Bukti Fisik, Daya Tanggap dan Empati dalam Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Studio Shutterkeep Photography Cileungsi

Physical Evidence, Responsiveness and Empathy in Influencing Consumer Satisfaction Shutterkeep Photography Studio Cileungsi

  • Ajeng Rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
  • Remilo Susanti Ester Bogor
Keywords: Bukti Fisik, Daya Tanggap, Empathy, Kepuasan, Empati

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bukti fisik, daya tanggap dan empati dalam mempengaruhi kepuasaan konsumen studio Shutterkeep Photography Cileungsi. Penelitian di Shutterkeep Photography yang berlokasi di Jl. Cileungsi-Setu Pasir Angin, Kec Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan menyebarkan kuesioner kepada 83 konsumen sebagai sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensi diolah menggunakan program SPSS versi 22.0 for windows. Bukti fisik tidak mempengaruhi kepuasaan konsumen sedangkan daya tanggap dan empati positi dalam mempengaruhi kepuasan konsumen.

This study aims to determine physical evidence, responsiveness and empathy in influencing consumer satisfaction of Shutterkeep Photography Cileungsi studio. Research at Shutterkeep Photography located on Jl. Cileungsi-Setu Pasir Angin, Cileungsi District, Bogor Regency, West Java by distributing questionnaires to 83 consumers as samples. The data analysis used is descriptive analysis and inference analysis processed using SPSS program version 22.0 for windows. Physical evidence does not affect consumer satisfaction while responsiveness and empathy affect consumer satisfaction.

 

References

Achmad, E. R. (2020 ). Etheses.Uin. Retrieved 12 19, 2021, From Etheses.Uin: Http://Ejournal.Iseiriau.Or.Id/Index.Php/Economica/Article/View/27

Agalela. (2019). Pengaruh Responsiveness Dan Empathy Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Simplex.

Ahmad. (2021, Juni 05). Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Tugas, dan Konsep. Retrieved 12 17, 2021, From Gramedia Blog: Https://Www.Gramedia.Com/Literasi/Manajemen-Pemasaran/

Asep, S., Komarudin, & Suharni, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Kawasaki. Jurnal Arastirma Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Unpam.

Budi, S., & Ferawati. (2018). Pengaruh Jaminan, Empati Dan Kehandalan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan.

Edwin, G., Gabriel, O. S., & Agung, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Harga. Journal Of Management Rivew.

Eko, W. (2021). Pengaruh Mutu Layanan Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (Jiap).

Elizabeth, H., Idahwati, & Hilda, S. H. (2021). Pengaruh Faktor Responsiveness Dan Tangibles Terhadap Kepuasan. Jurnal Tekesnos.

Erza, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasam Konsumen. Central Liblary Of Maulana Malik Ibrahim State Islamic.

Fitriyani, I. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien: Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Barat. Eprints , 11.

Galih, K. (2020). Pengaruh Faktor Responsiveness Dan Tangibles Terhadap Kepuasan. Jurnal Manajemen dan Akuntansi.

Iffan, M., Santy, R. D., & Radiaswara, R. (2018). Pengaruh Proses Dan Bukti Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hotel Santika Bandung. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen.

Irma, A. (2020). Pengaruh Tangible Dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Garuda Plaza Hotel Medan. Digital Repository.

Lilis, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keupuasan Konsumen Rumah Makan. Jurnal Manajemen.

Lupiyoadi. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Ed. 3. Jakarta, Salemba Empat

Lusiana & Salamun, P. (2020). Pengaruh Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy Dan Tangibles. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan .

Martini, K. (2020). Peran Mediasi Nilai Pelanggan Pada Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Aneka Lovina. Undiksha Repository, 10.

Melvin, Z., Tien, Y., & Neny, R. (2021). Pengaruh Prasarana Fisik, Proses Pelayanan Dan Responsivenessterhadap Kepuasan Nasabah Pada Layanan Atm Bni Cabang Musi Palembang. Integritas Jurnal Manajemen Profesional (Ijmpro).

Mulyanto, H. & Wulandari A., 2010, Penelitian: Metode & Analisis, Semarang: CV Agung.

Parasuraman, A. Valerie, 2001. (Diterjemahkan Oleh Sutanto) Delivering Quality Service. The Free Press, New York.

Rahmayanti, N. W. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 16.

Reigen, W. (2021). Pengaruh Tangible Dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Konsumen (Jasa). Repository.Unbari.

Setiadi, K. P. (2021). Penerapan Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada PT Etos Suryanusa. Kalianda Halok Gagas, 25.

Supriadi, P. B. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Penyimpan Pada. Eprints, 10.

Syahputri, D. P. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lubuk Pakam. Journal of Management Science (Jmas)V, 6.

Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Strategis. Penerbit Andi : Jogjakarta.

Ulfa, A. M. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Repository IKIP PGRI Bojonegoro, 10.

Ulumiyyah, L. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Promosi, Lokasi, Harga, Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen. Unspecified, 144.

Yanti, L., & Nia, O. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Web Tirta Musi Palembang Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Servqual. Conference. Binadarma.

Published
2022-12-31
How to Cite
Rahayu, A., & Ester, R. S. (2022). Bukti Fisik, Daya Tanggap dan Empati dalam Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Studio Shutterkeep Photography Cileungsi: Physical Evidence, Responsiveness and Empathy in Influencing Consumer Satisfaction Shutterkeep Photography Studio Cileungsi. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 3(02), 137 - 146. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v3i02.265
Abstract viewed = 263 times
PDF (Indonesia) downloaded = 194 times