Analisis Mediasi Kepuasan Mahasiswa Pada Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Hasil Belajar
Mediation Analysis of Student Satisfaction on the Effect of Lecturer Competence on Learning Outcomes
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji kepuasan mahasiswa memediasi kompetensi dosen terhadap hasil belajar mahasiswa. Data berasal dari. Sampel yang digunakan terdiri dari 100 responden yaitu mahasiswa Manajemen Universitas Pelita Bangsa Tahun Ajaran 2019-2021 dengan metode sampel non-probabilistik. Analisis jalur digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dosen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pegawai, kompetensi dosen berpengaruh signfikan terhadap hasil belajar mahasiswa, kepuasan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, dan variabel kepuasan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan berpengaruh sebagai variabel yang memediasi kompetensi dosen terhadap hasil belajar mahasiswa.
This study aims to empirically test student satisfaction mediating lecturer competence on student learning outcomes. The data used in this study used primary data derived from questionnaires and then processed and analyzed and then presented in the form of tables and narratives. The sample used consisted of 100 respondents taken from the student population of Pelita Bangsa University Management students for the 2019-2021 Academic Year. The sampling technique used is a non-probabilistic sample. Path analysis is a data analysis technique used in this study. The results showed that lecturer competence had a significant effect on employee satisfaction, lecturer competence had a significant effect on student learning outcomes, student satisfaction had a positive and significant effect on learning outcomes, and student satisfaction variables had a positive and significant effect as a variable that mediated lecturer competence on student learning outcomes.
References
Ab, A., & Ridwan, M. (2019). Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Program Studi Manajemen Divisi Kamar Politeknik Pariwisata Makassar. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 3(2), 120–132. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/download/54999/32612
Adawiyah, R. (2019). Pengaruh kompetensi profesional dosen dan minat belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama islam mahasiswa lp3i Jakarta kampus Depok [Institut PTIQ Jakarta]. In Institut PTIQ Jakarta. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/203/
Ahmadiyanto. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si ( Kotak Huruf Edukasi ) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas Viiic Smp. Jurnal Kependidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980–993. http://ppjp.ulm.ac.id/jpournal/index.php/pkn/article/view/2326/2034
Alam, Y. (2018). Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 16(1), 23–30. https://doi.org/10.29259/jmbs.v16i1.6244
Ambarita, I. (2016). Pengaruh Kompetensi Mengajar Dosen Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Melalui Motivasi Belajar Mahasiswa Di Stmik Kaputama Kota Binjai. https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/660/137019022.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Andi Hidayat, Solihin M, Amar S, M. N. N. (2020). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Pada Dinas Sosial Kota Makassar. Jurnal Mirai Managemnt, 6(1), 2597–4084.
Anna Maria; Hartini H. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Dosen Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Semester II AKJP II Pekanbaru. Jurnal HUMMANSI (Humaniora …, 3(1), 15–22. https://journal.stikomyos.ac.id/index.php/jurnal-hummansi/article/download/244/136
Apriyani, D., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (survei pada konsumen The Little a Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 51(2), 1–7.
Arif, D. R. (2015). Pengaruh tingkat kepuasan pelanggan internal primer siswa terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran pai di sma negeri 1 pakem.
Dewi, A. F., Hidayat, W., & Listyorini, S. (2015). Pengaruh kualitas produk, promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian rokok marlboro. Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science, 151, 10–17. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886
Dibyantoro, Setiawan, H., & Tamimi, N. (2014). Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan pada toko buku anggrek palembang. Orasi Bisnis, 11, 54–59.
Firdaus, S., Suwiryo, D. H., & Sukmawaty, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Kompetensi Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummanioramaniora, 5(2), 320. https://doi.org/10.31604/jim.v5i2.2021.320-328
Haristo Rahman, M. (2020). Analisis Ranah Psikomotor Kompetensi Dasar Teknik Pengukuran Tanah Kurikulum Smk Teknik Konstruksi Dan Properti. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 53. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23022
Istikoma, D. N. (2015). Pengaruh sikap mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam mengajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah manajemen keuangan program studi pendidikan akuntansi angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Surakarta. 151, 10–17. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886
Kriswandari, S. (n.d.). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan the Factors That Influenced Consumer Satisfaction of. 1–15.
Muntashofi, B., & Kurjono. (2015). Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Motivasi Belajar mahaiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 1–12.
Murti, R. W., & Prasetio, A. P. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 94–102. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12950
Novitasari, Y., Ad, E. P., & Praherdhiono, H. (2018). Respons afektif pebelajar terhadap pemberian tugas pada pembelajaran blended. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 85–94. https://media.neliti.com/media/publications/334695-respons-afektif-pebelajar-terhadap-pembe-1684529e.pdf
Nurhayati. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 1 Bainaa. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 1–11.
Pulungan, D. R., & Arda, M. (2019). Kompetensi Dosen dan Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(2), 115–124. https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i2.3288
S, M. B. K. (2016). Pengaruh kompetensi, motivasi, dan kepuasan kerja terhadap prestasi kerja sales promotion lembaga Rumah Sehat Indonesia. Universitas Nusantara PGRI Kediri. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2016/11.1.02.02.0058.pdf
Sahyar. (2006). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Proses Pembelajaran Terhadap Keunggulan Bersaing Program Studi. Pekbis Jurnal, 1(3), 308–325.
Sarwono, J. (2011). Get to know the path of Analysis: History, Understanding, and Application, Scientific Journal of Business Management. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 11(2), 285–296.
Satria, C. (2020). Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia Dan Pengendalian Intern Secara Parsial Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Kabupaten/ Kota Di Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 5(2), 61–90. https://doi.org/10.36908/esha.v5i2.125
Shadek, T. F. (2018). Pengembangan Aplikasi Sistem Kompetensi Dosen Dengan Menggunakan Program Hypertext Prepocessor (Php) Dalam Rangka Peningkatan Mutu Terhadap Kinerja Dan Hasil Pembelajaran. ProTekInfo(Pengembangan Riset Dan Observasi Teknik Informatika), 5(September), 1–6. https://doi.org/10.30656/protekinfo.v5i0.708
Suhaily, L., & Soelasih, Y. (2015). Factors Affecting Student Achievement in Faculty of Economics “X” University. The Winners, 16(1), 25. https://doi.org/10.21512/tw.v16i1.1540
Sukmanasa, E., Novita, L., & Siti, F. (2017). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 91–99. https://doi.org/10.33751/pedagog.v1i2.390
Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di. Jurnal Kreatif Online, 3(1), 90–103. https://media.neliti.com/media/publications/113571-ID-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui.pdf
Sumarsono, R. B., Maisyaroh, & Kusumaningrum, D. E. (2021). Pengaruh Tingkat Kualitas Layanan , Faktor Kepuasan, dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa. Ilmu Pendidikan Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 6, 43–52.
Syaifuddin, J. A. (n.d.). Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening ( Studi kasus : Kereta Jenggala jurusan Mojokerto-Sidoarjo ). 1–20.
Ulfa, M. (2009). Analisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen dalam pembelajaran pada program studi pendidikan ekonomi Universitas Riau. 1–10.
Utami, I. T. (2020). Analisis pengaruh kompetensi profesional dosen dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa akademi sekretari budi luhur pada masa pandemik/covid-19. JURNAL MANEKSI VOL 9, NO. 2, 9(1), 378–383. file:///C:/Users/Asus/Downloads/532-2805-1-PB.pdf
Wicaksono, D. A., & Laksanawati, T. A. (2020). Pengaruh kompetensi dosen terhadap prestasi akademik mahasiswa di Politeknik Negeri Banyuwangi. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif, 6(2), 488–494. https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/503/182
Copyright (c) 2022 MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.




