Metode Demand Forecasting dalam menjalankan manajemen operasi pada industri manufaktur

Demand Forecasting method in carrying out operations management in the manufacturing industry

  • Isabella Ayu Prodi Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • Apip Fudoli Prodi Magister Manajemen Universitas Pelita Bangsa
  • M. Hatta Fahamsyah Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Demand Forecasting, Manajemen Operasi, Inventory

Abstract

Demand Forecasting (peramalan) merupakan isu yang krusial untuk menjalankan management operasi yang efisien, hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan stok, mengurangi biaya, meningkatkan penjualan, laba, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Berikut merupakan studi kasus pada perusahaan bergerak di bidang manufaktur khususnya di komponen suku cadang (spareparts) yang mana kebutuhan pasar tidak menentu dan tingginya nilai inventory di perusahaan tersebut. Metode forecast yang digunakan oleh perusahaan manufaktur adalah metode likelihood function dengan perhitungan yang sudah dijalankan sejak lama, penulis membandingkan dengan 2 metode yang lain yaitu metode moving average dan metode naif, hasilnya nilai Deviasi Rata-Rata Absolut (MAD) yang paling kecil adalah hasil dengan menggunakan metode moving average forecast.

Demand Forecasting (Prediction) is a crucial issue to run efficient operations management, it aims to optimize stock, reduce costs, increase sales, profit, and increase customer loyalty. The following is a case study on manufacturing company, especially in spare parts components where market needs are uncertain and high inventory value in the manufacturing company. The forecast method used by manufacturing companya is the likelihood function method with calculations that have been carried out for a long time, the author compares with 2 other methods, namely the moving average method and the naive method, the result is that the smallest Mean Absolute Deviation (MAD) value is the result with using the moving average forecast method.

References

Cohen, e. a. (2007). Metode Penelitian dalam Pendidikan. New York: Routledge.

Gaspersz, V. (2001). Desain sistem manufaktur menggunakan ERP system : suatu pendekatan praktis. Journal Siasat Bisnis , 77-88.

George E.P. Box, G. M. (2016). Time Series Analysis Forecasting and Control, Fifth edition. New Jersey : John Wiley & Sons.

Jay Heizer, B. R. (2015). Manajemen Operasi Manjemen keberlangsungan dan rantai pasokan, edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Kazeem, R. O. (2016). Demand Forecasting Of A Fruit Juice Manufacturing Company. ARPN Journal Of Engineering And Applied Sciences.

Maria Elena Nenni, L. G. (2013). Demand Forecasting in the fashion industry: A review. International Journal of Engineering Business Management.

Nadiyah, K. (2019). An analysis of spareparts demand forecasting study : PT Riung Mitra Lestari, Indonesia. OISAA Journal of Indonesia Emas.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Zeynep Hilal Kilimci, A. O. (2019). An Improved Demand Forecasting Model Using Deep Learning Approach and Proposed Decision Integration Strategy for Supply Chain. Wiley Hindawi.

Published
2022-12-31
How to Cite
Ayu, I., Fudoli, A., & Fahamsyah, M. H. (2022). Metode Demand Forecasting dalam menjalankan manajemen operasi pada industri manufaktur: Demand Forecasting method in carrying out operations management in the manufacturing industry. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 3(02), 127 - 136. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v3i02.286
Abstract viewed = 2556 times
PDF (Indonesia) downloaded = 1126 times