Pengaruh Kemudahan Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif dengan Lifestyle sebagai Pemoderasi
The Effect of Ease of Use of Paylater on Consumptive Behavior with Lifestyle as a Moderator
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan paylater terhadap perilaku konsumtif generasi milenial, serta untuk mengetahui apakah lifestyle dapat memperkuat hubungan kemudahan penggunaan paylater terhadap perilaku konsumtif generasi milenial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang diuji menggunakan software Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahaan penggunaan paylater berpengaruh terhadap perilaku konsumtif generasi milenial. Sedangkan variabel lifestyle tidak memperkuat hubungan antara kemudahaan penggunaan paylater terhadap perilaku konsumtif generasi milenial.
This research aims to determine the effect of ease of use of Paylater on the consumptive behavior of the millennial generation, as well as to find out whether lifestyle can strengthen the relationship between ease of use of Paylater and the consumptive behavior of the millennial generation. This research uses quantitative methods. The sampling method used in this research is non-probability sampling with purposive sampling technique. The type of data used is primary data which was tested using SmartPLS software. The research results show that the ease of using PayLater influences the consumer behavior of the millennial generation. Meanwhile, lifestyle variables do not strengthen the relationship between ease of use of PayLater and the consumption behavior of the millennial generation.
References
Haryana, R. D. T. (2020). Pengaruh Life Style , Self Control dan Financial Literacy terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Melakukan Online Shopping. Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 16(1), 29–36.
Julita, E., B, I., & Yustati, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Shopee Paylatter terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 2953–2957. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6775
Muhamad, N. (2023). 8 Layanan Paylater Terpopuler di Indonesia, Shopee Paylater Juara. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/25/8-layanan-paylater-terpopuler-di-indonesia-shopee-paylater-juara
Mustomi, D., & Puspasari, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. CERMIN: Jurnal Penelitian, 4(1), 133–147. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i1.496
Nur Ani, H., Belinda, P., Mahmudah, A., Indira Fakultas Ekonomi dan Bisnis, I., Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan, I., Jl Ahmad Dahlan No, L. K., Lamongan, K., Lamongan, K., & Timur, J. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif dan Locus of Control Pada Penggunaan Shopee Paylater. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(2), 509–516. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i2.1082
Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022). Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30812/target.v4i1.2016
Rahmawati, G., & Mirati, E. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Paylater Pada Generasi Millenial. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(5), 2415–2430.
Sari, E. A., Latifah, I., Ararizki, M. A., Jannah, M., & Hidayat, W. (2023). Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(1), 387–400. https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/144%0Ahttps://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/download/144/93
Untari, P. H. (2024). Jumlah Pengguna Paylater Didominasi Generasi Milenial, Kedua Gen Z. Finansial.Bisnis.Com. https://finansial.bisnis.com/read/20240307/563/1747389/ jumlah-pengguna-paylater-didominasi-generasi-milenial-kedua-gen-z
Copyright (c) 2024 MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.