Pengaruh Efikasi Diri dan Berbagi Pengetahuan Terhadap Manajemen Pembelajaran dan Dampaknya pada Kinerja

The Effect of Self-Efficacy and Knowledge Sharing on Learning Management and Their Impact on Performance

  • Iman Nugraha Setiady Universitas Pelita Bangsa
  • Taufiq Rochman Universitas Pelita Bangsa
  • Sarwo Edy Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Manajemen Pembelajaran, Efikasi Diri, Berbagi Pengetahuan, Kinerja guru

Abstract

Guru dituntut untuk memiliki kinerja yang baik dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, merencanakan pembelajaran dengan baik, mengembangkan keterampilan dan kompetensi yang dimiliki, bertindak objektif, menaati peraturan yang ada pada satuan pendidikan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, merupakan tugas guru, Kinerja guru sangat penting dalam suatu proses pembelajaran yang dilakukan oleh suatu satuan pendidikan, baik pendidikan dasar, menengah ataupun atas, untuk mencapai tujuan pendidikan Nasional. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh manajemen pembelajaran sebagai mediasi efikasi diri, berbagi pengetahuan terhadap kinerja guru. Objek penelitian adalah guru SMK/SMA di Kabupaten Bekasi. Sampel penelitian sebanyak 100 guru sebagai responden yang mengisi kuesioner. Analisis menggunakan model perbandingan struktural (SEM) dengan program perangkat lunak Smart PLS v.3. Hasilnya menunjukan efikasi diri berpengaruh positif terhadap manajemen pembelajaran, berbagi pengetahuan berpengaruh positif terhadap manajemen pembelajaran, serta manajemen pembelajaran memediasi berbagi pengetahuan dan efikasi diri terhadap kinerja.

Teachers are required to have good performance in carrying out their duties and obligations, plan learning well, develop skills and competencies possessed, act objectively, obey existing regulations in the education unit, maintain national unity and integrity, are the teacher's duties, teacher performance is very important in a learning process carried out by an educational unit, whether primary, secondary or higher education, to achieve the goals of national education. This study aims to determine the effect of learning management as a mediation of self-efficacy, knowledge sharing on teacher performance. The object of the research is the teacher of SMK/SMA in Bekasi Regency. The research sample was 100 teachers as respondents who filled out the questionnaire. The analysis uses a structural comparison model (SEM) with the Smart PLS v.3 software program. The results show that self-efficacy has a positive effect on learning management, knowledge sharing has a positive effect on learning management, and learning management mediates knowledge sharing and self- efficacy on performance.

References

Afidah, M. (2017). Pengaruh Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Baru Sma Nu 1 Model Di Pondok Pesantren Tanwirul Qulub Sungelebak, Karanggeneng Lamongan. In Ekp (Vol. 13, Issue 3). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.
Asbari, M., & Novitasari, D. (2020). Pengaruh Aktivitas Berbagi Pengetahuan dan Mediasi Budaya terhadap Kemampuan Inovasi Guru. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 324–334. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/articl e/view/15253
Bandura, A., Freeman, W. H., & Lightsey, R. (1999). Self-Efficacy: The Exercise of Control. In Journal of Cognitive Psychotherapy (Vol. 13, Issue 2, pp. 158–166). https://doi.org/10.1891/0889-8391.13.2.158
Chalifa, N., & Nugrohoseno, D. (2018). Pengaruh Berbagi Pengetahuan terhadap Kinerja Karyawan melalui Kerja Tim. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 1.https://doi.org/10.26740/bisma.v7n1.p1-8
Christifora Rahawarin, S. A. (2015). Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124–133.
Derviş, B. (2013). Hubungan Antara Kemampuan Empati Dan Efikasi Diri Pada Guru Di Sman 03 Kopah Kecamatan Kuantan Tengah Kabu Paten Kuantan Singingi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Dwi, A., Putri, K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru. 2(2), 202–211.
Firmaiansyah, D. (2014). Danang Firmaiansyah; Pengaruh Berbagi Pengetahuan …. 2(Andrawina 2008).
Hidayat, A. (2018a). Partial Least Square (PLS), Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara. Www.Statistikian.Com. https://www.statistikian.com/2018/08/pengerti an-partial-least-square-pls.html
Hidayat, A. (2018b). PLS SEM: Pengukuran Kecocokan Model (Inner dan Outer). Www.Statistikian.Com. www.statistikian.com/2018/08/pls-sem- pengukuran-kecocokan-model-inner-dan-outer.html
Hidayatullah, R. (2018). faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru ips smp dan mts di kecamatan marioriwawo factors that influence the performance of ips.
Irianto, J. S., & Sudibjo, N. (2019). Knowledge sharing behavior guru ditinjau dari transformational leadership dan self-efficacy [teachers’ knowledge sharing behavior from transformational leadership and self-efficacy’s perspective]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(2), 255. https://doi.org/10.19166/pji.v15i2.1720
Khoyrudin, M., Komariah, N., & Rizal, E. (2020). Kegiatan Berbagi Pengetahuan Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Di Smkn 4 Bandung. Jurnal Pustaka Budaya, 7(1), 33–40. https://doi.org/10.31849/pb.v7i1.3594
Kusuma, A. B. (2017). Deskripsi Kesalahan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Ditinjau Dari Tingkat Rasa Percaya Diri Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 106–116.
Luszczynska, A., Scholz, U., & Schwarzer, R. (2005). The general self-efficacy scale: Multicultural validation studies. Journal of Psychology: Interdisciplinary and Applied, 139(5), 439–457. https://doi.org/10.3200/JRLP.139.5.439-457
Mahmudi, M. H., & Suroso, S. (2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183–194. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.382
Mutia, C., Harun, C. Z., & Usman, N. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar. 4(1), 23–31.
Mulyanto, H; Wulandari, A. 2010, Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV.Agung
Nugroho, K. U. Z. (2017). Pengaruh penerapan e- evaluation dalam pembelajaran terhadap kinerja guru matematika sma kota bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 151–154.
Pakpahan, E. S. (2014). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(1), 116–121.
Prasetia, A. Y., & Oktavian, A. R. (2021). Pengaruh Pelatihan dan Berbagi Pengetahuan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Pengetahuan Manajemen Pendahuluan. 1(1), 69–78.
Raharso, S., & Tjahjawati, S. S. (2014). Perilaku Berbagi Pengetahuan ( Knowledge Sharing ) Karyawan Minimarket Knowledge Sharing Behavior Among. Sigma-Mu, 6(2), 43–64.
Rustika, I. made. (2012). Efikasi Diri : Tinjauan Teori Albert Bandura. 20(1), 18–25.
Safitri, D. (2016). Berbagi Pengetahuan Sebagai Alternatif Penciptaan Pengetahuan Untuk Staf Pengajar Vokasi Ui. Jurnal Vokasi Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.7454/jvi.v1i2.15
Setiady, I. N., Al Mujahidin, M., Ismamudi, Hermawan, E., Khoirun Nisa, L., & Damayanti, I. (2021). Perilaku Berbagi Pengetahuan: Pemediasi Dukungan Pimpinan, Pelatihan dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Guru. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(1), 57– 68. https://doi.org/10.37366/master.v1i1.147
Sjamsuri, A., & Muliyani, N. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kinerja Guru Di SMA PGRI 3 Jakarta. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 1–6.
Wirentanus, W. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 melalui Pendampingan Berbasis KKG di SDN Dondak Kec. Pujut Tahun pelajaran 2018/2019”. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i1.1021
Yuniati, S., & Prayoga, S. (2019). Pengaruh Manajemen Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 133. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1811
Published
2021-12-31
How to Cite
Setiady, I. N., Rochman, T., & Edy, S. (2021). Pengaruh Efikasi Diri dan Berbagi Pengetahuan Terhadap Manajemen Pembelajaran dan Dampaknya pada Kinerja: The Effect of Self-Efficacy and Knowledge Sharing on Learning Management and Their Impact on Performance. JURNAL EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 2(1), 8-16. Retrieved from https://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/emas/article/view/643
Abstract viewed = 249 times
pdf indonesia downloaded = 200 times