Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Pembelajaran dalam Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa selama Masa Pandemi COVID-19

The Family Environment and Learning Facilities in Influencing Student Learning Motivation during the COVID-19 Pandemic

  • Nanda Wahyu Amelia Mahasiswa
  • Maya Pujiawati Prodi Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Yuli Triastuti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
Keywords: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Fasilitas Pembelajaran

Abstract

Lingkungan keluarga pada masa pandemic untuk siswa merupakan faktor utama dan fasilitas yang digunakan berperan penting dalam mendukung motivasi siswa, meskipun terdapat temuan yang berbeda dari sumber lain. Hal tersebut menjadi penelitian yang menarik yang akan diteliti dan dibahas. Metode peneltian ini merupakan penelitian kuantitatif, data bersumber dari 30 responden dengan metode pengumpulan menggunakan kuesioner. Metode untuk analisa datanya menggunakan aplikasi smartPLS 3.0. Hasil dari penelitian menunjukkan lingkungan keluarga mempengaruhi motivasi belajar siswa tetapi fasilitas pembelajaran tidak berpengaruh.

The family environment during the pandemic for students is a major factor and the facilities used play an important role in supporting student motivation, although there are findings that differ from other sources. This is an interesting research that will be researched and discussed. This research method is a quantitative study, data sourced from 30 respondents with a collection method using a questionnaire. The method for data analysis uses the smartPLS 3.0 application. The results of the study showed the family environment affected students' learning motivation but the learning facilities had no effect

References

Armiati, A. (2015). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Takalar Kabupaten Takalar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 2(1), 6 - 9. doi:https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v2i1.2311

Bafadal, I. (2008) Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori Dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Cahyani, A., Listiana, ID, & Larasati, SPD (2020). High School Student Learning Motivation in Online Learning During the Covid-19 Pandemic. Journal of Islamic Education. 3 (1). Page: 123-140.

Daryanto (2014) Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yoyakarta: Penerbit Gava Media. Page 51.

Daryanto. (2014). Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. B.. (2014) Pola Asuh Orang tua dan komunikasi dalam keluarga. Jakarta: Rineka Cipta

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.

Ghozali, I. 2014. Structural Equation Modeling, metode alternativedengan PLS, Badan penerbit Undip Semarang

Hanifah.(2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di Kecamatan Cibeunying Kidul. Diakses dari laman web tanggal 26 Juli 2022 dari : http://repository.unpas.ac.id/38708

Hermanto, A. W., Mubin, M. I., Ridwan, A., & Sari, D. K. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Faktor Lingkungan Terhadap Motivasi Belajar Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Sebatik, 25(2), 545 - 554. doi:https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1570

Ihsan, F., (2011) Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Renika Cipta

Jannah, M.Z. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang. Tesis. Malang: UIN Malang

Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV Agung.

Novita, M. (2017) Sarana dan Prasarana yang baik menjadi bagian ujung tombak keberhasilan lembaga pendidikan islam. Nur El-Islam: Jurnal pendidikan dan sosial keagamaan.

Nuraini, F.S.N.H., & Permana, I., (2018) Pengaruh sarana dan prasarana terhadap semangat belajar. Jurnal pendidikan pendidikan dan sastra Indonesia

Rachmah, L. L., Sunaryanto, S., & Yuniastuti, Y. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Fasilitas Belajar pada Prestasi Belajar IPS Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1168–1176.

Siswoyo, D., dkk. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memperngaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8 (2)

Suwartini, E. A. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 62-70.

Yuliawan, A. (2014). Pengaruh Sarana dan Prasarana Belajar Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa dI SD Muhammadiyah 1 Program Khusus Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zaharah, A.W. & Kirilova, G.I. (2021). “Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities In Indonesia.” 2020, Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, 07, no. 03 (t.t.): 269–82. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104.

Published
2022-07-31
How to Cite
Amelia, N. W., Pujiawati, M., & Triastuti, Y. (2022). Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Pembelajaran dalam Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa selama Masa Pandemi COVID-19: The Family Environment and Learning Facilities in Influencing Student Learning Motivation during the COVID-19 Pandemic. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(2), 145 - 154. https://doi.org/10.37366/master.v2i2.472
Abstract viewed = 297 times
PDF (Indonesia) downloaded = 237 times