Pengaruh Promosi dan Testimoni Terhadap Minat Beli Produk Lyfira Hijab Dimediasi oleh Kepercayaan

The Influence of Promotions and Testimonials on Purchase Intention of Lyfira Hijab Products is Mediated by trust

  • Iqbal Varian Sembada Program Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Bustam Bustam Program Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Enur Hotimah Program Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Promosi, Testimoni, Kepercayaan, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promosi dan testimoni berpengaruh terhadap minat beli dan kepercayan sebagai variabel mediasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner sebanyak 100 konsumen. Penelitian ini memberikan hasil bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli melalui variabel mediasi kepercayaan dan testimoni tidak mempengaruhi minat beli.

The purpose of the study was to determine the effect of promotions and testimonials on buying interest and trust as mediating variables. The method in this study uses a quantitative approach by distributing questionnaires to 100 consumers. The results of this study indicate that promotion has a significant effect on buying interest through the mediating variable of trust and testimony has no effect on buying interest.

References

Aji Setyaningrum, D. (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran: Pengenalan Plus Tren Terkini Tentang Pemasaran Global, Pemasaran Jasa, Green Marketing, Entrepreneural, Marketing dan E-Marketing. Yogyakarta: Andi.

B. Hong, I., & S. Cha, H. (2013). The Mediating Role Of Consumer Trust In An Online Merchant In Predicting Purchase Intention. International Journal of Information Management, 927-939.

Citra Aina Ulyah, C., Salfadri, & Hadya, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk Alat-Alat Kesehatan Pada Pt. Tirta Medical Indonesia Cabang Padang. Jurnal Matua, Vol. 3, 418-430.

Edyansyah, T. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Kepercayaan Merek Oleh Konsumen Pada Produk Kosmetik Oriflame Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Manajemen dan Inovasi, 55-72.

Fakhru Rizky, M. (2014). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama Pt. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis, 135-143.

Fury. (2016). Keputusan Pembelian Produk Hijab (Studi Kasus Pada Toko). Manajemen, 1.

Griffiths, A. (2011). Jurus Rahasia Membangun Bisnis Hebat dengan Cara Cerdas, Mudah dan Cepat. Jakarta: Tangga Pustaka.

Joko , W., & Ariyanti, M. (2017). Perceived Factors Influencing Consumer Trust and Its Impact on Online Purchase Intention in Indonesia. International Journal of Science and Research (IJSR), 961-968.

Kasali, R. (1992). Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, VOL.7, 90-99.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Nulufi, K. (2015). Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Batik Di Pekalongan.

Prasaranphanich. (2007). Perilaku Konsumen, Analisis Model Keputusan. Yogyakarta: Universitas Atma jaya Yogyakarta.

Putri, C., & Sudiksa, I. (2018). Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Niat Beli Online Pada Situs Lazada. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, 3532-3563.

Rosaria, A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Testimoni, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Konsumen di Instagram. Economic Education And Enterpreneurship Journal, 1-8.

Sanana, A., & Erma , M. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Promosi, Electronic Word of Mouth (eWOM), dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Pucelle pada Masa Pandemi Covid-19 di Surabaya. Bhencmark Vol.2, 11-24.

Satria, A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 45-53.

Sidang, N. (2016). Fenomena Trend Fashion Jilbab dalam Keputusan Pembelian Jilbab.

Siti , A. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering , 24-31.

Suwandari, L. (2008). Pengaruh Promotional Mix Pada Peningkatan Volume Penjualan Kosmetika Skiva PT. Cosmolab Prima Di Purwokerto. Jurnal Pro Bisnis Vol. 1, 45-57.

Tutia, I. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Sport Hijab. Industrial Research Workshop and National Seminar.

Wahyono, S. (2016). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Kepercayaan Dan Dampaknya Terhadap Keputusan. Jurnal Indonesia Membangun, 82-100.

Waqhidah, F. (2019). Pengaruh Testimoni Pembeli Dan Kualitas Barang Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui Market Place Shopee Mahasiswa Fakultas Syariah.

Yoebrilianti, A. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderator (Survei Konsumen Pada Jejaring Sosial). Jurnal Manajemen Volume 8, 20-41.

Published
2022-02-17
How to Cite
Sembada, I. V., Bustam, B., & Hotimah, E. (2022). Pengaruh Promosi dan Testimoni Terhadap Minat Beli Produk Lyfira Hijab Dimediasi oleh Kepercayaan: The Influence of Promotions and Testimonials on Purchase Intention of Lyfira Hijab Products is Mediated by trust. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 3(01), 21 - 30. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v3i01.276
Abstract viewed = 509 times
PDF (Indonesia) downloaded = 479 times