Layanan Purna Jual, Citra Merek dan Harga Jual Kembali dalam mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Mobil di Jabodetabek
After-sales Service, Brand Image and Resale Price in influencing the Purchase Decision Process of a Car in Jabodetabek
Abstract
Keputusan pembelian konsumen akan alat transportasi (dalam hal ini mobil) menggunakan pertimbangan banyak faktor. Konsumen akan melalui proses yang panjang sebelum akhirnya benar-benar melakukan pembelian. Layanan purna jual, citra merek dan harga jual kembali menjadi pertimbangan konsumen dalam proses keputusan pembelian mobil baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor layanan purna jual, citra merek dan harga jual kembali dalam proses keputusan pembelian sebuah mobil. Metode pengumpulan data berupa kuesioner dengan responden berasal dari kumintas mobil dan akademisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis statistik. Data diperoleh dari konsumen yang melakukan pembelian mobil tahun 2021 di Jabodetabek. Responden penelitian berjumlah 80 konsumen dengan jalan mengisi kuesioner penelitian. Kuesioner disebarkan melalui google form kepada group komunitas dan akademisi. Hasil penelitian layanan purna jual tidak mempengaruhi proses keputusan pembelian sedangkan citra merek dan harga jual kembali berpengaruh signifikan.
The consumer's purchasing decision on the means of transportation (in this case the car) uses the consideration of many factors. Consumers will go through a long process before finally actually making a purchase. After-sales service, brand image and resale price are consumers' considerations in the decision process of buying a new car. This study aims to determine the factors of after-sales service, brand image and resale price in the decision process of buying a car. The data collection method is in the form of questionnaires with respondents coming from car requests and academics. This research uses a quantitative approach and statistical analysis. Data obtained from consumers who purchased cars in 2021 in Jabodetabek. The study respondents numbered 80 consumers by way of filling out the research questionnaire. The questionnaire is distributed via google form to community groups and academics. The results of after-sales service research do not affect the purchase decision process while the brand image and resale price have a significant effect.
References
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Anastasia, U., & Nurendah, Y. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2(2), 181-190.
Arti, R. B., Budiantono, B., & Hastuti, T. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kober Mie Instan Soekarno Hatta di Malang. The 2nd Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB 2021) (pp. 117 - 128). Malang: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyagama Malang. Retrieved from http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/WNCEB
Emor, R. Y., & Soegoto, A. S. (2015). Pengaruh Potongan Harga, Citra Merek, dan Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret Tanjung Batu. Jurnal EMBA, 3(2), 738-748.
Gitania, A., Lucky, F. R., & Mukuan, T. D. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import di Pasar Baru Langowan. Productivity, 2(3), -.
Ismail, A., & Spinelli., G. (2012). Effects of Brand Love, Personality and Image on Word of Mouth: The Case of Fashion Brands among Young Consumers. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, 16(1), 386-398. doi:https://doi.org/10.1108/13612021211265791
Kodu, S. (2013). Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil toyota avanza. J. EMBA, 1(3), 1251 - 1259.
Kotler, P., & Keller, K. K. (2016). Marketing Management (Vol. 15th). London: Pearson Education.
Lupiyoadi, R. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Maesaroh. (2021, Oktober 12). Penjualan Mobil Naik Tipis di September, Hanya Ditopang Astra-Nissan. Retrieved March 12, 2022, from katadata.co.id: https://katadata.co.id/maesaroh/berita/6165b14c374c1/penjualan-mobil-naik-tipis-di-september-hanya-ditopang-astra-nissan
Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT TOI. Jurnal Ekonomi, 2(2), -.
Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV Agung.
Mulyanto, H., Ashanti, A., Andriyani, M., & Nugroho, A. T. (2020). Loyalitas Mahasiswa: Dampak Persepsi Bauran Komunikasi Terhadap Proses Keputusan Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(2), 107 - 116. doi:http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v17i2.485
Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ((Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia. 1, pp. 83 - 88. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Rachman, D. A., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Rumah Makan Wajan Mas Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 6(4), 136-143.
Sholihin, M., & Ratmono, D. (2014). Analisis SEM-PLS Dengan WarpPLS 3.0 Untuk Hubungan Nonlinier Dalam Penelitian Sosial Dan Bisnis. Yogyakarta: Andi Publisher.
Syaleh, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Tempat Pendistribusian Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada CV. Tjahaja Baru Bukittinggi. Journal of Economic, Business and Accounting, 1(1), 68-82.
Copyright (c) 2022 MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.




