Minat Transaksional dalam Memediasi Digital Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Eagle di Jakarta
Transactional Interest in Mediating Digital Marketing and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Eagle Products in Jakarta
Abstract
Proses keputusan pembelian konsumen menjadi satu yang harus diperhatikan di dalam upaya meningkatkan penjualan sepatu lokal. Penelitian ini mendalami digital marketing dan citra merek terhadap proses keputusan pembelian dengan penghubung minat transaksional. Penelitian melibatkan 98 responden yaitu konsumen produk Eagle. Data yang terkumpul diolah menggunakan smartPLS dan dianalisis menggunakan analisis structural pendekatan partial square. Penelitian menghasilkan temuan bahwa Digital Marketing dan Citra Merek berpengaruh terhadap Minat Transaksional dengan arah positif. Minat transaksional berpengaruh terhadap Proses Keputusan Pembelian dengan arah positif serta menjadi pemediasi Digital marketing dan citra merek terhadap Proses Keputusan Pembelian.
The process of consumer purchasing decisions is one that must be considered in an effort to increase local shoe sales. This research will explore digital marketing and brand image in influencing the purchase decision process with transactional interest as an intervening. The study involved 98 respondents who had purchased Eagle products. The collected data is processed using smartPLS and analyzed using structural analysis with a partial square approach. The research resulted in findings that Digital Marketing and Brand Image affect Transactional Interest in a positive direction. Transactional interest influences the Purchase Decision Process in a positive direction. Transactional interest mediates the influence of Digital marketing and brand image on the Purchase Decision Process.
References
Agustin, R. D., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22(2), 1–10.
Albi, K. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital dan Suasana Toko Terhadap Minat di Kedai Kopi S. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis.
Ardana, Y. A., & Rastini, N. M. (2018). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh E-WOM Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud.
Destyana, Y. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Perceived Ease Of Use, dan Ragam Produk Terhadap Minat Beli Serta Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Shopee di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan , Vol.7.
Dinni. (2021). Pengaruh digital marketing, e-wallet dan citra merek terhadap keputusan pembelian"menu ayam" di era pandemi Covid-19 dengan minat beli sebagai variable mediasi (Studi Empiris Pengguna Grabfood). Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan.
Ekasari, R., & Mandasari, E. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Digital Marketing Dan Citra Merek Tehadap Keputusan Pembelian Lip Cream PIXY di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal EMBA, Vol.10 No.3.
Eryc, & Chris. (2023). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Properti Kota Batam. Jurnal Ilmiah Betrik, Volume.14, No.01.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hidayat, Elita, & Setiaman. (2012). Hubungan Antara Atribut Produk Dengan Minat Beli Konsumen. Universitas Padjajaran. Vol 1. No 1.
Kotler, & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2005). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kris, W. (2014). Pengaruh Process dan Physical Evidence Terhadap Costumer Satisfaction,. Jurnal MIX. Vol. 4, No. 2.
Laluyan, G. I. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen JD.id Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krinadwipayana.
Mahendrayasa. (2014). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis.
Melpiana, E., & Sudraja, A. (2022). Analisis Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada MS Glow Beauty. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, Volume 4, Nomor 2.
Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV Agung.
Nuluf, K., & Murwartiningsih. (2015). Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Batik di Pekalongan. Management Analysis Journal.
Purnamasari, R. P. (2018). Pengaruh Citra Merek, Diferensiasi Produk dan Positioning Terhadap Proses Keputusan Pembelian di Hotel Bintang 4 di Kota Bandung. Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata.
Putri, M. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah.
Putri, S. B., & Mulyanto, H. (2023). Popularitas Ambassador Merek, Iklan Digital dan Citra Merek dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 4(02), 49 - 62. doi:https://doi.org/10.37366/ekomabis.v4i01.395
Rizki, N. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Parfum di Kota Banda Aceh. Studi di Kecamatan Syiah Kuala.
Saputra, W. A., & Laura, N. (2020). Pengaruh Digital Marketing dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimoderasi oleh Citra Perusahaan. Media Manajemen Jasa.
Sari, Y. R., Harliyani, S., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Harga, Brand Image dan Celebrity Endorses Enzy Storia Terhadap Minat Beli Produk Erigo. Business and Entrepreneurship Journal (BEJ).
Schiffman, L. G., & Kanuk. (2000). Consumer Behavior. USA: Inc.Prentice-Hall.
Simangunsong, B. A. (2011). Evolusi Saluran Interaksi di Era Internet. Jurnal ASPIKOM.
Copyright (c) 2024 EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral righ of the publication belongs to the author.
- Legal formal aspcect of journal publication assessibility refers to Creative Commons Atribut-Non Commercial-No Derivatef (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
- Every publications are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned aboe, editorial board is not responsible for copyright violation.