Promosi Penjualan dan Kualitas Layanan dalam Mempengaruhi Minat Beli Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen RH-Mart Gunung Puteri, Bogor
Sales Promotion and Service Quality in Influencing Buying Interest and Its Impact on Consumer Loyalty RH-Mart Gunung Puteri, Bogor
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui Promosi Penjualan Dan Kualitas Layanan dalam Mempengaruhi Minat Beli Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen RH-Mart. Penelitian akan dilakukan di RH-Mart berlokasi di Jl. Babakan Indah RT02 RW15 Des. Ciangsana, Kec. Gunung Putri Bogor, Jawa Barat. Sampel penelitian sebanyak 50 konsumen ditentukan dengan metode Simple Random Sampling. Data hasil kuesioner dianalisis dengan menggunakan software Smart PLS. Penelitian menghasilkan; 1) Promosi penjualan memiliki pengaruh secara positif terhadap minat beli; 2) Kualitas layanan memiliki pengaruh secara positif terhadap Minat Beli; 3) Minat beli memiliki pengaruh secara positif terhadap Loyalitas; 4) Promosi penjualan melalui minat beli tidak berpengaruh terhadap Loyalitas; 5) Kualitas Layanan melalui Minat Beli berpengaruh secara positif terhadap Loyalitas.
The purpose of the study was to determine Sales Promotion and Service Quality in Influencing Buying Interest and Its Impact on Consumer Loyalty. The research will be conducted at RH-Mart located on Jl. Babakan Indah RT02 RW15 Dec. Ciangsana, Gunung Putri District, Bogor. A study sample of 50 consumers was determined by the Simple Random Sampling method. The questionnaire result data was analyzed using Smart PLS software. The research data was analyzed using Smart PLS software. Research produces; 1) Sales Promotion has a positive influence on Buying Interest; 2) Service Quality has a positive influence on Buying Interest; 3) Buying Interest has a positive influence on Loyalty; 4) Sales promotion through buying Iinterest has no effect on Loyalty; 5) Quality of Service through Buying Interest has a positive and significant effect on Loyalty.
References
Ayuni, D. M., & Prasetyawati, Y. R. (2020). Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Guardian Health & Beauty Retail. 2, 18–34.
Belch, G. E. & Belch, M. A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective, 8 th Edition. New York: Pearson Education.
Berman, Barry, Joel R. Evans, Patrali Chatterjee (2018). Retail Managament A Strategic Approach, Edisi 13, Global Edition, UK: Pearson
Bulan, T. P. L., Chandra, R., & Amilia, S. (2020). Persepsi Konsumen, Kualitas Layanan Dan Minat Beli Pada Ritel Tradisional Dan Modern. Jurnal Manajemen Motivasi, 16(1), 29. https://doi.org/10.29406/jmm.v16i1.1568
Damayanti, C. & Wahyono. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening, Management Analysis Journal, Vol. 4, No. 3, Hal. 236-251.
Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941
Ferdinand. (2002). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hardiansyah, R. (2019). Pengaruh Suasana Toko, Lokasi Dan Promosi Terhadap Minat Beli Di Toko Roti Morning Bakery. Jurnal Bening, 6(1), 214. https://doi.org/10.33373/bening.v6i1.1798
Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
Kristinae, V. (2018). Pengaruh Produk , Harga dan Promosi Terhadap Minat Konsumen Untuk Melakukan Pembelian Kerajinan Tangan Rotan. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 25–30. https://doi.org/10.26533/eksis.v13i1.154
Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.756
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
Majhaf, S. A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kelurahan Siranindi Di Bank Muamalat Indonesia Palu Sulawesi Tengah. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 2(1), 16–33. https://doi.org/10.24256/kharaj.v2i1.1192
Monica, E. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Bangunan dan Promosi Terhadap Minat Beli Perumahan Taman Safira Bondowoso. International Journal of Social Science and Business, 2(3), 141. https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i3.16214
Mulyanto, H. & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode dan analisis, CV Agung, Semarang,
Nurkhalik, M. F., Andini, R. & Ahmaddien, I. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan , Minat Beli Dan Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Ekonomi, 02(2), 57–64.
Oliver, R. 2010. "Where Consumer Loyalty". Journal of Marketing, Vol. 63
Ramadhan, A. F., & Zuliestiana, D. A. (2019). Analisis Pemanfaatan Youtube Sebagai Social Media Marketing Go-Jek Dalam Mempengaruhi Minat Beli Dan Loyalitas Terhadap Brand. Jurnal Mitra Manajemen, 3(5), 628–637. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i5.238
Sartika, D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk You C 1000 Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 10–21. https://doi.org/10.33633/jpeb.v2i1.2231
Sinaga, A., Sihombing, S., & Sitanggang, D. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Poduk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Coffenatic Medan. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 6(1), 119–144. https://doi.org/10.54367/jrak.v6i1.855
Tjiptono, F. (2011), Strategi Pemasaran, Edisi 2, Andi Offset, Yogyakarta.
Umar, H. (2014). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.
Woen, N. G. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan , Kualitas Produk , Promosi , dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur, 10(2), 146–163.
Copyright (c) 2022 EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral righ of the publication belongs to the author.
- Legal formal aspcect of journal publication assessibility refers to Creative Commons Atribut-Non Commercial-No Derivatef (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
- Every publications are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned aboe, editorial board is not responsible for copyright violation.