Nilai Utilitarian, Harga dan Promosi Terhadap Pembelian Impulsif di Butik Kenzie Mall Mandonga Kendari
The Influence of Utilitarian Value, Price and Promotion Toward Impulse Buying Konsumen at Kenzie Boutique Mall Mandonga Kendari
Abstract
Penelitian bertujuan menemukan bukti empiris pengaruh nilai utilitaria, harga dan promosi terhadap pembelian impulsif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat analisis Partial Least Square (PLS). Populasi penelitian bersifat infinite atau tidak diketahui jumlahnya yaitu konsumen yang pernah berbelanja di Butik Kenzie Mall Mandonga Kendari Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 66 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai utilitarian tidak memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif, harga memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif dan promotion memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif di Butik Kenzie Mall Mandonga Kendari.
This study aims to find empirical evidence of the effect of utilitarian value, price and promotion on impulse buying. This type of research is quantitative research and the analysis tool of this research uses Partial Least Square (PLS). The population in this study is infinite, that is, the number is unknown, the sample in this study were consumers who had shopped at the Kenzie Boutique Mall Mandonga Kendari. The sampling technique in this study was accidental sampling with a total sample of 66 respondents. The results of this study indicate that utilitarian value does not have a direct influence on impulse buying, price has a direct influence on impulse buying and promotion has a direct influence on impulse buying at Kenzie Boutique Mall Mandonga Kendari.
References
Adixio, R. F., & Saleh, L. (2013). Pengaruh kualitas layanan dan nilai yang dirasakan terhadap niat pembelian ulang melalui mediasi kepuasan pelanggan restoran solaria di surabaya. Journal of Business and Banking, 3(2), 151–164
Cahyono, K. E., Khuzaini, & Widiarto, H. (2016). Shopping Life Style Memediasi Hubungan Antara Hedonic Dan. Ekuitas: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 20(2), 188–208.
Chung, N., Song, H. G., & Lee, H. (2017). Consumers’ impulsive buying behavior of restaurant products in social commerce.
Dawson, S., & Kim, M. (2009). External and internal trigger cues of impulse buying online. Direct Marketing, 3(1), 20–34. https://doi.org/10.1108/17505930910945714
Edwin Japarianto, & Sugiono Sugiharto. (2011). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1), 32–41. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/mar/article/view/18388
Elisabeth, L. T., & Japarianto, E. (2015). Analisa Pengaruh Promosi dan Hedonic Motivation Terhadap Impulse Buying di Ron’s Laboratory Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 3(1), 1–7.
Gama, M. A. (2018). Strategi komunikasi pemasaran kopi tjangkir 13. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2), 148–153.
Herawati, A., Pradhanawati, A., & Dewi, R. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Alfamart Di Kecamatan Tembalang Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 2(2), 103274.
Huda, M. (2017). Pengaruh Merchandising dan Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Toko Basmalah Sidogiri. Journal Knowledge Industrial Engineering, 4(1), 15–22.
Hultén, P., & Vanyushyn, V. (2011). Impulse purchases of groceries in France and Sweden. Journal of Consumer Marketing, 28(5), 376–384. https://doi.org/10.1108/07363761111150026
Jauhari, M. (2017). Pengaruh Promosi, Diskon, Merek, Store Atmosphere, Dan Shopping Emotion Terhadap Impulse Buying Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta. Manajemen Universitas PGRI Yogyakarta, 003.
Kartika, G. W. (2012). Analisis Pengaruh Hedonic Value Dan Utilitarian Value Terhadap Kepuasan Konsumen, Dan Behavioral Intentions, Pada Industri Fast-Casual Restaurant. Jurnal Ekonomi, 25.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. PT. indeks.
Kurniawan, D., & Kunto, S. Y. (2013). Pengaruh Promosi Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Di Matahari Department Store Cabang Supermall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 3.
Mashariono, D. F. R. (2018). Produk Terhadap Impulse Buying Konsumen Hypermart Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( STIESIA ) Surabaya.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). perilaku konsumen. PT Penerbit Erlangga.
Nagadeepa, C., & Tamil Selvi, J. (2015). Impact of Sale Promotıon Technıques on Consumers’ Impulse Buyıng Behavıour towards Apparels at Bangalore. Asian Journal of Management Sciences & Education, 4(1), 116–124.
Prasojo, A. H. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Impulse Buying Belanja Online Di Bukalapak. 1–27.
Putri, F. S. A. (2020). Pengaruh Utilitarian Value, Hedonic Value, dan Symbolic Value Terhadap Kepuasan Konsumen Minimarket Di Kota Surakarta. 2017(1), 1–9.
Rachmawati, V., Pengajar, S., Ekonomi, F., Kristen, U., & Mandala, W. (2009). Hubungan Antara Hedonic Shopping Value , Pada Konsumen Ritel. 2, 192–209.
Rozana, A., Nugrahawati, E. N., & Dwarawati, D. (2016). Studi Korelasi Pola Asuh, Religiusitas dengan Impulse Buying pada Mahasiswa Universitas Islam Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 235–248. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.961
Safrina, W.D., Farida, N., &Ngatno, (2023). Pengaruh Customer Value dan Customer Experience Terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Inervening (Studi pada Jemaah PT. Penata Rihlah Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 12, No. 1, 2023 e-ISSN 2746-1297
Sari, R. L., Mandey, S. L., & Soegoto, A. S. (2014). Citra Merek, Harga Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada PT. Pegadaian (PERSERO) Cabang Manado UTARA. 2(2), 1222–1232.
Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Minat beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. 2(April).
Sofiyudin, A. (2015). Pengaruh utilitarian value dan hedonic value terhadap kepuasan konsumen indomaret point cabang colombo yogyakarta. Jurnal Marketing, 1(1), 1–66.
Stern, H. (1962). The Significance of Impulse Buying Today. Journal of Marketing, 26(2), 59. https://doi.org/10.2307/1248439
Suarmaja, I. B., Wardana, M., & Sukaatmaja, I. P. (2016). Pengaruh Atribut Produk Pakaian Terhadap Web Browsing Hedonism dan Pembelian Implusif. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12(5), 4237–4270.
Tielung, M. V. J. (2017). Pengaruh Potongan Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Departement Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 3538–3548. https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.17617
Waode Maratun Shaleha, Al Asy Ari Adnan Hakim, & Nisrina Hamid. (2020). Pengaruh Hedonic Shopping Value, Utilitarian Value, Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Minnisou Lippo Plaza Kendari. JBMP Jurnal Bisnis Manajemen Dan Perbankan, 6, 91–99. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/jbmp.v6i2.678
Wijayanti, K. (2008). Penekanan pada Strategi Penataan Retail dengan didukung Arsitektur Kontemporer Solo Shopping Mall.
Wilujeng, S. (2017). Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Konsumen Indomaret di Kecamatan Sukun Kota Malang. Journal FEB Universitas Kanjuruhan Malang, 457–469.
- Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral righ of the publication belongs to the author.
- Legal formal aspcect of journal publication assessibility refers to Creative Commons Atribut-Non Commercial-No Derivatef (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
- Every publications are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned aboe, editorial board is not responsible for copyright violation.