PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA PROMOSI, DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi, biaya promosi, dan biaya distribusi terhadap volume penjualan Laba merupakan salah satu tolok ukur dari keberhasilan perusahaan. Peningkatan penjualan tidak terlepas dari indikator-indikator yang mendukungnya diantaranya pengeluaran biaya produksi, biaya promosi, dan biaya distribusi yang diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap pembentukan laba perusahaan.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan lapangan.Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah laporan bulanan yang berupa biaya produksi, biaya promosi, biaya distribusi, dan volume penjualan tahun 2010-2017 yaitu berjumlah 48 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil dari pengujian hipotesis di dalam penelitian ini menunjukkan bahwa biaya produksi, biaya promosi, biaya distribusi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan.
References
Budhi Wijaya, Indra. 2013. Analisis Pengaruh Jenis Produk dan Biaya Promosi Terhadap Voleme Penjualan Sepatu Leaque. Surabaya: Showroom Sportindo Tubjungan Plazza 2.
Bustami Bastian, dan Nurlela. Akuntansi Biaya Melalui pendekatan Manajerial.Edisi pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media. 2009.
Danang Sunyoto.(2013). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Daryanto.(2013). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Djamalu, N. (2013). Pengaruh biaya produksi terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2012. Jurnal Akuntansi FE USU. Vol 20, No1.
Freddy Rangkuti.(2009). Mengukur Efektivitas Program Promosi & Analisis Kasus Menggunakan SPSS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21 (Ed.Ke-7). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hernomo, Arindra Diesnu, Apriatni dan Widayanto. “Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan Permen Tolak Angin Pada PT. Muncul Mekar Semarang.Skripsi. Universitas di Ponegoro. 2012.
Indah Permatasari. (2011). Analisis Biaya Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Harian Sumut Pos. Skripsi.(http://repository.usu.ac.id/handle /123456789/26064, diakses 13 Mei 2014.
Indriyo Gitosudarmo. (2000). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: FPFE.
Kasmir dan Jakfar.(2012). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana.
Kendy, Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Pada Toko ZESE Di Kota Batam, (Batam: Skripsi tidak diterbitkan, 2016), hal. 68 Khulud, H., & Arifin, Z. (2016). Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Ekspor (Studi Dengan Pendekatan Biaya Pada Komoditi Kopi Di PT. Asal Jaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 32(2), 53-58.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip pemasaran, Jilid satu Edisi tiga belas. Jakarta : Erlangga.
Kurniadi, Firmansyah. “Pengaruh Biaya Promosi dan Distribusi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada CV.Sejati di Sragen”. Skripsi, Surakarta. Fakultas ekonomi Universitas Muhammadiyah. 2010. Mariatun, I. L. (2017). Pengaruh Saluran Distribusi, Harga Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Home Industri Tempe Putra Kl Kecamatan Socah Tahun 2016. Eco-Socio: Jurnal ilmu dan Pendidikan Ekonomi, 1(1), 31-44.
Martana, D.P. Agus, I Ketut Kirya, dan Nyoman Yulianthini. “Pengaruh Jenis Produk, Biaya Promosi, dan Biaya Produksi Terhadap Volume Penjualan”. eJournal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen. Vol. 3. 2015.
M. Suyanto. (2007). Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.
Mulyadi. (2012). Akuntansi biaya. Jakarta: UPP STIM YKPM.
Nanang Budianas. (2013). Pengertian Strategi Promosi Penjualan.(http://nanang budianas.blogspot.com/2013/02/pengertian-strategi-promosi-penjualan.html, diakses 12 Juni 2014).
Prihandoko, W. (2016). Pengaruh biaya produksi dan biaya penjualan terhadap laba (Studi Kasus pada Industri Tahu di Kecamatan Bantul) Skripsi. Jurnal Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta. Rachman, G. G., & Yuningsih, K. (2016). Pengaruh Biaya Distribusi dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan (Studi pada Sari Intan Manunggal Knitting Bandung). JRAB: Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis, 10(2).
Rahmawati, S., dan Sunandar, H. (2014).Analisis pengaruh biaya produksi dan penjualan air bersih terhadap laba pada perusahaan daerah air bersih tirta utama provinsi Jawa Tengah. E-Journal Universitas Politeknik Harapan Tegal, Vol. 1.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.
Sunyoto, Danang, 2012, Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Swastha, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen PemasaranModern. Cetakan Ketigabelas. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Tjiptono dan Chandra.(2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV.Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Bumi Aksara.
Widnyana, Made Juni, I Made Nuridja, dan I Ketut Dunia. 2014. “Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Laba Ud Surya Logam Desa Temukus Tahun 2010-2012”. Volume 4, No 1.
Yulitasari dalam Tryusnita.(2009). Berbagai Macam Pengertian Biaya.(http://tryusnita.blogspot.com/2009/05/06/biaya-berbagai-macam pengertian -biaya, diakses 12 Juni 2014). Yuma Arizona, A. (2006). PENGARUH BIAYA PRODUKSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. KERTAS PADALARANG.