Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Program Studi Manajemen Universitas Pelita Bangsa
Analysis of Student Satisfaction on Lecturers Performance in Management Study Program Pelita Bangsa University
Abstract
Perkembangan Pendidikan Perguruan Tinggi saat ini sangat luar biasa pesat, apalagi kebutuhan akan pendidikan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa, maka wajib hukumnya bagi semua Perguruan Tinggi untuk benar-benar memperhatikan kualitas Dosen yang akan memberikan pelayanan yang maksimal kepada mahasiswa. Dalam penelitian ini, kinerja Dosen seperti apa yang berdampak pada tingkat kepuasan mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Pelita Bangsa. Penelitian ini tergolong di dalam jenis kuantitatif, sehingga pembahasan yang dilakukan adalah Data yang diperoleh dari penelitian yang merupakan hasil analisis SPSS 25.0, observasi, wawancara, dan kuesioner. Jenis sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dari penelitian didapatkan hasil yaitu Berdasarkan data SPSS 25.0 dapat kita simpulkan bahwa mahasiswa yang merasa puas akan kinerja dosen manajemen dengan skor tertinggi yaitu Empathy dengan total 30% dan terendah tangible dengan 12,2%. Kemudian di kategori cukup puas nilai tertinggi yaitu masih Empathy dengan 31,1% dan terendah sebesar 11,1% yaitu responsiveness. Kategori tidak puas dengan 2 dari 5 indikator yaitu Tangible 64,4% dan Responsiveness 35,6%.
The development of higher education today is extremely rapid, moreover the need for education is utgently needed by student, so it is obligatory for all tertiary institutions to really pay attention to the quality of lecturers who will provide maximum service to student. In this study , what kind of lectururers who will provide maximum service to student. In this study, what kind of lecturer performance has an impact on the level of student satisfaction in the Management Study Program at Pelita Bangsa University. This research is classified as a quantitative type, so trhe discussion carried out is data obtained from research which is the result of SPSS 25.0 analysis, observations, interviews, and questionnaires. The type of sample used is purposive sampling. From the research, the results were obtained, namely based on SPSS 25.0 data, we can conclude of management lectures with the highest score, namely Tangible 64.4% and Responsiveness 35.6%.
References
Hasyim Wachid. (n.d.). Motivasi, Disiplin Dan Kepuasan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Wachid Hasyim.
Murti, R. W., & Prasetio, A. P. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 94–102. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12950
Nurul Izna Azkya, Yunita Ramadhani Ratnaningsih DS, & Edy Saptono. (2022). Membangun Loyalitas Pelanggan Kopi Melalui Citra Merek dan Kualitas Produk Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pelita Ilmu, 01(ISSN 2962-147X).
Rahayu, M. S., & Rushadiyati, R. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan SMK Kartini. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 11(2), 136–145. https://doi.org/10.52643/jam.v11i2.1880
Sukmanasa, E., Novita, L., & Siti, F. (2017). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 91–99. https://doi.org/10.33751/pedagog.v1i2.390
Widawati, E., & Siswohadi. (2020). Analisis Tentang Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Dan Pelayanan Administrasi. Jurnal Mitra Manajemen, 4(10), 1500–1513. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i10.478
Zuliawati Zed, E., Ramadhani Ratnaningsih, Y., Kunci, K., Produk, K., Pelayanan, K., & Penjualan dan Kepuasan Konsumen, P. (2020a). JAKARTA (Effect Of Product Quality, Service Quality, And Customer Satisfaction Promotion Sales Marcks Venus Lp Dinamic at PT. In Kimia Farma Apotek (KFA) (Vol. 01, Issue 02).