Analisis Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Berkunjung pada Street Food di Kota Pekanbaru

Analysis of the Influence of Product Variations on the Decision to Visit Street Food in the Pekanbaru

  • Nadya Nathania Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Riau, Kota Pekanbaru
  • Awliya Afwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Riau, Kota Pekanbaru
Keywords: Keputusan Berkunjung, Variasi Produk

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak variasi produk terhadap pilihan jajanan kaki lima pengunjung (studi kasus Kota Pekanbaru). Populasi dalam penelitian yaitu seluruh konsumen street food yang ada di Kota Pekanbaru. Metode penentuan sampelnya adalah menggunakan purposive sampling. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling (sengaja), dengan jumlah sebanyak 80 orang konsumen. Teknik pengambilan data yang dipakai dalam penelitian in yaitu menggunakan angket, wawancara atau interview, dan dengan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan juga analisis SPSS 26. Hasil pada penelitian ini mengarah pada variasi produk memiliki pengaruh positif dan juga signifikan pada keputusan mengunjungi jajanan kaki lima di Kota Pekanbaru.

The aim of this study is to analyze the impact of product variations on the choices of street food visitors (a case study in Pekanbaru City). The population in this study consists of consumers who frequently indulge in street food in Pekanbaru. The sampling method used is purposive sampling, where the sample is determined based on specific goals and considerations. The sample population comprises 80 individuals. Dataacollection techniques includeequestionnaires, interviews, and documentation. The data analysis methods employed in this research are descriptive analysis and SPSS 26 analysis. The results of this study indicate that product variations have a positive and significant influence on the decision to visit street food stalls in Pekanbaru City.

References

Asti, E. G., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Ekomabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(1): 1-14.

Badan Pusat Statistik (2018) Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II-2018 No. 65/08/Th.XXI, 6 Agustus 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Badarudin, N., Tumbuan, W. J. F. A., Ogi, I. W. J. (2021). Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi, Suasana Toko, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Paragon Mart Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal EMBA, 9(3): 313-322.

Bela, Y. S. T. (2022) Analisis Minat Pembelian Ditinjau Dari Variasi Menu, Pelayanan, Serta Ketepatan Harga Di Kantin Teleng Timur. Jemba: Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Bisnis Akuntansi, 2(2): 104-118.

Cemosa, C., & Soelaiman, L. (2020) Pengaruh Kreativitas, Proaktif dan Otonomi Terhadap Kinerja Usaha Makanan dan Minuman. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4): 889-896.

Ernawati, A. S., & Sutopo (2021) Pengaruh Variasi Produk Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Ramai Semarang. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akuntansi, 27(1): 17-32.

Henuk, Y. G. (2024) Pengaruh Food Quality, Price Fairness, dan Service Quality Terhadap Behavioral Intention di Restoran Dragon Hotpot Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 10(1): 1-12.

Ilahi, A. P., & Adi, A. C. (2023) Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku Pemilihan Street Food Pada Remaja Di Pasar Lama Kota Tangerang. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3): 4173-4178.

Imilia, Z. (2020) Pengaruh Variasi Produk Kuliner terhadap Minat Beli Konsumen Pada Lokasi Kaki 5 Di Jalan Perniagaan Medan. Jurnal Bisnis Corporate, 5(2): 47-57.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2011) Manajemen Pemasaran Jilid 2: Bumi Aksara; ISBN No. 979-683-145-7.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009) Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1: Erlangga; ISBN No. 978-979-033-935-4.

Kusuma, R. W., Ban, T. G., Yan, R., & Guntur, M. (2021) Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Tokopedia. Ekomabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 2(2): 125-136.

Lestari, B., & Novitaningsih, I. (2021) Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3): 150-159.

Nathasya, H. (2020) Strategi Manajemen Pada Street Food Yolkee di Pusat Kuliner Pasar Lama Tangerang. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4(1): 30-35.

Pratiwi, M., Andayani, S., & Pratiwi, N. M. I. (2023) Pengaruh Keragaman Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di KKV Tunjungan Plaza Surabaya. SOSIALITA, 2(2): 268-285.

Priyanto, R. (2024) Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Toko Prahasta Purbalingga. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(2): 898-906.

Rahmaningsih, T. I., dan Srihandayani, C. M. (2023) Pengaruh Keragaman Menu, Cita Rasa, Dan Suasana Rumah Makan Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Lumbung Raos Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian di Surabaya, 06 Juli 2023.

Septiana, I., Robyardi, E., & Salmah, N. N. A. (2024) Pengaruh Variasi Produk dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Seblak Tekwan Kuah Merah Pada Kedai Seblak Prabumulih. JOURNAL OF MANAGEMENT Small and Medium Enterprises (SME’s), 17(1): 129-139.

Sugiyono (2018). Metode Penlitian Kuantiatif, Kualitatif, dan R&D: Penerbit Alfabeta; ISBN No. 978-602-289-533-6.

Sulistyadewi, N. P. E., & Wasita, R. R. R. (2022). Pengetahuan Gizi Seimbang Terhadap Perilaku Pemilihan Makanan Jajanan Pada Remaja di SMK Kesehatan Bali. Khresna Medika Jurnal Kesehatan, 10(3): 140-1438.

Tondang, G. A., Nasution, M. L. I., & Dharma B. (2023) Pengaruh Suasana Cafe, Harga, Variasi Menu Terhadap Minat Kunjungan Konsumen (Studi Kasus: Dbest Cafe Tuamang). Jurnal SYARIKAT, v6(1): 15-26.

Ulfami, P., & Saino (2020). Pengaruh Desain Produk, Keragaman Produk. Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Giyomi Melalui Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1): 702–708.

Wahyuddin, M., Mustari, Dinar, M., Nurdiana, & Said, M. I. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dan Pengembangan Pasar Segar Street Food di Kabupaten Pinrang. Jurnal INTELEKTIVA,. 3(11):. 165-170.

Wardani, K. A., & Nurfaizah, . (2022). Tren Makanan Sebagai Dampak GlobalisasiTerhadap Pertukaran Budaya. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan Volume 3 Nomor 2022.

Widarjono, A. (2016). Ekonometrika:. Pengantar dan Aplikasinya, Disertai Panduan Eviews. Edisi Keempat: STIM YKPN; ISBN No. 978-979-353-270-7.

Widiarto,. R. W., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Keragaman Produk dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 25(3):. 259-267.

Wijaya, J S., dan Soelaiman, L. (2023). Meningkatkan Minat Pengunjun Untuk Berkunjung Kembali Ke Sentra Kuliner Pasar Lama. Tangerang Sebagai Dukungan Terhadap Perekonomian UMKM. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 7(1): 92-101.

Published
2024-06-30
How to Cite
Nathania, N., & Afwa, A. (2024). Analisis Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Berkunjung pada Street Food di Kota Pekanbaru: Analysis of the Influence of Product Variations on the Decision to Visit Street Food in the Pekanbaru. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 5(01), 17 - 28. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v5i01.1404
Abstract viewed = 76 times
PDF (Indonesia) downloaded = 67 times