Minat Penggunaan Aplikasi Akuntansi Menggunakan TRA Dan TAM Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Di Kabupaten Lampung Selatan

  • Inna Zahara Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Nurma Amalia Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: persepsi kegunaan, norma subjektif, sikap, aplikasi akuntansi, minat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan aplikasi akuntansi menggunakan TRA dan TAM pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian terdiri dari 70 responden yang telah mengoperasikan microsoft excel dan pernah mengetahui aplikasi akuntansi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukan persepsi kemudahan penggunaan tidak memiliki pengaruh terhadap persepsi kegunaan, persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan memiliki pengaruh positif terhadap sikap pengguna, norma subjektif dan sikap pengguna memiliki pengaruh positif terhadap minat penggunaan aplikasi akuntansi.

References

Altay, B. C., & Okumuş, A. (2022). User adoption of integrated mobility technologies: The case of multimodal trip-planning apps in Turkey. Research in Transportation Business and Management, 43(August 2021), 1–8.
Chaerni, A. (2018). Kajian penggunaan Software akuntansi dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM): Studi pada UMKM di Kota Malang. Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Chen, C. C., & Tsai, J. L. (2019). Determinants of behavioral intention to use the Personalized Location-based Mobile Tourism Application: An empirical study by integrating TAM with ISSM. Future Generation Computer Systems, 96, 628–638.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefuness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 1–23.
Deananda, A., Budiastuti, P., & Muid, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Minat Penggunaan Sistem Iinformasi Aakuntansi Berbasis E-Commerce Pada Aaplikasi Shopee Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Diponegoro Journal of Accounting, 9(4), 1–10.
Dwinastiti, B. G. (2021). Analisis Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi dari Perspektif Technology Acceptance Model. In Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (Issue February).
Firmansyah, A., Yuniar, M. R., & Arfiansyah, Z. (2022). Kualitas Laporan Keuangan Di Indonesia: Transparansi Informasi Keuangan Dan Karakateristik Pemerintah Daerah. Jurnal Anggaran Dan Keuangan Negara Indonesia (AKURASI), 4(2), 181–197.
Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. In Computers in Human Behavior (Vol. 72, pp. 189–199).
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). An Introduction to Structural Equation Modeling.
Kurniawan, D., E, P. H. S. S., Japarianto, E., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2013). Analisis Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model dan Theory Of Reasoned Action. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–13.
Mahendra, T. (2022). Minat Individu Terhadap Penggunaan Mobile Banking : Pendekatan Modified Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). 1–18.
Mahyarni, M. (2013). Theory Of Reasoned Action Dan Theory Of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), 13.
Oktapiani, R. (2017). Interpretasi Model Penerimaan Sistem Ujian Online Dengan Pendekatan Technologi Acceptance Model (TAM) Dan Theory Planned of Behavior (TPB) Di Smk Pasim Plus Kota. Swabumi, 5, 1–9.
Putranto, R. B. (2020). Implementasi Mobile Application Akuntansi UKM pada UMKM Sektor Industri Cokelat Olahan. Simposium Nasional Keuangan Negara.
Putri, N., & Suprapti, N. (2016). Aplikasi Model Tam Dalam Menjelaskan Niat Menggunakan Mobile Commerce Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(4), 251953.
Rastini, Ni Made Respati, N. N. R. (2021). Public Attitudes and Interests in Using Online Transactions (TAM Application And TRA Model). Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 8(1), 175–190.
Simkin, M. G., Rose, J. M., & Norman, C. S. (2012). Core Concepts of Accounting Information Systems 12th Edition. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. ALFABETA, 1(2), 1–7.
Sulistiyarini, S. (2016). Model Kombinasi Technology Acceptance Model (TAM) Dan Theory of Planned Behavior (TPB). 1–23.
Tyas, E. I., & Darma, E. S. (2017). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Enjoyment, dan Actual Usage Terhadap Penerimaan Teknologi Informasi: Studi Empiris Pada Karyawan Bagian Akuntansi dan Keuangan Baitul Maal Wa Tamwil Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 1(1), 25–35.
Tyas Utami Pangastuti, & Riza, A. F. (2023). Memprediksi Minat M-Banking Bank Syariah dengan Pendekatan TAM dan TPB: Studi Generasi Milenial di Bantul. Velocity: Journal of Sharia Finance and Banking, 3(1), 60–74.
Published
2024-07-27
How to Cite
Inna Zahara, & Amalia, N. (2024). Minat Penggunaan Aplikasi Akuntansi Menggunakan TRA Dan TAM Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, 9(01), 77-92. https://doi.org/10.37366/akubis.v9i01.1703
Abstract viewed = 217 times
pdf downloaded = 194 times