Analisis Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Penjualan Furniture Pada Finture.id
Marketing Strategy Analysis to Increase Furniture Sales at Finture.id
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi usaha finture.id. Usaha Finture.id merupakan perusahaan furniture yang ada di Jakarta Utara dan berdiri sejak tahun 2020. Finture.id memproduksi berbagai macam custom furniture seperti kursi, meja, pintu, lemari, jendela, dan lain sebagainya untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan customer. Seiring dengan memenuhi permintaan customer yang bervariasi, kini Finture.id mulai merambat pada bidang interior design, arsitektur dan kontraktor untuk pengerjaan apartemen, rumah dan kafe. Ketika menjalankan suatu usaha pasti memiliki tujuan agar terus mampu berkembang dan bersaing dengan kompetitornya sehingga penjualan perbulannya dapat meningkat yang sebelumya. Usaha tersebut perlu melakukan pengembangan usaha dengan merumuskan suatu formulasi strategi. metode penelitian ini dengan menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif berupa perhitungan analisis yang berhubungan dengan SWOT serta didukung oleh konsep analisis SWOT yang berupa matriks IFAS dan EFAS untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan matriks IFAS, EFAS dan pendekatan Matriks SWOT, menunjukan bahwa Finture.id berada pada kuadran I, yang memiliki kondisi internal (kekuatan) dan eksternal (peluang) yang kuat, sehingga finture.id berfokus pada strategi “SO”.
The purpose of this research is to determine the right marketing strategy for finture.id businesses. Finture.id business is a furniture company in North Jakarta and was founded in 2020. Finture.id produces various kinds of custom furniture such as chairs, tables, doors, cabinets, windows, and so on to meet customer wants and needs. Along with fulfilling various customer requests, Finture.id is now starting to expand in the fields of interior design, architecture and contractors for the construction of apartments, houses and cafes. When running a business, you must have a goal to continue to be able to grow and compete with competitors so that monthly sales can increase from before. The business needs to carry out business development by formulating a strategy formulation. This research method uses qualitative and quantitative descriptive in the form of analytical calculations related to SWOT and is supported by the concept of SWOT analysis in the form of an IFAS and EFAS matrix to identify strengths, weaknesses, opportunities and threats. Based on the results of the analysis using the IFAS matrix, EFAS and the SWOT Matrix approach, it shows that Finture.id is in quadrant I, which has strong internal (strength) and external (opportunity) conditions, so finture.id focuses on the "SO" strategy.
References
Juwita, A. (2019). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran pada Usaha Furniture di Some Renders Madiun. Thesis, 1–100.
Peluang Pasar_ Furniture – UKM Indonesia. (n.d.).
Pemasaran Pada Raja, S., Bengkulu, M., Sekolah, A., Ilmu, T., & Bengkulu, A. (2021). Marketing Strategy on Raja Meubel Bengkulu. Jurnal Emba Review, 1(2), 1. https://doi.org/10.53697/emba.v1i2