gaffar, V., Wibowo, L. A., & Amanah, D. (2017). Pengaruh Reputasi Universitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Studi di Universitas Islam Sumatera Utara. Prosiding Seminar Nasional & Konferensi Forum Manajemen Indonesia (FMI 9), Semarang, 9, 1–12. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/8ZG6N
Mulyanto, H., Wulandari, A., 2019, Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV.Agung
Romla, S., & Ratnawati, A. (2018). Keputusan Pembelian E-Commerce Melalui Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi Dan Kualitas Interaksi Layanan Web. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 59. https://doi.org/10.30659/ekobis.19.1.59-70
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271
Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado (The Influence Of Location, Promotion And Price Perception To Consumer Purchase On Kawanua Emerald City Manado Housing). Jurnal EMBA, 7(1), 881–890. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/22916
Sholihat, A. (2018). Bab 2 Teori Keputusan Pembelian Dan Indikator Def Operasional. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(1), 1–15. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/34362/32290
Published
2022-12-25
How to Cite
Sari, L. P., Kuswara, W., Desi, M., Hardianti, S. T., & Sapruwan, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian “Myroti”: The Influence of Product Quality, Promotion, and Price on "Myroti" Purchasing Decisions. JURNAL EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 3(1), 1-6. Retrieved from https://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/emas/article/view/640
Abstract viewed = 448 times
pdf indonesia downloaded = 593 times