Karakteristik Demografi Pengguna Uang Elektronik di DKI Jakarta dan Kota Medan
Demographic characteristics of electronic money users in DKI Jakarta and Medan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan karakteristik demografi pengguna uang elektronik di DKI Jakarta dan Kota Medan. Penelitian ini menggunakan 214 responden pelaku usaha di DKI Jakarta dan Medan yang telah menggunakan uang elektronik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen kuesioner dan dilakukan dengan tatap muka langsung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk memetakan profil pengguna uang elektronik. Profil pelaku usaha di DKI Jakarta dan Medan yang berhasil diwawancarai didominasi oleh pelaku usaha berjenis kelamin laki-laki dengan usia lebih dari 35 tahun, menjalankan usahanya secara offline dan online, dan telah menggunakan uang elektronik selama 1 – 4 tahun. Kemudahan dalam bertransaksi menjadi faktor utama yang menjadi alasan para pelaku usaha menggunakan uang elektronik dalam bertransaksi dengan pelanggan.
The aim of this research is to map the demographic characteristics of electronic money users in DKI Jakarta and Medan City. This research used 214 respondents from business actors in DKI Jakarta and Medan who have used electronic money. Data collection was carried out using a questionnaire instrument and was carried out face to face. The collected data was then analyzed using descriptive statistics to map the profile of electronic money users. The profile of business actors in DKI Jakarta and Medan who succeeded interviewed was dominated by male business actors and those aged over 35 years. Business actors run their businesses offline and online. Most business actors have been using electronic money for 1 – 4 years. Ease of transactions is the main factor that driving the business actors to use electronic money in transactions with customers.
References
Acker, A., & Murthy, D. (2020). What is Venmo? A descriptive analysis of social features in the mobile payment platform. Telematics and Informatics, 52. https://doi.org/10.1016/j.tele.2020.101429
Adhelia, P. S. S., & Hendratno, H. (2020). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik Berbasis Chip (studi Kasus Pada Masyarakat Usia Produktif Di Provinsi Dki Jakarta). eProceedings of Management, 7(3).
Baraja, Y. A., & Gunawan, J. (2019). Identifikasi karakteristik merchant dalam mengadopsi layanan mobile payment studi kasus: merchant ovo dan merchant gopay di surabaya. Jurnal Sains dan Seni, 8(2), 405-410.
Chawla, D., & Joshi, H. (2019). Consumer attitude and intention to adopt mobile wallet in India – An empirical study. International Journal of Bank Marketing, 37(7), 1590–1618. https://doi.org/10.1108/IJBM-09-2018-0256
Flavian, C., & Guinalíu, M. (2020). Mobile payments adoption – introducing mindfulness to better understand consumer behavior . International Journal of Bank Marketing, 38(7).
Kurnia, D., Siringoringo, H., & Sudaryanto. (2020). Conceptual model of merchant intention to use e-money. Peradeniya Management Review, 02 (4).
Leong, L.-Y., Hew, T.-S., Ooi, K.-B., & Wei, J. (2019). Predicting mobile wallet resistance: A two-staged structural equation modeling-artificial neural network approach. International Journal of Information Management, 51(2).
Meuthia, R. F., Ananto, R. P., & Afni, Z. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat umkm terhadap penggunaan uang elektronik di kota padang. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 15(1), 143–155.
Misire, E. A., Wijayanto, D., & Uslianti, S. (2020). Unified theory of technology acceptance and use of technology (utaut2) sebagai model penerimaan terhadap eksistensi uang elektronik dalam pembayaran bbm pertamina di spbu Pontianak, Jurnal TIN Universitas Tanjungpura, 4(1).
Mulia, H., & Gunawan, C. (2023). Dampak promosi dan persepsi kemudahan terhadap keputusan pengunaan dompet elektronik. Marketgram Journal, 1(1), 1–10.
Nabila, V. S., & Aslami, N. (2022). Implementasi penggunaan e money pada ecommerce di masa pandemi sebagai pendukung less cash society, Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 2 (1), 1716-1725.
Organ, D. W., Podsakoff, P. M., & MacKenzie, S. B. (2006). Organizational Citizenship Behavior: Its Nature, Antecedents, and Consequence. Sage.
Peraturan Bank Indonesia Nomor 23/6/PBI/2021 tentang Penyedia JasaPembayaran (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 147, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6692).
Ratu, I. K., Fasa, M. I. F., & Suharto. (2022). Meningkatnya transaksi pembayaran uang elektronik berbasis server dimasa pandemi covid-19 berdasarkan perspektif syariah. Jurnal An-Nisbah, 3(1), 63–82. https://doi.org/10.17977/um066v1i22021p135-145
Said, R., Najdawi, A., & Chabani, Z. (2021). Analyzing the adoption of e-payment services in smart cities using demographic analytics: the case of dubai. Advances in Science, Technology and Engineering Systems Journal, 6(2), 113–121. https://doi.org/10.25046/aj060214
Suryanto, S., Muhyi, H. A., & Kurniati, P. S. (2022). Penggunaan digital payment pada usaha mikro, kecil, dan menengah. AdBispreneur, 7(1), 55. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v7i1.39452
Syaiful, A., & Pravitasari, A. S. (2022). Analisis preferensi penggunaan uang elektronik dalam transaksi ekonomi masyarakat pada masa pandemi covid-19 di kabupaten bojonegoro. Jurnal Ekonomi Manajaemen dan Sosial 5(2).
Umah, U. N., & Siswahyudianto, S. (2022). Pengaruh promosi, kemudahan, dan kegunaan terhadap keputusan penggunaan dompet digital shopeepay pada mahasiswa jurusan manajemen bisnis syariah angkatan 2018. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 329-339. https://doi.org/10.34308/EQIEN.V10I2.606
Wijaya, Yuli, A., Mukhlis, I., & Seprillina, L. (2021). Analisis pengaruh E-money, volume transaksi elektronik dan suku bunga terhadap jumlah uang beredar di Indonesia pada masa sebelum dan sesudah pandemi COVID-19. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(2), 135–145. https://doi.org/10.17977/um066v1i22021p135-145
Yunusi, R. P., & Friyatmi. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Fasilitas Uang Elektronik Terhadap Keputusan Menggunakan Untuk Belanja Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang di Masa Pandemi Covid – 19. Jurnal Ecogen, 5(3), 466–473. https://doi.org/10.24036/JMPE.V5I3.12857
Copyright (c) 2024 EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral righ of the publication belongs to the author.
- Legal formal aspcect of journal publication assessibility refers to Creative Commons Atribut-Non Commercial-No Derivatef (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
- Every publications are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned aboe, editorial board is not responsible for copyright violation.