Citra dan Promosi dalam Mempengaruhi Kepercayaan Benevolence serta Dampaknya pada Minat Masyarakat pada Lembaga Pendidikan
Image and Promotion in Influencing Benevolence Beliefs and Their Impact on Public Interest in Educational Institutions
Abstract
Citra yang dimiliki sekolah dan promosi yang dilakukan berperan penting dalam mendorong kepercayaan benevolence dan minat. Penelitian ini bertujuan menganaliis citra dan promosi dalam mempengaruhi kepercayaan benevolence serta dampaknya pada minat masyarakat. Penelitian dilakukan di cileungsi dengan mengambil 76 responden yaitu orang tua siswa kelas 6 di wilayah Cileungsi. Data diperoleh dari kuesiober yang diberikan kepada responden dan dianalisis menggunakan model struktural (SmartPLS 4). Penelitian menghasilkan temuan bahwa kepercayaan benevolence berpengaruh terhadap minat; citra tidak berpengaruh terhadap kepercayaan benevolence; dan kepercayaan benevolence tidak memediasi citra terhadap minat. Penelitian juga menghasilkan temuan bahwa promosi berpengaruh terhadap kepercayaan benevolence; dan kepercayaan benevolence memediasi promosi terhadap minat masyarakat.
The image of the school and the promotion carried out play an important role in encouraging benevolence beliefs and interest. This study aims to analyze the image and promotion in influencing benevolence beliefs and their impact on public interest. The study was conducted in Cileungsi by taking 76 respondents, namely parents of 6th grade students in the Cileungsi area. Data were obtained from questionnaires given to respondents and analyzed using a structural model (SmartPLS 4). The study found that benevolence beliefs influenced interest; image did not influence benevolence beliefs; and benevolence beliefs did not mediate image on interest. The study also found that promotion influenced benevolence beliefs; and benevolence beliefs mediated promotion on public interest.
References
Aaker, & Biel, D. (2009). Brand Equity and Advertising: Advertising Role In Building Strong Brand. Hillsdale: Inc.Lawrence Erlbaum Associates.
Agustino, L., Ujianto, & Yousida, I. (2021). Pengaruh promosi, persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap minat penggunaan e-wallet dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi pada pengguna e-wallet di kota Banjarmasin.
Aldi, R. R., Peter, S. J., & Kristaung, R. (2023). Pengaruh karakteristik konsumen, green product, dan citra merek terhadap minat beli konsumen. jurnal pendidikan tambusai.
Anugrahdewi, M. W., & Bastaman, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Merek sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen BTS Meal MCD di Kota Jakarta Selatan). Jurnal Ilmiah Indonesia.
Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya.
Desembrianita, E., Munir, N. M., & Suyoto. (2021). Pengaruh Citra Perguruan Tinggi dan Kualitas Jasa Terhadap Minat Beli di Universitas Muhammadiyah Gresik Melalui Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Gresik). Jurnal Teknologi dan Manajemen.
Geraldine, Y. M., & Susanti, A. (2021). Pengaruh merek, kualitas produk, media sosial dan harga terhadap minat beli konsumen pada produk brand wardah.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro.
Herlina, E., & Mulyanto, H. (2023). Peran kepercayaan dalam memediasi promosi online dan brand image terhadap loyalitas mahasiswa di Jakarta.
Hidayah, S. A. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering.
Johan, S., Juwita, R., & Megawati. (2021). Pengaruh electronic word of mouth, brand ambassador, iklan, dan kepercayaan terhadap minat beli konsumen pada e-commerce shopee Indonesia pada saat pandemik (studi kasus di kota Palembang).
Kotler, & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kournikofa, D., Fajri, A., & Haerudin. (2023). Kepercayaan sebagai pemediasi citra merek dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen event organizer. jurnal ilmiah manajemen dan kewirausahaan (JIMAK).
Kuliyatin, A., Bafadal, I., & Zulkarnain, W. (2017). Hubungan Citra Sekolah, Pelayanan Prima, Harapan Orang Tua, dan Rasa Bangga dengan Keputusan Orang Tua Menentukan Sekolah untuk Anaknya. jurnal eletronik universitas negeri malang.
Muljono, R. K. (2018). Digital Marketing Concept. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV Agung.
Noviyanti, A., & Erawati, T. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Efektivitas terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) (Studi Kasus: UMKM di Kabupaten Bantul). jurnal ilmiah akuntansi dan finansial indonesia.
Putri, F., & Teguh, T. (2016). strategi yayasan untuk menarik minat orang tua dalam menyekolhakn anaknya. e-jurnal manajemen pendidikan.
Putri, S. B., & Mulyanto, H. (2023). Popularitas Ambassador Merek, Iklan Digital dan Citra Merek dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 4(01), 49-62. doi:https://doi.org/10.37366/ekomabis.v4i01.395
Ramialis, A., & Eri, B. (2021). Pengaruh website quality dan website brand terhadap minat beli online dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi (survei pada konsumen shopee kota Padang).
Rusti, P. (2017). hubungan persepsi masyarakat tentang SMPIT dengan minat orang tua menyekolahkan anaknya (studi kasus SMPIT Raudhatul jannah, Kec. Cibeber, Kota Cilegon). UIN Banten. Banten.
Sasambe, G. S., Massie, J., & Rogi, M. (2023). Pengaruh produk, harga, promosi terhadap minat beli konsumen di freshmart superstore bahu Manado terkait penerapan protocol kesehatan dalam pencegahan covid-19 (studi pada konsumen freshmart superstore bahu Manado).
Sofian, M. F. (2023). Kesadaran merek, promosi dan kualitas produk pengaruhnya terhadap kepercayaan pelanggan produk flavorich dillco group.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Walidaini, B., & Ratnaningrum, N. (2022). Pengaruh celebrity endorsement, kualitas produk dan citra merek terhadap kepercayaan pelanggan. UPY business and management journal.
Wardoyo, &. d. (2023). animo orang tua menyekolahkan anak di madrasah ibtidaiyah nahdlotur rijal kroya Indramayu. jurnal pengabdian masyarakat waradin.
Yodi, T. (2021). Pengaruh online customer review, kepercayaan dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk di shopee pada masa pandemik covid-19 (Studi kasus pada pelanggan Shopee di kalangan mahasiswa STE Rawamangun).
Yuliawan, E., Siagian, H., & Willis, L. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan pembelian pada Online Shop Zalora Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan.
Copyright (c) 2025 EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral righ of the publication belongs to the author.
- Legal formal aspcect of journal publication assessibility refers to Creative Commons Atribut-Non Commercial-No Derivatef (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
- Every publications are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned aboe, editorial board is not responsible for copyright violation.