PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN
(EFFECT OF SERVICE QUALITY, PRODUCT QUALITY AND PRICE ON CONSUMER SATISFACTION)
Abstract
Business competition is getting tighter, making the producers are required to always think creatively and critically in developing business. Especially in the culinary business. This study aims to determine the Quality of Service, Product Quality and Price proposed for Consumer Satisfaction (Y). This type of method used is a qualitative method, questionnaire data 96 respondents from a total of unlimited participants. The results of the study showed that there was an influence between Service Quality, Price, and Customer Satisfaction, while Product Quality did not oppose Consumer Satisfaction in the Oto Bento Villa Nusa Indah Resto. t-count = - 0.788 Price variable obtained value t-count = 4.089 while t-table obtained using the value of absent (α = 5% obtained value = 1.664), t-count value of variables X1 and X3 is greater than the value of t-table, H1 is accepted and H0 Bento Villa Nusa Indah, while the calculated value of X2 is smaller than the table value, H1 is rejected and H0 is accepted which is related to the quality of the product to the Customer Satisfaction in Resto Oto Bento Villa Nusa Indah.
Abstrak
Persaingan bisnis saat ini yang semakin ketat, dari para produsen dituntut untuk selalu berfikir kreatif dan kritis dalam mengembangkan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Jenis metode yang digunakan adalah metode kualitatif, data kuesioner 96 orang responden dari total populasi yang tidak terbatas. Hasil dari penelitian menunjukkan ada pengaruh secara parsial antara Kualitas Pelayanan, Harga, terhadap Kepuasan Konsumen sedangkan Kualitas Produk tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen pada Resto Oto Bento Villa Nusa Indah Uji thitung (signifikan korelasi ) untuk variabel Kualitas Pelayanan diperoleh nilai thitung= 5,953, variabel Kualitas Produk diperoleh nilai thitung = - 0,788 variabel Harga diperoleh nilai thitung = 4,089 sementara ttabel yang diperoleh mengunakan nilai alpa (α=5% diperoleh nilai sebesar = 1,664), nilai thitung variabel X1 dan X3 lebih besar dari pada nilai ttabel, H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh antara Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Resto Oto Bento villa nusa indah, sedangkan nilai thitung variabel X2 lebih kecil daripada nilai ttabel, H1 ditolak dan H0 diterima yang artinya tidak terdapat pengaruh antara Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Resto Oto Bento villa nusa.
References
Arief Adi Satria Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 2, Nomor 1, April 2017 : 45–53 Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumenpada perusahaan A-36
Brigitte Tombeng ferdy, Roring, Farlane S. Rumokoy Issn 2303-1174 B.Tombeng., F.Roring., F.S.Rumokoy., Pengaruh Kualitas…. 891 Jurnal Emba Vol.7 No.1 Januari 2019, Hal. 891 – 900 Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Raja Oci Manado
Christian Hari Nugroho, Sunarso, Setyaningsih Sri Utami Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 16 No. 3 September 2016: 364 – 371 ANALISIS pengaruh harga, kualitas produk . dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan Sfa Stiek & Resto Klodran Karanganyar
Daniel Adhi Satria dan Helena Sidharta Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Agustus 2017 pada jurnal Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen porball
Daniel Reven, Augusty Tae Ferdinand, Volume 6, Nomor 3, Tahun 2017, Halaman 1-13 http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/m anagement ISSN (Online): 2337-3792, analisa pengaruh desain produk, kualitas produk, harga kompetitif, dan citra merek terhadap keputusan pembelian.
Dealisna Pantilu, Rosalina A.M., Koleangan Ferdy Roring ISSN 2303-1174 D.Pantilu, R.A.M.Koleangan., F.Roring, Pengaruh Kualitas pelayanan harga dan kualitas produk dan fasilitas kepuasan konsumen
Dedhy Pradana, Syarifah Hudayah, Rahmawati, Available online : http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/ KINERJA K I N E R J A Volume 14 (1) 2017, 16-23, Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor.
Dewi Pratiwi Indriasari Sp, Se, Mm Jurnal Ekonomi, Volume 19 Nomor 3, Oktober 2017 Copyright @ 2017, Oleh Program Pascasarjana, Universitas Borobudur Pengaruh Harga, Promosi Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Restoran Cepat Saji
Dita Amanah Jurnal Keuangan & Bisnis Dita Amanah Volume 2 No.1, Maret 2010, P : 71-87 Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M. Yamin Medan
Ferdyanto Fure, Joyce Lapian, Rita Taroreh, ISSN 2303-1174 F. Fure., J. Lapian., R. Taroreh. Pengaruh Brand Image, pengaruh brand image, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pembelian konsumen di J.CO manado
F.S.Maramis.,J.L.Sepang.,A.S.Soegoto. 1658 Jurnal EMBA Vol.6 No.3 Juli 2018, Hal. 1658 – 1667, Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado, ISSN 2303-1174.
Ida Ayu Inten Surya Utami, I Made Jatra E- Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 7, 2015 : 1984-2000 ISSN : 2302-8912 pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan restoran sanur
Indra Dwi Permana, Lia Yuldinawati, ST., MM e-Proceeding of Management : Vol.2, No.3 Desember 2015 | Page 2468 ISSN : 2355-9357, pengaruh prilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk mobil low cost green car ( Lcgc ) di kota bandung.
Muhammad Ridha , Muhammad Adam Vol. 3, No.2 Mei: 62-74 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Pengaruh nilai yang dirasakan dan pengalaman konsumen terhadap loyalitas dan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada canai mamak Kl lam the
Nela Evelina, Handoyo DW, Sari Listyorini DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC Tahun 2012, Hal. 1-11 http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/, pengaruh citra merek, kualitas produk harga dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu perdana telkomflexi
Pristiana Widyastuti Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 2, Nomor 1, Hal 17-28 ISSN: 2549-3604 (online), ISSN: 2549-6972, Kualitas dan Harga sebagai Variabel Terpenting pada Keputusan Pembelian Sayuran Organik.
Santi Yoga Pratama, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen sdi Agya Collection Ponorogo.Skripsi. Fakultas Syariah Jurusan Muamalah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Agung Eko Purwana, M.S.I.
Sopiyan rizaliJournal of management Review ISSN-P: 2580-4138 / ISSN-E: 2579-812X http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/manag ementreview Volume 2 Number 1 Page (173-182) Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Berpengaruh Terhadap Kualitas Pelayanan.
Tina Martini Jurnal Penelitian, Vol.9, No.1, Februari 2015 Analisis pengaruh harga, kualitas produkdan desain terhadap Keputusan pembelian kendaraan bermotor merek honda jenis skutermatic.
Copyright (c) 2020 EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
- Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral righ of the publication belongs to the author.
- Legal formal aspcect of journal publication assessibility refers to Creative Commons Atribut-Non Commercial-No Derivatef (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
- Every publications are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned aboe, editorial board is not responsible for copyright violation.