Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja dan Dampaknya pada Kinerja
The Effect of Principal Transformational Leadership and Job Satisfaction on Work Discipline and Its Impact on Performance
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan kepuasan kerja dalam mempengaruhi kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan di Cikarang Utara dimediasi disiplin kerja. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan mengunakan kuisioner dengan menggunakan skala bipolar yang memiliki penilaian 1 (satu) hingga 10 (sepuluh). Populasi pada penelitian ini adalah tenaga pendidik dilingkungan Sekolah Menengah Kejuruan dengan jumlah sampel 170 orang. Analisis data menggunakan structural equaltion model, dibantu Aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional tidak mempengaruhi kinerja guru. Kepuasan kerja dan disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Kepemimpinan transformasional mempengaruhi disiplin kerja guru. Kepemimpinan transformasional mempengaruhi kinerja guru secara tidak langsung dengan mediasi disiplin kerja.
This study aims to determine the influence of Transformational Leadership and job satisfaction in influencing the performance of Vocational High School teachers in North Cikarang mediated by work discipline. This research is a quantitative research. Data collection was carried out using a questionnaire using a bipolar scale which has a rating of 1 (one) to 10 (ten). The population in this study were teaching staff in Vocational High Schools with a total sample of 170 people. Data analysis uses a structural equalization model, assisted by the SmartPLS application. The results of the study show that transformational leadership does not affect teacher performance. Job satisfaction and work discipline have a positive effect on teacher performance. Transformational leadership affects the work discipline of teachers. Transformational leadership influences teacher performance indirectly by mediating work discipline.
References
Daulay, R., Kurnia, E., & Maulana, I. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 209–218.
Kaliri. (2008). Pengaruh disiplin dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pada sma negeri di kabupaten pemalang tesis. Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Sma Negeri Di Kabupaten Pemalang Tesis.
Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1), 243106.
Mariatie, N., Hasanah, S., Syarifuddin, Fanggidae, E., & Wardani, R. R. W. A. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru PAUD/TK, SD, SMP, dan SMA/SMK di Kabupaten Bekasi. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Dan Kewirausahaan, 5(3), 101–112.
Mulyanto, H., Wulandari, A. 2019. Penelitian: Metode dan Analisis. Semarang: CV. Agung.
Oktavia Fairy, S. N. P., Yudana, M., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPK 1 Harapan Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 125–131. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2799
Priyatmo, C. L. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Mediasi Kepuasan Kerja. Jurnal Ekonomi, 9(1), 13–21.
Pujiastuti, A., Tumini, & Hamdi, A. (2016). Terhadap Efektivitas Kerja Guru Di Smk Hidayatul Islam Clarak Kecamatan Leces Kabupaten. Ecobuss, 4(2), 19–28.
Rosalina, M., & Wati, L. N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 18–32.
Septianty.R, I. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Bengkulu. i–102.
Siagian, S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Sukayana, I. W., Yudana, M., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 157–162.
Sutrisno, S., & Ervin, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Muhammadiyah 44 Pamulang. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(1), 58.
Tentama, F. (2015). Peran Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Yogyakarta. Jurnal Psikologi Undip, 14.
Utari, K. T., & Rasto, R. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 238.
Zahara, R. N., & Hidayat, H. (2017). Pengaruh Kepuasan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bank Di Kota Batam. Journal of Applied Managerial Accounting, 1(2), 150–156.