Pengaruh Promosi, Lokasi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Orang Tua Murid Memilih SMP Presiden Jababeka yang Dimediasi oleh Minat Beli
The Influence of Promotion, Location and Service on Parents' Decision to Choose Middle School President Jababeka Mediated by Purchase Intentions
Abstract
Dewasa ini persaingan di dunia pendidikan semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan setiap sekolah harus memberikan pelayanan prima. Sekolah harus memperhatikan kegiatan promosi, lokasi, dan kualitas layanan untuk menarik calon orang tua murid untuk menyekolahkan anaknya di SMP Presiden. Penelitian ini menguji pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan orang tua murid menyekolahkan anak mereka di SMP Presiden Jababeka. Untuk itu, sampel sebanyak 62 orang tua murid yang dipilih melalui teknik judgment sampling. Metode analisis data menggunakan struktural equation model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi dan pelayanan tidak berpengaruh terhadap minat orang tua murid memilih SMP Presiden Jababeka, sedangkan promosi berpengaruh positif terhadap minat orang tua murid memilih SMP Presiden Jababeka. Temuan penelitian ini menyarankan agar SMP Presiden Jababeka memperhatikan promosi melalui pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan jumlah siswa dan siswi di SMP Presiden Jababeka.
Today the competition in the world of education is getting tougher. To win the competition, every school must provide excellent service. Schools must pay attention to promotional activities, location, and service quality to attract prospective parents to send their children to the President Middle School. This study examines the effect of promotion, location, and quality of service on parents' decisions to send their children to the President Jababeka Middle School. For this reason, a sample of 116 parents of students were selected through a judgment sampling technique. The data analysis method uses a structural equation model. The results showed that location and service had no effect on parents' interest in choosing President Jababeka Middle School, while promotion had a positive effect on parents' interest in choosing President Jababeka Middle School. The findings of this study suggest that President Jababeka Middle School pay attention to promotion through the use of social media to increase the number of students at President Jababeka Middle School.
References
Ghozali, I., 2013. Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Semarang: YOGA PRATAMA.
Ghozali, I., 2014. Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Universitas Diponegoro.
Mulyanto, H., Wulandari, A. 2010. Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV.Agung.
Rismaya, T., Muslim, U. B. & Shiddieqy, H. A., 2021. Analisis Mengenai Pengaruh Promosi, Kepercayaan, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli pada E-Commerce Ditinjau Dari Sudut Pandang Syariah (Studi pada Pengguna Shopee). Sahid Business Journal: Jurnal Penelitian Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), pp. 49-60.
Ritanto, M. H. N., 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh Variabel Minat Beli pada Studi Perbandingan Goro Assalam dan Hypermart, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Salsyabila, S. R., Pradipta, A. R. & Kusnanto, D., 2021. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Pada Marketplace Shopee. Jurnal Manajemen, 13(1), pp. 37-46.
Setiawan, R., 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Aprilia Bakery. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), pp. 59-65.
Sunyoto, Danang. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Center for Academic Publishing Service (CAPS).
Tania, A. E., Hermawan, H. & Izzuddin, A., 2022. Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(1), pp. 75-84.
Tyagita, B. (2016). Strategi Pemasaran Sekolah Menengah Atas Swasta Berasrama Di Kabupaten Semarang 1. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 67-79.