Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Perumahan Grand Wisata (Studi Pada Perusahaan PT. Sinar Mas)

Marketing Strategy Analysis to Increase Sales Volume of Grand Wisata Housing (Study at PT. Sinar Mas Company)

  • Siti Khodijah Universitas Pelita Bangsa
  • Dea Nursifa Universitas Pelita Bangsa
  • Dimas Hamiarso Aji Sampurno Universitas Pelita Bangsa
  • Kevin Andrean Universitas Pelita Bangsa
  • Ahmad Mardhotillah Universitas Pelita Bangsa
  • Muhammad Sapruwan Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Strategi Pemasaran, volume penjualan, penjualan properti

Abstract

Kabupaten Bekasi merupakan kota urban dengan pertumbuhan penduduk rata-rata 3%. Hal ini membuka peluang bagi industri properti. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis minat beli masyarakat terhadap properti di selatan kota Bekasi Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisa Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Properti Pada Perumahan Grand Wisata Bekasi. Penelitian ini diperoleh dari beberapa observasi dan wawancara dengan pihak terkait, jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan memilih beberapa narasumber. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu informan yang bersumber dari pengamatan langsung ke lokasi penelitian dengan cara observasi dan wawancara, dan sumber data sekunder yaitu sumber data yang diperoleh dari dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Perumahan Grand Wisata Bekasi sudah cukup namun masih perlu konsistensi dalam promosi serta penambahan kualitas produk sehingga dapat menarik minat pembeli dan memperluas target pemasaran.

Bekasi Regency is an urban city with an average population growth of 3%. This opens up opportunities for the property industry. Therefore, this research was conducted to analyze people's buying interest in properties in the southern city of Bekasi. This study aims to analyze marketing strategies to increase property sales volume in Grand Wisata Bekasi housing. This research was obtained from several observations and interviews with related parties. This type of research is qualitative descriptive by selecting several sources. The data sources used are primary data sources, namely informants who come from direct observation at the research location by means of observation and interviews, and secondary data sources, namely data sources obtained from documentation. The results of this study indicate that the marketing strategy implemented by Grand Wisata Bekasi Housing is sufficient, but it still needs consistency in promotion and the addition of product quality so that it can attract buyers and expand marketing target.

 

References

Amalia, A. 2016. Perencanaan strategi pemasaran dengan pendekatan bauran pemasaran dan swot pada perusahaan popsy tubby. Jurnal manajemen dan start-up bisnis. (online) vol. 1, no. 3 (httpsjournal.uc.ac.idindex.phpperformaarticle172158/diakses pada 20 mei 2019).
Ardiyanti, fitrah. Konsep strategi. (online, di akses pada 27 mei 2019).
Assuari, sofjan. 2013. Manajemen pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta Erlangga, Jakarta.
Buchari Alma. 2014. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta: Bandung.
Lesmana, R. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Perumahan di Green River City Bekasi Study Kasus di PT. Artha Bangun Pratama. (online), diakses 20 Mei 2019)
Manik, C. D. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap tingkat Penjualan. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang. (online) Vol. 3, No.1. (diakses 20 Mei 2019)
Rahmawati, R. 2013. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap peningkatan Penjualan. (Online), Vol. 2, No. 2, diakses 12 April 2019) Rafitas, A.B. 2014. Kiat sukses bisnis Broker Properti. PT. Bumi Aksara: Jakarta. Rangkuti, Fredy. 2009. Strategi promosi yang kreatif. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Setiawan, I. P., Manggabarani, A. S., dan Ilyas, J. B. 2018. Analisis Strategi Pemasaran Produk Asuransi Jiwa Pada Industri Berbasis Syariah pada Industri Jasa Asuransi di Kota Makassar.Jurnal of Manajemen (Online) Vol. 1, No. 3 (diakses pada 20 Mei 2019)
Published
2022-12-30
How to Cite
Khodijah, S., Nursifa, D., Sampurno, D. H. A., Andrean, K., Mardhotillah, A., & Sapruwan, M. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Perumahan Grand Wisata (Studi Pada Perusahaan PT. Sinar Mas): Marketing Strategy Analysis to Increase Sales Volume of Grand Wisata Housing (Study at PT. Sinar Mas Company). JURNAL EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 3(1), 29-35. Retrieved from https://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/emas/article/view/652
Abstract viewed = 445 times
pdf indonesia downloaded = 909 times