PENGARUHKUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA CIBITUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan kepuasan sebagai variabel intervening, kualitas pelayanan diukur dari 5 dimensi yaitu bukti fisik, keandalan, cepat tanggap, jaminan dan empati.
Data diperoleh dari dari data primer dan data skunder, data primer diperoleh dengan observasi langsung dari penyebaran kuisioner kepada wajib pajak dan data skunder diperoleh dari KPP Pratama Cibitung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat dekriptif dan teknik analisis datanya adalah regresi liner berganda, uji hipotesis secara simultan (uji F) dan parsial (Uji t)
Penelitian ini mengungkapkan kepuasan wajib pajak dapat memperkuat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak dan dapat diharapkan wajib pajak dapat memenuhi kewajiban perpajakannya dengan maksimal.
References
Indriantoro, Supomo, Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE, 2009.
Fitriandi, Primandita, YudaAryantodanAgusPujiPriyono, SusunanSatuNaskah: KompilasiUndang-UndangPerpajakanTerlengkap.Jakarta: SalembaEmpat, 2011.
Riduwan, Kuncoro, Cara Menggunakan Path Analysis: Analisis Jalur. Bandung: Alfabeta, 2014.
Muliari, Setiawan. “Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur (2010)
Supadmi. 2009 “Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan”. Jurnal Akuntansi; Universitas Udayana
Auditua. 2009 “Analisis Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Jatinegara”. (tesis) Jakarta; Universitas Indonesia
Novelia, Kiki Rizki. 2009 “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak : Suatu Studi Untuk Pajak Kendaraan Bermotor di Sistem Administrasi Manunggal Dibawah Satu Atap Kota Depok”.
Prabawa dan Noviari. 2009 “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sikap Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Bandung Utara”. Jurnal Akuntansi; Universitas Udayana
Setyaningrum, Dewi. 2008 “Evaluasi Kinerja Pelayanan Account Represtative Melalui Pengukuran Tingkat Kepuasan Wajib Pajak di KPP Madya Tangerang”. (Tesis); Universitas Indonesia
Ihsan. 2013 “Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Penyuluhan Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak Dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kota Padang”. (Jurnal) ;Univeritas Negeri Padang
Ibtida. 2010 “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kinerja Penerimaan Pajak Dengan Kepatuhan Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening ; Studi Pada Wajib Pajak Di Jakarta Selatan”.
Pratiwi, Setiawan. 2014 “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kondisi Keuangan Perusahaan Dan Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Reklame Di Dinas Pendapatan Kota Denpasar”. (Jurnal); Universitas Negeri Padang