Gaya Hidup Sehat, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Sayur dan Buah

Healthy Lifestyle, Price Perception, and Product Quality in Influencing Consumer Purchasing Decisions of Vegetables and Fruits

  • Dilla Aprilia Universitas IPWIJA
  • Mera Marhamah Prodi Kebidanan Universitas IPWIJA
Keywords: Gaya hidup sehat, persepsi harga, kualitas produk, keputusan pembelian

Abstract

Gaya hidup sehat, persepsi harga, dan kualitas produk merupakan faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi keputusan pembelian sayur dan buah. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh gaya hidup sehat, persepsi harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan di Toko Bakti Bersama dimana pengambilan sample dilakukan dengan accidental sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yang dianalisis menggunakan regresi linier ganda. Gaya Hidup Sehat, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

A healthy lifestyle, price perception, and product quality are allegedly relatively large factors in influencing the decision to purchase vegetables and fruits. The research aims to determine the influence of healthy lifestyle, price perception, and product quality on purchasing decisions. The research method uses a quantitative approach method. The population in this study is customers at Toko Bakti Bersama where sampling is carried out by accidental sampling so that a sample of 100 respondents was obtained. Data collection uses questionnaires or questionnaires. The questionnaire data was analyzed using multiple linear regression. Healthy Lifestyle, Price Perception, and Product Quality have a positive influence on the purchase decision.

References

Agustina. (2021). Analisis Faktor Gaya Hidup Sehat Dan Social Media Marketing Terhadap Niat Beli Pada Followers Instagram Herbalife Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, 257-264.

Cahyarani. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Sehat, Sikap Konsumen, Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Pembelian Produk Makanan Organik. . Jurnal Manajemen, 178-180.

Darmansah, A. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen UNSURYA, 15 - 30.

Ena. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Word Of Mouth Terhadao Keputusan Pembelian Di Chezz Cafenet. . Jurnal Manajemen, 299-310.

Fitriana. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame (Studi Kasus Pada Konsumen Oriflame Di Kabupaten Sumbawa). Jurnal Manajemen Bisnis, 367-370.

Giovinda, F. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiket.com. Jurnal of Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 470-485.

Jaya. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Kawasaki Di Kota Tangerang. . Jurnal Cakrawala, 121-129.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2017). Bauran Pemasaran (13 ed.). Jakarta: Erlangga.

Mahanani. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mataharimall.com. Jurnal Ikraith, 53-61.

Mahanani. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mataharimall.com. . Jurnal Ikraith, 53-61.

Marini. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Celebrity Endorser Msglow. . Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-20.

Megananda. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Sehat Dan Citra Merek Terhadap Prefensi Konsumen Minuman Read To Drink (RTD). . Jurnal Ilmu Manajemen, 1613-1622.

Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis (4 ed.). Semarang: CV Agung.

Prasetiyo, A. (2021). Analisis Gaya Hidup Hedonis, Harga, Dan Kualitas Produk Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Manajemen, 990-1001.

Riswandi. (2020). Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. . Jurnal Ekonomi, 76-87.

Silalahi. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converseā€ (Kasus Pada Mahasiswa YKPN Yogyakarta). Jurnal Cakrawangsa Bisnis, 139-156.

Simanjorang. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Pada Warkop On Mada Rantauprapat. . Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akutansi (EBMA), 91-101.

Suciani. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Lifestyle, Perchieved Ease Of Use And Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbalife Nutrition Pada Rumah Sehat Ratu Yuye Singaraja. . Jurnal Daya Saing, 459-465.

Suryajaya, I. (2020). Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Ditinjau Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wear It . Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 176-184.

Zahra. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Sehat, Harga, Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Susu Anlene Di Kebumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1-11.

Published
2023-12-31
How to Cite
Aprilia, D., & Marhamah, M. (2023). Gaya Hidup Sehat, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Sayur dan Buah: Healthy Lifestyle, Price Perception, and Product Quality in Influencing Consumer Purchasing Decisions of Vegetables and Fruits. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 4(02), 185 - 196. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v4i02.1227
Abstract viewed = 715 times
PDF (Indonesia) downloaded = 659 times