Promosi Media Sosial dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Pemasaran yang di Moderasi Akses Fasilitas Digital
The Social Media Promotion and Digital Literacy on Marketing Performance moderated by Digital Facility Access
Abstract
Pelaku bisnis saat ini banyak yang sudah menggunakan teknologi internet untuk memasuki pasar dunia maya. Pelaku bisnis menjalankan berbagai usaha secara elektronik. Pemanfaatan teknologi dalam kegiatan bisnis memerlukan sumberdaya manusia yang memiliki kinerja unggul. Keberhasilan usaha salah satunya tergambar dari capaikan kinerja pemasaran. Penelitian ini mengulas variabel promosi media sosial dan literasi digital dengan akses fasilitas digital sebagai moderasi terhadap kinerja Pemasaran. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data bersumber dari 40 responden dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode untuk analisis datanya menggunakan model struktural yang diolah dengan smartPLS 3.0. Hasilnya promosi media sosial berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, literasi digital berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, akses fasilitas digital tidak mampu memoderasi promosi media sosial dan literasi digital terhadap kinerja pemasaran.
Many business people today are already using internet technology to enter the virtual world market. Business people run various businesses electronically. The use of technology in business activities requires human resources who have superior performance. One of the successes of the business is illustrated by achieving marketing performance. This study reviews the variables of social media promotion and digital literacy with access to digital facilities as a moderation of Marketing performance. This research method is a qualitative research, data sourced from 40 respondents with a data collection method using a questionnaire. The method for its data analysis uses a structural model processed with smartPLS 3.0. As a result, social media promotion affects marketing performance, digital literacy affects marketing performance, access to digital facilities is unable to moderate social media promotion and digital literacy on marketing performance.
References
Amir, N.O., Sudibyo, R.P., & Hasanah, M.A. (2020). Pengaruh Penggunaan Digital Marketing terhadap Kinerja Pedagang Bunga di Desa Sidomulyo, Kota Batu. JEPA. 4 (2). 373 – 383. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.02.15
Anggraeni, M., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial ter hadap Kinerja Pemasaran Selama Pandemi COVID-19 Dengan Mediasi Kemampuan Inovasi dan Kempampuan Branding. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 752–767. https://doi.org/10.37531/ecotal.v2i2.8610.26740/jim.v9n2.p752-767
Arief, M.F., & Choiriyah, D., (2021). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi kepada Masyarakat. Mahkamah Agung RI: Dirjen Badan Peradilan Agama. Diakses 15 Juli 2022. https://badilag.mahkamahagung.go.id/artikel
Bawden, D. (2001). Information and Digital Literacies A Review of Concepts. Journal of Documentation, 52, 218-259.
Coviello, N., Milley, R., & Marcolin, B., (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing, Journal of Interactive Marketing, 15(4), 18-33,https://doi.org/10.1002/dir.1020
Eshet, Y. (2004). Digital Literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in the Digital era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13(1), 93-106.
Ferdinand, A.T., (2000), “Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Stratejik”, Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Semarang.
Ghozali, I. (2016). Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SMARTPLS 3.0 .Pdf. universitas diponegoro.
Gilster, P., (1997). Digitaly Literacy, New York, Wiley Computer Pub.
Imran, I., Rahim, R., & Nasfi, N. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Penjualan pada Industri Alumunium Bukittinggi. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9 (2). 202 – 212. https://doi.org/10.31846/jae.v9i2.385
Jagongo, A., & Kinyua, C. (2013). The Social Media and Entrepreneurship Growth. International Journal of Humanities and Social Science, 3, 213-227.
Kaplan, A. and Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53(1), 59-68.
Kuswanto, D.H., Nugroho, S.D., & Yuliati, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada Toko Sayuran Online Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh.
Mulyanto, H., & Wulandari, A., (2010). Penelitian: Metode & Analisis, Semarang, CV Agung
O'Reilly, C., & Caldwell, D. (2003). The Determinants of Team-Based Innovation in Organizations: The Role of Social Influence. Journal of Occupational Psychology, 34(4), 497-517. https://doi.org/10.1177/1046496403254395
Pamungkas, B. A., Mulyanto, H., & Andriyani, M. (2022). Literasi Keuangan dan Pendapatan Usaha dalam Mempengaruhi Perilaku Menabung Pelaku UKM. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(2), 205 - 212. https://doi.org/10.37366/master.v1i2.70
Pelham, A.M. (1997). Mediating Influences on the Relationship between Market Orientation and Profitability in Small Industrial Firms, Journal of Marketing Theory and Practice, 5 (3): 55-76
Prihadi, D., & Susilawati, A.D., (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan, Jurnal Manajemen dan Bisnis. 3(1),15. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647
Rofaida, R., & Ciptagustia, A. (2021). Upgrading Kinerja Bisnis Melalui Digital Literacy : Upaya Untuk Memperoleh Keunggulan Bersaing Di Era Revolusi Industri 4.0. AdBispreneur, 5(3), 211. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i3.26709
Sudiarti S., Munawaroh, S. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran di CV. Amily Hijab Tasikmalaya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 4(4), 34.
Swastha, B., & Irawan, (2008). Menejemen Pemasaran Modern, Edisi ke tiga belas, Penerbit: Liberty, Yogyakarta
Tjiptono, F., (2008) Strategi Pemasaran edisi ketiga, Andi Offset, Yogyakarta
Copyright (c) 2022 MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.