Analisis Pencapaian Prestasi Akademik Melalui Perilaku Manajemen Waktu
Analysis of Academic Achievement Through Time Management Behavior
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel manajemen waktu memiliki pengaruh terhadap pencapaian prestasi akademik mahasiswa. Data penelitian menggunakan data primer yang berasal dari kuesioner kemudian diolah dan dianalisis lalu disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Sampel yang digunakan adalah 100 responden yang diambil dari populasi mahasiswa semester II jurusan manajemen yang telah memiliki hasil studi yang berupa nilai dan dinyatakan dalam kartu hasil studi. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling. Dalam penelitian ini, teknik analisis yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa manajemen waktu memiliki pengaruh positif terhadap prestasi akademik.
ABSTRACTS
The purpose of this study was to determine whether time management variables have an influence on student achievement. The research data uses primary data derived from questionnaires which are then processed and analyzed and then presented in tables and narratives. The sample used was 100 respondents who were taken from the second semester student population majoring in management who already had a study result in the form of a value and stated in the study result card. The sampling technique used is non-probability sampling. In this study, the analysis technique used is Multiple Linear Regression Analysis. The results of the study indicate that time management has a positive influence on academic achievement.
References
Andari, N. D., & Nugraheni, R. 2016. Analisis PengaruhManajemen Waktu, Motivasi Kuliah, dan Aktualisasi Diri Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa yang Bekerja (Studi padaMahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang). Diponegoro Journal Ofmanagement, 5, 1–10
Arikunto, S., 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Pratik : Jakarta.
Butarbutar, F. 2012. Peningkatan Daya Saing Mahasiswa di Dunia Kerja Melalui Pengembangan Soft Skill. HKBP Nomensen: Indeks Jurnal Akademik
Ferdinand, A. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.
Fitriani, F. 2018. Pengaruh Manajemen Waktu dan Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR
Forsyth, P .2009. Jangan Sia-siakan waktumu. (Alih bahasa Rifki). Yogyakarta. PT. Garailmu
Guilford, J.P., & Frutcher, B (1987). Fundamental Statistics in Psychology and Education (6th ed). Singapore: McGraw-Hill.
Kuh et al. 2006. What Matters to Student Success: A Review of the Literature, Commissioned Report for the National Symposium on Postsecondary Student Success.
Nasution. S. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sunarto. 2005. Faktor-faktor utama belajar. http://www.faktor_faktor_prestasi belajar.id. Diakses tanggal 26 Mei 2014
Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Taylor. 1990. Manajemen Waktu Menurut Para Ahli. Jakarta: Gramedia
Winkel. 2010. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia
Copyright (c) 2021 EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
- Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral righ of the publication belongs to the author.
- Legal formal aspcect of journal publication assessibility refers to Creative Commons Atribut-Non Commercial-No Derivatef (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
- Every publications are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned aboe, editorial board is not responsible for copyright violation.