Harga Tunai, Kualitas produk, Citra merk dan Iklan Terhadap keputusan Pembelian Smartphone Samsung di wilayah Jabodetabek
Cash Price, Product Quality, Brand Image and Advertising on the Decision to Purchase Samsung Smartphones in the Jabodetabek area
Abstract
Penelitian bermaksud menganalisis harga tunai, kualitas produk, citra merk dan iklan terhadap keputusan pembelian smartphone samsung. Pengumpulan data dengan pengisian kuesioner yang didistribusikan kepada pengguna smartphone samsung di Jabodetabek selama rentang waktu bulan Juni 2022 dan diperoleh 80 responden. Analisis data struktural diolah menggunakan WarpPLS. Hasil penelitian menunjukkan harga tunai dan kualitas produk tidak mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian. Citra merk dan iklan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian.
This study intends to analyze cash prices, product quality, brand image and advertising on samsung smartphone purchasing decisions. Data collection by filling out a questionnaire distributed to Samsung smartphone users in Jabodetabek during the period of June 2022 and obtained by 80 respondents. Structural data analysis was processed using WarpPLS. The results showed that cash prices and product quality did not affect consumer decisions in purchasing. Brand image and advertising positively affect purchasing decisions.
References
Agatha, M., (2018). Analisis Pengaruh Harga Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 3 No 2.
Amalia, S. (2017). Pengaruh Citra Merk, Harga, dan Kualitas Produk dalam Pembelian Handphone Merk Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol 6, No 1,. 40-59.
Durianto, D., 2011, Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Cetakan XX, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Erwin, S., (2020) Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Syrup Monin Pada PT. Kharisma Sukses Gemilang. Skripsi Thesis, Universitas Buddhi Dharma.
Fatlahah, Aniek. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merk terhadap Keputusan Pemberlian Es Krim Wall’s Magnum. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol 1, No 2.
Fristiana, A,D,. (2012). Pengaruh Citra Merk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 1(1).
Horvath, C., and Marcel V.B. (2015). The role of brands in the behaviour. Journal of Business and Social Science, 6(7), 149-168.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of Marketing. Edisi 13. United States of America : Pearson
Kotler, P. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali
Kuspriyono,Taat.(2018). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika. Vol 18, No 1.
Lin, Nan-Hong. 2007. The Effect of Brand Image and Product Knowledge ed by Price Discount. Tatung University. Taiwan. making of the Jordanian consumer for shopping goods. International
Mandey, J.B, (Desember 2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA, 1(4), 95-104.
Momani, R.A. (2015). The impact of brand dimension on the purchasing decision
Mowen. (1995). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Jakarta: karangan Sutisna.
Mulyanto, H., & Wulandari, A., (2010). Penelitian: Metode & Analisis, Semarang: CV Agung.
Mulyanto, H., Ashanti, A., Andriyani, M., & Nugroho, A.T., (2020). Loyalitas Mahasiswa: Dampak Persepsi Bauran Komunikasi Terhadap Proses Keputusan Memilih Perguruan Tinggi, Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(2), 107 – 116. http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v17i2.485
Nasution, A.E, dkk (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Seminar Nasional Kewirausahan, 1(1). Diakses dari jurnal UMSU 2022
Rangkuti, F., (2009). Strategi Promosi yang kreatif & Analisis kasus – Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Kasali, R., (1995). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta, PT Pustaka Utama Grafiti.
Sitomorang, L, E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan Terhadap Citra Merk dan Keputusan Pembelian produk kaecantikan Merk Pond’s Pada Remaja di Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa. 4(1).
Susanto, R., (2021). Pengaruh Harga Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo di Kec Ciputat Timur Tangerang Selatan. Journal Of Applied Bussines and Economic. 7(4).
Copyright (c) 2022 MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.