Keputusan Pembelian Pengguna E-commerce Tiktok Shop: Daya Tarik Konten, Gratis Ongkos Kirim dan Harga Flash Sale sebagai Pemicu

Tiktok Shop E-commerce User Purchase Decisions: Content Attraction, Free Shipping and Flash Sale Prices as Triggers

  • Purnama Sari Universitas IPWIJA
  • Johan Mohammad Palah Prodi Sistem Informasi Universitas IPWIJA
  • Putri Ambarwati Prodi Sistem Informasi Universitas IPWIJA
Keywords: Keputusan pembelian, daya tarik konten, gratis ongkos kirim, harga flash sale

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji daya tarik konten, gratis ongkos kirim dan harga flash sale sebagai pemicu keputusan pembelian pengguna e-commerce di Tiktok Shop. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna Tiktok Shop di Klapanunggal Bogor. Pengambilan sampel secara startified sampling dengan jumlah 100 sampel sebagai responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Data hasil kuesioner dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier ganda diolah menggunakan software SPSS. Penelitian menghasilkan temuan bahwa daya tarik konten dan harga flash sale yang tinggi menjadi pemicu tingginya keputusan pembelian. Gratis ongkos kirim yang semakin besar justru menurunkan keputusan pembelian pengguna e-commerce Tiktok Shop.

The study aims to test the attractiveness of content, free shipping and flash sale prices as a trigger for purchasing decisions of e-commerce users on Tiktok Shop. The population in this study is Tiktok Shop users in Klapanunggal Bogor. Startified sampling with 100 samples as respondents. Data collection using a closed questionnaire. The questionnaire data were analyzed using multiple linear regression analysis processed using SPSS software. The research found that the attractiveness of content and high flash sale prices are the triggers for high purchase decisions. The increasing free shipping actually reduces the purchase decisions of Tiktok Shop e-commerce users

References

Ahmad, S., Lubis, F. A., & Atika. (2022, Oktober). Pengaruh Cashback, Flash Sale, Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Impulse Buying Konsumen Generasi Z Pada Shopee. JURNAL MANAJEMEN AKUNTANSI (JUMSI), 2.

Ahmadi, R. (2022). Pengaruh flash sale dan tagline gratis ongkir shopee terhadap keputusan pembelian mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis.

Ambo, A., & Endang, A. H. (2019). Analisis Bisnis E-Commerce Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Ardin, W. N., & Siregar, O. M. (2020). Retrieved from Universitas Sumatera Utara: https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/29172

Arestrias, Pradnya, A., Wijanarko, & Azhar, A. (2021). Pengaruh Metode Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen Pada E-Commerce Shopee.

Asih, P. B. (2022). PENGARUH PROMO GRATIS ONGKOS KIRIM, DISKON DAN IKLAN SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI DKI JAKARTA.

Atman, M. H., & Asra, Y. (2019). Analisa Penngaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz:Jurnal Inovasi Bisnis, 162-165.

Cintia, Y., Nursanta, E., Widiyarsih, W., & Masitoh, S. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Informasi, Kemudahaan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee Authors. 2.

Devica, & Sadana. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Flash Sale Belanja Online Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Terapan, 47-56.

Fitria, L. (2022). Dampak e-commerce tiktok shop terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa prodi ekonomi syariah 2018 IAIN Kediri. thesis, IAIN Kediri.

Hartanti, H. T. (2018). Pengaruh Dimensi-Dimensi Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada akun Instagram @Gigieatcake). Univeristas Bakrie.

Istikomah, N., & Hartono, B. (2022). Analisis Persepsi Promosi Gratis Ongkos Kirim (Ongkir) Shopee Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Kompetitif.

Kapriani, K., & Ibrahim, I. (2022). Analisis Pengaruh Diskon dan Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Layanan Jasa Grab Food pada Masa Pandemi.

Mira Istiqomah, N. M. (2020). Pengaruh Promo Gratis Ongkir Kirim Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Fashion. 288-291.

Mira, I., & Marlena, N. (2022). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion. 12.

Muchlisin, R. (2020). Retrieved from https://www.kajianpustaka.com/2020/09/iklan-dan-periklanan-pengertian-fungsi.html

Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis (4 ed.). Semarang: CV Agung.

Nisriina, L. R., & Chasanah, A. N. (2022). PENGARUH PERSEPSI KUALITAS, WORD OF MOUTH, DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LUWAK WHITE KOFFIE. Jurnal Majanemen dan Dinamika Bisnis, 1, 54.

Noor, W. A., Eldine, A., & Muniroh, L. (2019). Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 93.

Noviyanti, & Safrida Dwi. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Flashsale Shopee Surabaya.

Oisina, I. V. (2021). Pengaruh Daya Tarik Content Marketing dan Content Riview terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Komunikasi, 265-276.

Pandan, L. W., & Andarini, S. (2021). Pengaruh Flash Sale Dan Cashback Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna Shopee. 80.

Sari, & Evita. (2022). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim, Online Customer Riview Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Retrieved from Repository Universitas HKBP Nommensen: http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6230

Sinaga, M. (2022). PENGARUH DISCOUNT DAN IKLAN SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN.

Syauqi, A., Lubis, F. A., & Atika. (2022). Pengaruh Cashback, Flash Sale, Tagline Gratis Ongkir’ Terhadap Impulse Buying Konsumen Generasi Z Pada Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 4, 734-49.

Tias, I. A., Dhenabayu, R., Pradana, R. M., Erta, & Dewi, H. S. (2023, Januari 2023). Perceived Ease of Use on Purchasing Decisions in E-Commerce (a case study of TikTok social media). Peer-Reviewed – International Journal, 2(1), 25.

Umaroh, & Hesti, E. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Flashsale Shopee Mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ummu, K., & Usuli, S. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian pada Minuman Boba Brown Sugar Gar_Fresh. Jurnal EKOMEN, 21, 58.

Published
2023-10-30
How to Cite
Sari, P., Palah, J. M., & Ambarwati, P. (2023). Keputusan Pembelian Pengguna E-commerce Tiktok Shop: Daya Tarik Konten, Gratis Ongkos Kirim dan Harga Flash Sale sebagai Pemicu: Tiktok Shop E-commerce User Purchase Decisions: Content Attraction, Free Shipping and Flash Sale Prices as Triggers. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 4(01), 85 - 100. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v4i01.260
Abstract viewed = 911 times
PDF (Indonesia) downloaded = 664 times