Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Garuda Express Delivery (GED) Terhadap Kepuasan Pelanggan

The Effect of Price and Service Quality for Garuda Express Delivery (GED) on Customer Satisfaction

  • Agus Sudigdo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
  • Taufik Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh ekspedisi Garuda Express Delivery (GED) terhadap kepuasan PT IDS Medical Systems Indonesia (Cabang Jakarta). Objek penelitian ini adalah karyawan pada PT IDS Medical Systems Indonesia (Cabang Jakarta) yang merupakan pelanggan layanan ekspedisi GED. Penelitian berbasis metode kuantitaif, melalui survey menggunakan kuesioner. Teknik sampling berupa sensus melibatkan divisi Logistik dan SOM (Sales Order Management) sebanyak 28 karyawan. Data diolah dengan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan kepuasan konsumen tidak dipengaruhi oleh harga. Pada sisi lain, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan.

The purpose of this study was to determine the effect of price and service quality provided by the Garuda Express Delivery (GED) expedition on the satisfaction of PT IDS Medical Systems Indonesia (Jakarta Branch). The object of this research is an employee at PT IDS Medical Systems Indonesia (Jakarta Branch) which is a customer of the GED expedition service. Quantitative method-based research, through a survey using a questionnaire. The sampling technique is in the form of a census involving the Logistics and SOM (Sales Order Management) division of 28 employees. The data is processed by multiple linear regression analysis using SPSS 21. The results of this study indicate that consumer satisfaction is not influenced by price. On the other hand, service quality has a significant effect on satisfaction.

References

Anshar, A. (2019). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(4), 1–16.

Apriati, T., Salim, M. A., & Priyono, A. A. (2018). Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma. E-Jurnal Riset Manajemen, 7(2), 46–58.

Bimantara, B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Risiko Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Ekspedisi J & T Express Samarinda. EJournal Administrasi Bisnis, 8(3), 258–264.

Irawan. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta. Elek Media Komputindo.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta. Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. N. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. N. (2012). Marketing Management, 14th, Person Education.

Mulyanto, H. & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV.Agung.

Novia, H. E., & Sutrisna, E. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan Harga terhadap kepuasan pelanggan pada Ekspedisi di Pekanbaru. Jom Fisip, 4(2), 1–15.

Setiawan, B. P. & Frianto, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Perusahaan Jasa Ekspedisi Krian). Journal of Business and Innovation Management. 3(1), 352–366.

Setyo, P. E. (2020). Pengaruh Citra Merk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima. 1 (2), 111 - 118

Siregar, M. K. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks. PERFORMA Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 1 (6), 755 - 764

Sugiyono. (2002). Statistika untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Taufik; Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi COVID 19 terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform online (The Impact of Covid-19 Pandemic on Business and Online Platform Existance). Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(5), 21–32.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Published
2021-07-15
How to Cite
Sudigdo, A., & Taufik, T. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Garuda Express Delivery (GED) Terhadap Kepuasan Pelanggan: The Effect of Price and Service Quality for Garuda Express Delivery (GED) on Customer Satisfaction. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 2(02), 137 - 146. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v2i02.191
Abstract viewed = 1420 times
PDF (Indonesia) downloaded = 1485 times