Peran Corporate Governance dalam Meningkatkan Nilai Perusahaan melalui Kualitas Laba dan Corporate Reputation

  • Robert Jao Universitas Atma Jaya Makassar
  • Kunradus Kampo Universitas Atma Jaya Makasar
  • Anthony Holly Universitas Atma Jaya Makasar
  • Ardi Tjiang Y. Suryady Universitas Atma Jaya Makasar
  • Andi Ruslan Universitas Atma Jaya Makasar
Keywords: corporate governance, kualitas laba, corporate reputation, nilai perusahaan

Abstract

Penerapan corporate governance terkait pengawasan membuat manajemen cenderung menghindari tindakan oportunistik yang dapat merugikan perusahaan. Manajemen akan mengelola operasional perusahaan sejalan dengan kepentingan prinsipal. Kualitas laba dan reputasi perusahaan yang baik dapat memberikan keyakinan kepada investor bahwa modal yang telah diinvestasikan akan menghasilkan kinerja keuangan yang baik. Harga saham akan naik sehingga meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan menginvestigasi peran corporate governance dalam meningkatkan nilai perusahaan melalui kualitas laba dan corporate reputation. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018-2020. Jumlah sampel sebanyak 49 perusahaan selama 3 tahun, yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Teknis analisis yang dipakai adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate governance memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laba dan corporate reputation. Hasil temuan penelitian ini juga menemukan bahwa corporate governance, kualitas laba, dan corporate reputation memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan, meskipun corporate governance terindikasi kurang kuat. Terakhir, penelitian ini menemukan bahwa kualitas laba dan corporate reputation memediasi hubungan antara corporate governance terhadap nilai perusahaan.

 

References

Abdelghany, K. E. M. (2005). Measuring the quality of earnings. Managerial Auditing Journal, 20(9), 1001–1015. https://doi.org/10.1108/02686900510625334

Balachandran, B., & Faff, R. (2015). Corporate Governance, Firm Value, and Risk: Past, Present, and Future. Pacific Basin Finance Journal, 35, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.pacfin.2015.07.002

Bellovary, J. L., Giacomino, D. E., & Akers, M. D. (2005). Earnings Quality: It’s Time to Measure and Report. The CPA Journal, 75(11).

Black, E. L., Carnes, T. A., & Richardson, V. J. (2000). The Market Valuation of Corporate Reputation. Corporate Reputation Review, 3(1), 31–42.

Chairunesia, W., Sutra, P. R., & Wahyudi, S. M. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Financial Distress Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Indonesia Yang Masuk Dalam Asean Corporate Governance Scorecard. Jurnal Profita, 11(2), 232. https://doi.org/10.22441/profita.2018.v11.02.006

Chong, M., & Halff, J. G. (2014). Start-up reputations In Asian markets. Singapore Management University, 76–79.

Dechow, P. M., & Dichev, I. D. (2001). The Quality of Accruals and Earnings: The Role of Accrual Estimation Errors. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.277231

Devine, I., & Halpern, P. (2001). Implicit Claims: The Role of Corporate Reputation in Value Creation. Corporate Reputation Review, 4(1), 42–49. https://doi.org/10.1057/palgrave.crr.1540131

Effendy, L., & Hudaya, R. (2017). Konsekuensi Manajemen Laba, Tata Kelola, dan Tanggung Jawab Sosial terhadap Reputasi Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 16(2), 51–66.

Erasputranto, R. A., & Hermawan, A. (2017). The Effect of Corporate Image on Company’s Stock Return. Simposium Nasional Akuntansi (SNA) 20.

Fathonah, A. N. (2016). PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(2), 133–150.

Fernández-Gámez, M. A., Gil-Corral, A. M., & Galán-Valdivieso, F. (2016). Corporate reputation and market value: Evidence with generalized regression neural networks. Expert Systems with Applications, 46, 69–76. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2015.10.028

Francis, J., LaFond, R., Olsson, P. M., & Schipper, K. (2004). Costs of equity and earnings attributes. Accounting Review, 79(4), 967–1010.

Gaio, C., & Raposo, C. (2011). Earnings quality and firm valuation: International evidence*. Accounting and Finance, 51(2), 467–499. https://doi.org/10.1111/j.1467-629X.2010.00362.x

Hidayat, T., Yahya, A., Hardiyanti, P., & Permatasari, M. D. (2022). Kebijakan Deviden dan Hutang Serta Keputusan Investasi Dalam Mempengaruhi Nilai Perusahaan ( The Influence Of Divident Policies , Debt Policies , and Investment Decicions on Company Value ) Abstrak. Ekomabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 3(01), 57–68.

Jao, R., Hamzah, D., Laba, A. R., & Mediaty, M. (2020). Financial Performance, Reputation, and Firm Value: Empirical Evidence of Non-financial Companies Listed in Indonesia Stock Exchange. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 10(1), 117–124. https://doi.org/10.6007/ijarafms/v10-i1/7007

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs, and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3(4), 305–360. https://doi.org/10.1016/0304-405X(76)90026-X

Jonathan, J., & Machdar, N. M. (2018). Pengaruh Kualitas Laba Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Reaksi Pasar Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 67–76. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.87

Junizar, J. (2015). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Hubungan Corporate Social Responsibility dengan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Magister Akuntansi, 4(1), 65–73.

Kapita, N. M. Y., & Suardana, K. A. (2018). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Pada Reputasi Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 24(2), 1190–1219.

Kawatu, F. S. (2009). Mekanisme Tata Kelola Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kualitas Laba Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 13(3), 405–417.

Kurniawati, L. D. (2015). Dampak Pengungkapan Sumber Daya Manusia terhadap Reputasi Perusahaan. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Limbunan, T. (2019). Pengaruh Managerial Ability, Growth Opportunity, Internalization terhadap Market Valuation dengan Corporate Reputation sebagai Variabel Mediasi. Atma Jaya Makassar University.

Mardi, M., Hermanto, H., & Widiastuty, E. (2019). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Melalui Corporate Social Responsibility (CSR). E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 26(2), 1518–1544. https://doi.org/10.1016/j.dib.2016.02.036

Mardiana, A., Ali, M., Harryanto, H., & Rura, Y. (2017). The Role of Asean Corporate Governance Scorecard in Financial Statement Fraud. Qualitative and Quantitative Research Review, 2(3), 13–33.

Naini, D. I., & Wahidahwati, W. (2014). Pengaruh Free Cash Flow dan Kepemilikan Institusional terhadap Kebijakan Hutang dan Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3(4), 1–17.

Nanang, A. P., & Tanusdjaja, H. (2019). Pengaruh Corporate Governance (CG) terhadap Kualitas Laba dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2017. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 267–288. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i2.2909

Ng, S., & Daromes, F. E. (2016). Peran Kemampuan Manajerial Sebagai Mekanisme Peningkatan Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 13(2), 174–193.

Nisasmara, P. W., & Musdholifah, M. (2016). Cash Holding, Good Corporate Governance and Firm Value. Jurnal Dinamika Manajemen, 7(2), 117–128. https://doi.org/10.15294/jdm.v7i2.8196

Nofrianti, A., & Saraswati, E. (2018). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA REPUTASI PERUSAHAAN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2).

OECD principles of corporate governance. (2004).

Penman, S. H., & Zhang, X. J. (2002). Accounting conservatism, the quality of earnings, and stock returns. Accounting Review, 77(2), 237–264. https://doi.org/10.2308/accr.2002.77.2.237

Perdana, R. S., & Raharja, R. (2014). Analisis Pengaruh Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 3(3), 1–13.

Prapaska, J. R. (2012). Analisis Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2009-2011.

PT Bursa Efek Indonesia. (n.d.).

Radbourne, J. (2003). Performing on Boards: The Link Between Governance and Corporate Reputation in Nonprofit Arts Boards. Corporate Reputation Review, 6(3), 212–222. https://doi.org/10.1057/palgrave.crr.1540201

Rahmayanti, D. R. (2014). Implementasi Corporate Social Responsibility dalam Membangun Reputasi Perusahaan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 93–104.

Raithel, S., & Schwaiger, M. (2014). THE EFFECTS OF CORPORATE REPUTATION PERCEPTIONS OF THE GENERAL PUBLIC ON SHAREHOLDER VALUE. Strategic Management Journal, 36(6), 945–956. https://doi.org/10.1002/smj

Roberts, P. W., & Dowling, G. R. (2002). Corporate reputation and sustained superior financial performance. Strategic Management Journal, 23(12), 1077–1093. https://doi.org/10.1002/smj.274

Rohman, A. M. A. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility ( CSR ), Corporate Reputation , dan Customer Satisfaction Terhadap Nilai Perusahaan ( Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017 ). Jurnal Ilmiah Manajemen FEB.

Rudangga, I. G. N. G., & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 4394–4422. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5210

Salipadang, W., Jao, R., & Beauty, B. (2017). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Dan Dampaknya Terhadap Return Saham. Dinamika Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 6(1), 83–101.

Salma, N., & Riska, T. J. (2019). Pengaruh Rasio Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Terhadap Kualitas Laba Perusahaan Makanan Minuman BEI. Competitive, 14(2), 84–95.

Siallagan, H. (2009). Pengaruh Kualitas Laba Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Kontemporer, 1(1), 21–32. https://doi.org/10.33508/jako.v1i1.1036

SOLY, N., & WIJAYA, N. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laba pada perusahaan manufaktur. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 19(1), 47–55. https://doi.org/10.34208/jba.v19i1.64

Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3), 355–374. https://doi.org/10.1055/s-2004-820924

Sulastri, A., Mulyati, S., & Icih, I. (2018). ANALISIS PENGARUH ASEAN CORPORATE GOVERNANCE SCORECARD, LEVERAGE, SIZE, GROWTH OPPORTUNITIES, DAN EARNINGS PRESSURE TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Perusahaan Top Rank 50 ASEAN Corporate Governance Scorecard Di Indonesia yang terdaftar. Accruals, 1(1), 41–67. https://doi.org/10.35310/accruals.v2i1.6

Taruno, S. A. (2013). PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LABA: MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Accounting Analysis Journal, 2(3), 323–329.

Wang, Y., Berens, G., & Van Riel, C. B. M. (2012). Competing in the capital market with a good reputation. Corporate Reputation Review, 15(3), 198–221. https://doi.org/10.1057/crr.2012.7

Wati, G. P., & Putra, I. W. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Good Corporate Governance pada Kualitas Laba. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19(1), 137–167.

Widiyanti, N. W., & Airlangga, A. J. (2017). Pengungkapan Sumber Daya Manusia dan Pengaruhnya terhadap Citra Perusahaan. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ekonomi Dan Bisnis (SNAPER-EBIS), 426–433.

Yushita, A. N., Rahmawati, R., & Triatmoko, H. (2013). PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, KUALITAS AUDITOR EKSTERNAL, DAN LIKUIDITAS TERHADAP KUALITAS LABA. Jurnal Economia, 9(2), 141–155.

Website:

PT Bursa Efek Indonesia. (n.d.). Retrieved September 7, 2022, from https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan/

https://imacaward.com/

Published
2023-06-28
How to Cite
Jao, R., Kampo, K., Holly, A., Suryady, A. T. Y., & Ruslan, A. (2023). Peran Corporate Governance dalam Meningkatkan Nilai Perusahaan melalui Kualitas Laba dan Corporate Reputation. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, 8(01), 30-49. https://doi.org/10.37366/akubis.v8i01.780
Abstract viewed = 703 times
pdf downloaded = 0 times pdf downloaded = 576 times