Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Pembelajaran Online dalam Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19
Quality of Online Services and Online Learning Facilities in Influencing Student Satisfaction during the Covid-19 Pandemic
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pelayanan Online dan Fasilitas Pembelajaran online Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Penelitian dilakukan di Gunung Puteri, Bogor selama masa pandemi covid-19 dengan jalan meneybar kuesioner kepada 83 mahasiswa dari total populasi 465. Data penelitian merupakan hasil kuesioner online yang kemudian diolah menggunakan SPSS versi 16 dengan metode analisis regresilinier ganda. Penelitian menghasilkan temuan bahwa pelayanan online dan fasilitas pembelajaran online berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa.
This study is to determine the Effect of Online Services and Online Learning Facilities on Student Satisfaction. The study was conducted in Gunung Puteri, Bogor during the COVID-19 pandemic by distributing questionnaires to 83 students from a total population of 465. The research data was the result of an online questionnaire which was then processed using SPSS version 16 with multiple regression analysis methods. This research resulted in findings that online services and online learning facilities have a significant effect on student satisfaction.
References
Andalusi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kualitas Produk TerhadapKepuasan Pelanggan Instrumen Penunjang Laboratorium. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 1(2), 305-322.
Apriyadi, D. (2017). Analisis pengaruh ketepatan waktu, fasilitas dan harga tiket terhadap kepuasan penumpang kereta api di stasiun Purwosari. MAGISTRA, 29(99).
Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers
Atmaja, J. 2018. KualitasPelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodomica Vol2, No. 1.
Deville, A. & Konda, B. (2016). Effect of student perceived service quality on student satisfaction,loyalty and motivation in indira universities : Deplopment of hieduqai. Jurnal of modelling in management.
Diky, P. J. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Online Terhadap Kepuasan Nasabah Di Pasar Modal Syariah (Studi Pada Nasabah Mandiri Sekuritas Bandar Lampung). Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).
Djaslim, S. 2012. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. Bandung : Cv. Linda Karya
Efendi, P.J. & Lili Y.A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung, Bandung. Derema Jurnal Manajemen.
Firmansyah, A. & Mahardhika, B.W. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Penertbit Deepublish.
Firmansyah, A., & Murwanti, S. (2016). Pengaruh Lokasi, Harga, Fasilitas, Dan KualitasPelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di Soto Seger Mbok GiyemCabang Sukoharjo). Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivarite dengan program SPSS 25, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponorogo
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Komala, R., & Selvi, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online. Jurnal Manajemen, 13(3).
Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principle Of Marketing, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall
Kotler, P. & Keller, K.L. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih Bahasa: Bob Sabran, Mm. Jakarta :Erlangga
Kurbani, A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Kuliah Pada Universitas PGRI Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4).
Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan (service quality)terhadap kepuasan pelanggan pt. sucofindo batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232-243.
Lumentut, F. L., & Palandeng, I. D. (2014). Fasilitas, Servicescape, Dan Kualitas Pelayanan, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Mcdonald’s Manado. Jurnal EMBA:Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional ProsedurDan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Manullang, M. Esterlina Hutabarat, 2016. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Indomedia Pustaka.
Mualimin, A. (2016). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Pada Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. Makasar : UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin- alauddin.ac.id/
Mulyanto, Wulandari, (2010). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang : CV Agung
Panday, R. (2012). Evaluasi Kualitas Layanan Hotel “X” Untuk meningkatkan kualitas layanan menggunakananalisis important performence. Jurnal pengembangan bisnis manajemen.Vol. XII No.20
Pertiwi, D. C. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (StudiPada Konsumen Coffee Corner Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(2).
Rusdiana, (2015). Kebijakan Pendidikan ( Dari Filosofi Ke Implementasi), Bandung: Pustaka Setia
Santoso, F., Arifin, R., & Slamet, A. R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap KepuasanMahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2014-2016 UniversitasIslam Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 6(08).
Srijani, N., & Hidayat, A. S. (2017). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Aston Madiun Hotel & Conference Center. Wiga: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(1), 31-38.
Subagiyo, R., & Adlan, M. A. (2017). Pengaruh service quality, marketing mix dan kepuasan mahasiswa terhadap customer loyalty. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 13(1), 1-15.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif R & D. Bandung: Alfabeta
Sulistiyono A, (2019). Manajemen Penyelenggara Hotel. Bandung : Alfabeta
Tjiptono, F. & Chandra, G. (2011). Service, Quality And Satisfaction, Ed. 3. Yogyakarta, Andi.
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa. Jawa Timur :Penerbit Banyumedia Publishing
Wirawan, A., & Risfandi, R. (2018). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan, Kinerja Pustakawan Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dalam Menggunakan Perpustakaan Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied BusinessAdministration, 2(1), 20-28.
Yugiswara, A., Sukidin, S., & Kartini, T. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Movasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Kraksaan Probolinggo Tahun 2018. JurnalPendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 101-108.
Copyright (c) 2022 EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral righ of the publication belongs to the author.
- Legal formal aspcect of journal publication assessibility refers to Creative Commons Atribut-Non Commercial-No Derivatef (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
- Every publications are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned aboe, editorial board is not responsible for copyright violation.