Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Tokopedia
Factors Affecting Purchase Decisions Through Trust As Intervening Variables In Marketplace Tokopedia
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan bisnis online yang terus maju pesat di era modern saat ini ditandai dengan banyak munculnya pesaing-pesaing baru di dunia bisnis oline (Marketplace). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruhnya tingkat persepsi promosi, kualitas informasi, dan keragaman produk melalui kepercayaan terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaf untuk populasi dan sample adalah pengguna aplikasi Tokopedia di kabupaten Bekasi dengan jumlah sampel 106 responden dan untuk analisisnya menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis varians yaitu Partial Least Square (PLS). Hasil menunjukan bahwa variabel kepercayaan dapat memediasi persepsi promosi dan kualitas informasi dengan hasil yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
This research is motivated by the rapid growth of online businesses in the modern era today is characterized by many new competitors in the business world oline (Marketplace). The purpose of this study is to find out how influential the level of perception of promotion, quality of information, and diversity of products through trust in purchasing decisions. The method used in this study is quantifiable for the population and the sample is a tokopedia application user in Bekasi district with a sample number of 106 respondents and for its analysis using the variance-based Structural Equation Modeling (SEM) method, Partial Least Square (PLS). The results show that trust variables can mediate the perception of promotion and quality of information with positive and significant results on purchasing decisions.
References
A. Sukma. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian melalui Social Networking Website. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1-11.
Anggraeni, P., & Madiawati, P. N. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputuan Pembelian Secara Online pada Situs www.traveloka.com. e-Proceeding of Management, 3(2), 1 - 8.
Annisa, D. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus PadaMahasiswa Ilmu Komunikasi UniversitasMulawarman 2015-2017). e-JournalAdministrasi Bisnis, 7(1), 248 - 261. Retrieved from ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id
Ferdiansyah, G., & Agus, R. (2019, 11 18). Pengaruh Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Yang dimediasi Kepercayaan Konsumen (Survei pada Pengguna E-commerce di Indonesia). Journal of Business Management Education (JBME), 2(1), 17 - 20. doi:10.17509/jbme.v2i2.5975
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit.
Gunawan, H., & Ayuningtiyas, K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 152 - 165. doi:https://doi.org/10.30871/jaba.v2i1.763.
Istiqomah, Hidayat, Z., & Jariah, A. (2019, July). Analisis Pengaruh Kepercayaan , Iklan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Shopee Di Kota Lumajang., 2, pp. 557 – 563.
Jurnal.id. (2019). Retrieved from https://www.jurnal.id/id/blogstrategi-pemasaran-tepat.pdf.
Kotler, P., & Keller, L. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson Education,Inc.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Lin, J., Wang, B., Wang, N., & Lu, Y. (2014). Understanding the Evolution of Consumer Trust in Mobile Commerce: A Longitudinal Study. Information Technology and Management, 15(1), 37 – 49. doi:https://doi.org/10.1007/s10799-013-0172-y.
Morissan, A. M. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.
Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode dan Analisis. Semarang: CV Agung.
Mulyanto, H., Ashanti, A., Andriyani, M., & Nugroho, A. T. (2020, Desember). Loyalitas Mahasiswa: Dampak Persepsi Bauran Komunikasi Terhadap Proses Keputusan Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(2), 107 - 116. doi:http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v17i2.485
Nawangsari, S., & Karmayanti, Y. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram ( Study Kasus pada Online Shop YLK.Store). Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018, STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, 8 – 9 Maret 2018 (pp. 61 - 67). Pangkal Pinang: STIMIK Atma Luhur Pangkalpinang.
Nazarudin, H., & Pela, Y. (2016). Pengaruh Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Situs D'BC Network Orifline (Studi Pada Masyarakat Fatufeto Kota Kupang). Jurnal Bisnis & Manajemen, 2(2), 112 - 134.
Nurbaeni, A., Mulyanto, H., Wardani, M. K., & Andriyani, M. (2019, Desember). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Serta Dampaknya pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 109 - 120. doi:http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v16i2.346
Nurhayati, Siti. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN : 2252-5483, 60-69.
Rahmawati, L., & Nikmah, F. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis (JAB), 125-128.
Ratela, G. D., & Taroreh, R. (2016). Analisis Strategi Diferensiasi, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Kopy Coffee Island. Jurnal EMBA, 4(1), 460 - 471.
Rehman, S. U., Shareef, A., & Ishaque, A. (2012). Situational and Enduring Involvement: Impact on Relationship Marketing Tactics. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 4(1), 598 - 605.
Rifianita, R. D., & Basoeki, R. S. (2019). Pengaruh Store Layout dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Seamart Swalayan Malang). J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(3), 113 - 116.
Schiffman, L., & Kanuk, L. (2010). Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice. New Jersey: Pearson Prentice.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi,, 4(1), 38 - 51. doi:DOI : https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Sukma, A. A. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Sosial Networking Website. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1 - 11.
Sutabri, T. (2021). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
Wahyono, S. A., & Susilawati. (2016). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Kepercayaan dan Dampaknya Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah (StudiKasus Politeknik LPKIA Kota Bandung). Jurnal Indonesia Membangun, 15(2), 82 - 100.
www,inet.detik.com. (2021). Retrieved from https://inet.detik.com/cyberlife/d-5469818/tokopedia-e-commerce-yang-paling-banyak-dikunjungi-pada-januari-2021
www.akseleran.co.id. (2020). Retrieved from https://www.akseleran.co.id/blog/perkembangan-teknologi.pdf.
www.tekno.kompas.com. (2021). Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta
Copyright (c) 2021 EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
- Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral righ of the publication belongs to the author.
- Legal formal aspcect of journal publication assessibility refers to Creative Commons Atribut-Non Commercial-No Derivatef (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
- Every publications are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned aboe, editorial board is not responsible for copyright violation.


LPPM Universitas Pelita Bangsa