Pengaruh Keamanan Bertransaksi, Kemudahan Transaksi dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia

The Effect of Transaction Security, Ease of Transactions and Brand Image on Consumer Purchase Interest in Tokopedia E-Commerce

  • Triyanti Listiani Universitas Pelita Bangsa
  • Anna Wulandari Universitas Pelita Bangsa
Keywords: e-commerce, keamanan bertransaksi, kemudahan transaksi, citra merek, minat beli

Abstract

Seiring dengan perubahan zaman, perkembangan teknologi dan informasi juga terus berkembang dan semakin canggih. Salah satu perubahan yang paling pesat dan mudah adalah perkembangan teknologi mobile seperti smartphone. Dengan perkembangan zaman yang dibantu oleh teknologi ini, gaya hidup manusia pun berangsur-angsur berubah dari awalnya melakukan segala sesuatu secara rumit dan tradisional mulai beralih ke sesuatu yang sederhana namun modern. Aktivitas berbelanja secara online sudah menjadi gaya hidup modern di seluruh dunia. Data penelitian diperoleh dari hasil kuisioner yang disebarkan kepada 101 responden yang menggunakan situs ¬e-commerce Tokopedia untuk berbelanja secara online. Structural Equation Modelling digunakan sebagai analisis dengan bantuan software Smart PLS versi 3.0. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keamanan bertransaksi, kemudahan transaksi dan citra merek berpengaruh secara positif terhadap minat beli konsumen pada e-commerce Tokopedia.

 

Along with changing times, the development of technology and information also continues to grow and become more sophisticated. One of the fastest and easiest changes is the development of mobile technology such as smartphones. With the development of this technology-assisted age, people's lifestyles have gradually changed from doing things in a complicated and traditional way, starting to switch to something simple but modern. Online shopping has become a modern lifestyle all over the world. The research data was obtained from the results of a questionnaire distributed to 101 respondents who used the Tokopedia e-commerce site to shop online. Structural Equation Modeling is used as an analysis with the help of Smart PLS software version 3.0. This study concludes that transaction security, ease of transaction and brand image have a positive effect on consumer buying interest in Tokopedia e-commerce

References

Adi Ahdiat, "databoks.katadata.co.id," 21 11 2022. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/21/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-ii-2022.
Sugiyanto,Mumuh mulyana, and Visa Ramadhan, " Pengaruh Keamanan Bertransaksi, Kemudahan Transaksi dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Beli Studi Kasus Pada Tokopedia, " Jurnal informatika kesatuan, vol. 1, no. 1, pp. 23-30, 2021.
E. Pakpahan and Idris, "Analisis Pengaruh Online Customer Review dan Citra Merek Terhadap Customer Trust dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Tokopedia di Kota Semarang)," Diponegoro Journal of Management, vol. 11, no. 6, pp. 1-13, 2022.
H. Mulyanto and A. Wulandari, Penelitian: Metode & Analisis, CV Agung Semarang; ISBN No. 978-979-704-990-4, 2019.
Maria Febriani Nonis. 2019. "Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Marketplace Shopee," Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.
Heru Mulyanto. (2010). Metode dan Analisis. Semarang : CV Agung.
Fachrizi Alwafi and Rizal Hari Magnadi, "Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaam Terhadap Toko Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.com," Diponegoro Journal of Management, vol. 5, no. 2, pp. 1-15, 2016.
Sheli Nada Triningsih and Ida Ayu Kade RK, "Analisis Pengaruh Ekuitas Merek, Persaingan, Kepercayaan Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Minat Beli Produk The Executive, " Jurnal Ekobis Dewantara, vol. 5, no. 3, September 2022.
Ende, Kusuma, "Peran Citra Merek, Persepsi Harga, Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Merek Xiaomi," SAINS: Jurnal Manajemen Bisnis, vol. IX, no. 2, Juni, 2017.
Published
2022-12-31
How to Cite
Listiani, T., & Wulandari, A. (2022). Pengaruh Keamanan Bertransaksi, Kemudahan Transaksi dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia: The Effect of Transaction Security, Ease of Transactions and Brand Image on Consumer Purchase Interest in Tokopedia E-Commerce. JURNAL EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 3(1), 50-58. Retrieved from https://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/emas/article/view/748
Abstract viewed = 2400 times
pdf indonesia downloaded = 1718 times